Puluhan UMKM Binaan Pertamina Mejeng di SMEXPO 2024

Menteri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Maman Abdurrahman menghadiri langsung Opening ceremony dari pameran Pertamina SMEXPO Nasional 2024.

oleh Tira Santia diperbarui 23 Okt 2024, 22:23 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 21:33 WIB
UMKM
Pertamina kembali menggelar pameran bertajuk Pertamina SMEXPO Nasional (Small Medium Enterprise Expo) dengan Tema Lokal jadi Vokal.

Liputan6.com, Jakarta Pertamina kembali menggelar pameran bertajuk Pertamina SMEXPO Nasional (Small Medium Enterprise Expo) dengan Tema Lokal jadi Vokal. Acara ini  berlangsung di Grand Atrium, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan pada Selasa hingga Minggu, 22-28 Oktober 2024.

Menteri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Maman Abdurrahman menghadiri langsung Opening ceremony dari pameran Pertamina SMEXPO Nasional 2024, serta Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim.

Dalam sambutannya, Menteri UMKM Maman Abdurrahman mengapresiasi gelaran Pertamina SMEXPO 2024 sebagai salah satu upaya untuk membina UMKM agar lebih berdaya. Ap

abila ada banyak korporasi lain yang melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Pertamina untuk menjadi pembina bagi pengembangan UMKM maka fondasi ekonomi pun makin kuat.

“Inilah pentingnya keberadaan korporasi untuk ikut mendampingi UMKM bersama-sama pemerintah agar UMKM bisa menjadi vokal dan bersaing di kancah dunia,” ujarnya.

Hadir pula Plt. Deputi Bidang UKM Temmy Satya Permana, Direktur Utama PT Pertamina Persero Nicke Widyawati, Direktur Sumber Daya Manusia PT Pertamina Persero M. Erry Sugiharto, Corporate Secretary PT Pertamina Persero Brahmantya Satyamurti Poerwadi.

Pada ajang ini, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) mengikutsertakan 43 tenant UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Dari jumlah itu, 11 diantaranya merupakan bagian dari Mitra Binaan Pertamina Patra Niaga Regional JBB.

Kemudian 2 tenant merupakan jebolan dari UMK Academy serta 1 mitra binaan yang berasal dari program CSR (Corporate Social Responsibility) Pertamina Patra Niaga Regional JBB. UMKM tersebut bergerak di berbagai macam industri yang meliputi Fashion, Craft dan juga Food and Beverage.

Pameran ini menjadi puncak dari rangkaian acara SMEXPO yang sebelumnya telah diselenggarakan oleh Pertamina Patra Niaga Regional JBB di dua lokasi yaitu di kantor Pertamina Patra Niaga Regional JBB dan Cihampelas Walk Bandung.

Bisa Bersaing

UMKM
Pertamina kembali menggelar pameran bertajuk Pertamina SMEXPO Nasional (Small Medium Enterprise Expo) dengan Tema Lokal jadi Vokal.

Jajaran Mitra Binaan Pertamina Patra Niaga JBB yang ikut dalam partisipasi pada Pameran Nasional SMEXPO meliputi, CV. Cimandala Makmur Sejahtera, Pekatan Batik, Rumah Madu Simpul Hati, Sale Pisang Kharisma, Nukuma Soes, Soulmate Bedsheet, Gammara Leather, Bawadi Coffee, Ramazi Boutique, Narita Shibori, Tanzif Natural, Amare Stola, Say Bonsai, Kopi Berbagi.

Hal ini menunjukan bahwa kualitas dari produk Mitra Binaan Pertamina dapat bersaing dengan baik di pasar. Dalam kesempatan ini, Mitra Binaan dari Pertamina dapat mempromosikan dan memasarkan produk-produk unggulannya kepada masyarakat dan komunitas-komunitas di Indonesia, baik melalui pameran offline maupun sesi Live Shopping yang akan berlangsung selama pelaksanaan pameran. Pertamina SMEXPO Nasional Lokal Jadi Vokal menampilkan berbagai kegiatan.

Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan juga mengatakan bahwa dengan berjalannya program pameran ini diharapkan dapat memberikan eksposure lebih dan juga koneksi kepada Mitra Binaan karena sesungguhnya pameran ini bukan hanya menjadi tempat untuk melakukan promosi namun juga dapat menjadi wadah untuk memperluas jaringan bisnis dan meningkatkan daya saing.

“Tentunya dengan dukungan yang tepat, kami yakin Mitra Binaan Pertamina mampu untuk berkembang lebih besar dan dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian lokal. Selain itu rangkaian pameran Pertamina SMEXPO Nasional 2024 juga sejalan dengan SGDs (Sustainable Development Goals) poin 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi”, tutup Eko.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya