Program Nge Live Yuk!, Upaya Penajam Paser Utara Dorong UMKM Go Digital dan Kuasai Pasar Online

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal untuk bisa go digital dan meguasai pasar online.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 21 Okt 2024, 15:05 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2024, 15:05 WIB
PPU Luncurkan Program "Nge Live Yuk!", Dorong UMKM Go Digital dan Kuasai Pasar Online
Penjabat Bupati PPU, Muhammad Zainal Arifin saat membuka pelatihan dan workshop pengembangan UMKM berbasis ekosistem digital di Hotel Aqilah Penajam, Senin (21/10/2024)

Liputan6.com, Penajam Penjabat Bupati PPU, Muhammad Zainal ArifinPemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal. Terbaru, Pemkab melalui Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten PPU melalui program "Nge Live Yuk!", menginisiasi pelatihan intensif dan membangun ekosistem digital yang komprehensif untuk membekali pelaku UMKM dengan keterampilan pemasaran online

Pelatihan dan workshop pengembangan UMKM berbasis ekosistem digital yang berlangsung selama empat hari mulai Senin (21/10/2024) di Hotel Aqilah Penajam.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati PPU, Muhammad Zainal Arifin, menekankan pentingnya peran UMKM dalam perekonomian daerah.

Penjabat Bupati Penajam Paser Utara, Muhammad Zainal Arifin
Penjabat Bupati Penajam Paser Utara, Muhammad Zainal Arifin.

Zainal Arifin menyampaikan berbagai program yang telah dan akan dilakukan pemerintah untuk mendukung pertumbuhan UMKM, seperti Pentas Seni dan Gebyar UMKM, pelatihan kewirausahaan, dan Expo IKN 2024.

"Salah satu program unggulan yang diperkenalkan dalam acara ini adalah "Nge Live Yuk!". Program ini bertujuan untuk mengajarkan pelaku UMKM cara memanfaatkan platform live streaming sebagai alat pemasaran yang efektif. Dengan bimbingan para ahli, peserta pelatihan akan belajar membuat konten kreatif dan menarik untuk menarik minat konsumen," kata Zainal Arifin.

Penajam Paser Utara
Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Penajam Paser Utara, Margono Hadi Sutanto.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Penajam Paser Utara, Margono Hadi Sutanto, menambahkan bahwa pemerintah daerah juga tengah membangun infrastruktur pendukung ekosistem digital, seperti studio live streaming dan sharing office. Selain itu, kerjasama dengan platform e-commerce seperti Shopee juga akan dilakukan untuk memperluas pasar bagi produk-produk UMKM lokal.

Pelatihan dan workshop
Pelatihan dan workshop pengembangan UMKM berbasis ekosistem digital berlangsung di Hotel Aqilah Penajam, Senin (21/10/2024)

Pelatihan ini diikuti oleh 50 pelaku UMKM terpilih dan menghadirkan narasumber dari berbagai bidang. Materi pelatihan mencakup pembuatan toko online, teknik fotografi produk, pengelolaan media sosial, hingga strategi pemasaran digital.

Lebih lanjut, adanya pelatihan ini, Pemda berharap para pelaku UMKM di PPU dapat meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar, dan pada akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah. Pemerintah Kabupaten PPU berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan UMKM dan menciptakan lingkungan bisnis yang kondusif.

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya