Rosan Roeslani Sebut Investasi Indonesia dan Afrika Terus Menguat, Ini Buktinya

Total investasi kedua negara tersebut memperlihatkan bagaimana hubungan yang kuat antara Indonesia dan Afrika dalam bidang ekonomi.

oleh Fachri pada 02 Sep 2024, 13:05 WIB
Diperbarui 02 Sep 2024, 13:03 WIB
Rosan Roeslani.
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roeslani di acara Indonesia-Africa Parliamentary Forum(IAPF) sesi ketiga, di Nusa Dua, Bali (01/09/2024). (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roeslani menyebut bahwa investasi Indonesia dan Afrika terus menguat. Hal itu ditunjukkan dengan total investasi Indonesia di negara-negara Afrika mencapai US$2,09 miliar hingga Triwulan II/2024.

Sementara itu, total investasi negara-negara Afrika di Indonesia mencapai US$1,73 miliar. Total investasi kedua negara tersebut memperlihatkan bagaimana hubungan yang kuat antara Indonesia dan Afrika dalam bidang ekonomi.

“Indonesia telah berinvestasi di negara-negara kunci di Afrika dan ini menunjukkan komitmen kami untuk kesejahteraan bersama, dengan perusahaan Indonesia yang beroperasi di 8 negara di Afrika," ujar Rosan.

"Beberapa investasi Indonesia di Afrika, di antaranya Pertamina yang berinvestasi di sektor energi di Kenya dan Tanzania. Kemudian, Medco Energy di sektor industri minyak dan gas di Mozambik, serta Bio Farma dan Wings Group di sektor farmasi danbarang konsumsi di Kenya," jelasnya.

Di sisi lain, Rosan mengungkapkan, pada 2023 lalu, perdagangan bilateral antara Indonesia dan Afrika meningkat pesat.

"Indonesia mengekspor barang jadi, sedangkan impor Indonesia dari Afrika berupa bahan mentah dan Indonesia juga meningkatkan perjanjian investasi melalui Bilateral Investment Treaties (BIT) dengan negara-negara Afrika untuk memastikan iklim investasi yang stabil," ungkapnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Masa Depan Menjanjikan

Rosan Roeslani.
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roeslani di acara Indonesia-Africa Parliamentary Forum(IAPF) sesi ketiga, di Nusa Dua, Bali (01/09/2024). (Foto: Istimewa)

Dilansir dari Antara, Rosan menyebut bahwa investasi Republik Indonesia yang signifikan di Afrika dan hubungan ekonomi yang kuat menandakan masa depan kawasan yang menjanjikan.

“Dengan meningkatkan infrastruktur, meningkatkan integrasi perdagangan, dan memajukan perjanjian investasi bilateral, kita tengah meletakkan dasar bagi era yang cerah dan sejahtera,” sebutnya pada Minggu (1/9/2024).

Rosan menuturkan, persatuan antara negara-negara ASEAN dan Afrika dalam upaya mencapai kemerdekaan dan pembangunan dimulai pada 1955 ketika Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Bandung yang menjadi momen penting dalam gerakan anti-kolonial dan gerakan non-blok.

Saat ini, koordinasi ekonomi antara ASEAN dan Afrika dipengaruhi oleh sejarah unik dan kondisi geopolitik global terkini yang mempengaruhi perdagangan, investasi dan stabilitas regional.

Meskipun, terdapat kemajuan dalam kerja sama ASEAN dan Afrika, ia mengakui terdapat sejumlah tantangan unik. Sehingga dirinya mendorong peningkatan integrasi perdagangan dan mendorong inovasi untuk pertumbuhan ekonomi dan investasi.

“Saat kita menatap masa depan, mari kita terus menyelaraskan investasi dan sumber daya kita yang berkelanjutan dan inklusif yang menguntungkan kedua kawasan kita,” ucap Rosan.


Investasi Lebih Inklusif

Wisata Edukasi di Museum Konferensi Asia-Afrika Bandung
Tak hanya menyimpan diorama masa lalu, Musem KAA menyimpan kisah bagaimana Indonesia berperan penting dalam perdamaian dunia.

Secretary General United Nation Conference on Trade and Development (UNCTAD), Rebeca Grynspan, menjelaskan bahwa di era poli-globalisasi seperti sekarang, situasi menjadi lebih baik karena investasi dan perdagangan lebih inklusif danterdesentraslisasi, tidak terpusat di satu wilayah.

“Dalam lima tahun ke depan Global Gross Domestic Product (GDP) mencapai US$30 triliun dan sepertiganya berasal dari negara-negara selatan (Global South),” jelasnya.

 

(*)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya