Simak Janji 3 Cagub Jakarta untuk Genjot UMKM

Tiga pasangan calon gubernur di Pilkada Jakarta menyampaikan sejumlah janji untuk membina usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

oleh Agustina Melani diperbarui 27 Okt 2024, 22:47 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2024, 22:45 WIB
Simak Janji 3 Cagub Jakarta untuk Genjot UMKM
Tiga calon gubernur pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 menjanjikan pelatihan dan pembinaan kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) (YouTube KPU Provinsi Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta - Tiga calon gubernur pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 menjanjikan pelatihan dan pembinaan kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) setempat. Hal ini untuk melindungi produk ekonomi dan kreatif lokal serta hadapi persaingan dengan produk impor.

Calon gubernur calon gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil menuturkan, pelatihan digital diberikan kepada pedagang, selain untuk meningkatkan pendapatan, juga meramaikan kembali pasar yang sebelumnya sepi.

"Pasar-pasar yang sepi, kita aktivasi dengan anggaran APBD biar ramai, banyak festival, sambil pedagang-pedagang kita latih dengan pelatihan digital. Datanya mengatakan setiap yang berdagang via digital, pendapatannya naik 26 persen," tutur Ridwan saat debat kedua pilkada Jakarta 2024, seperti dikutip dari Antara, Minggu (27/10/2024).

Ridwan menuturkan, Jakarta merupakan kota yang 98 persen bisnisnya berasal dari UMKM. Oleh karena itu, pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) berupaya genjot pendapatan UMKM naik dengan pelatihan digital. Selain itu, Ridwan juga memastikan pusat perbelanjaan di Jakarta mematuhi kewajiban 30 persen dari keseluruhan toko memajang produk UMKM. Jika pusat perbelanjaan melanggar, akan diberi sanksi.

Di sisi lain, calon gubernur nomor urut 2 Dharma Pongrekun menuturkan, pihaknya akan membina UMKM, bahkan perusahaan-perusahaan besar yang tengah berjuang untuk kembali aktif setelah terdampak pandemi COVID-19.

"Pihak yang akan kami bina adalah perusahaan-perusahaan besar yang sekarang sedang berjuang untuk kembali hidup, yaitu kami bina dengan Tim Ekonomi Adab dan juga untuk UMKM," kata Dharma.

Dengan Tim Ekonomi Adab, pasangan Dharma-Kun akan membina UMKM baru dan UMKM yang sedang berjuang mengatasi kesulitan.

Pembinaan dan pelatihan juga mencakup UMKM di setiap rumah dan industri kecil di Jakarta. Dharma juga mengenalkan program Getok Tular Adab, yakni sebuah sistem untuk membina konsumen dan produsen yang ada di Jakarta. Para konsumen akan dibina dan diajak kompak menggunakan produk yang dihasilkan UMKM dari Jakarta.

 

Janjikan Pelatihan

Cagub Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.
Calon Gubernur Jakarta (Cagub Jakarta) nomor urut 3 Pramono Anung dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. (YouTube KPU Provinsi Jakarta)

Sementara itu, Calon gubernur nomor urut 3 Pramono Anung menuturkan, meninjau ke Pasar Tanah Abang, kualitas bukanlah persoalan utama, melainkan promosi. Oleh karena itu, ia menjanjikan pelatihan kepada para pedagang, khususnya di Tanah Abang untuk membantu produk lokal bisa bertanding di pasar global.

"Mengadakan pelatihan kepada mereka, termasuk kemasannya dibuat lebih bagus, kualitasnya diperbaiki, sehingga betul-betul bisa menjadi produk untuk bertarung di luar," ujar Pramono.

Selain pelatihan, pedagang juga harus diperkuat dengan permodalan agar bisa mandiri. Dia menuturkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus hadir memberikan subsidi agar produk lokal bisa bertarung di internasional.

Debat Kedua Pilkada Jakarta

Debat pilkada Jakarta 2024. Tangkapan layar Vidio
Debat pilkada Jakarta 2024. Tangkapan layar Vidio

Sebelumnya, tiga pasangan calon atau paslon antara lain Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto, dan Pramono Anung-Rano Karno ikuti debat kedua Pilkada Jakarta pada Minggu, 27 Oktober 2024.

Debat kedua Pilkada Jakarta 2024 berlangsung di Beach City International Stadium, Ancol. Tema yang diusung pada debat kedua dengan tema ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Total ada enam sub tema dari debat kedua, berikut rinciannya:

Pertama, infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima

Kedua, pendidikan dan kesehatan.

Ketiga, penanganan ketimpangan sosial.

Keempat, pembangunan ekonomi digital dan UMKM.

Kelima, pariwisata dan ekonomi kreatif.

Keenam, inflasi bahan pokok.

KPU Umumkan 2 Moderator dan 7 Panelis Debat

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta telah mengumumkan susunan dua moderator dan tujuh panelis untuk debat kedua Pilkada Jakarta 2024 yang bakal digelar malam ini, Minggu (27/10/2024).

Hal tersebut diumumkan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI Jakarta, Astri Megatari. Dua moderator debat kedua Pilgub Jakarta 2024 merupakan presenter dari media swasta nasional yang berbeda.

Sementara itu, ketujuh panelis debat kedua Pilkada Jakarta 2024 terdiri atas akademisi dan praktisi dari berbagai sektor yang relevan dengan tema debat. Adapun tema debat kedua yaitu ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Lebih lanjut, Astri juga menerangkan alasan pihaknya memindahkan lokasi debat kedua Pilgub Jakarta 2024 yang semula direncanakan di Ecovention, Ancol menjadi Beach City International Stadium, Ancol. Dia mengatakan ada kegiatan lain di lokasi awal yang menghadirkan keramaian.

"Pertimbangannya karena di dekat Ecovention ternyata ada acara festival yang penontonnya diperkirakan 20 ribu orang," kata Astri dalam keterangannya, dikutip Minggu (27/10/2024).

Daftar Moderator dan Panelis Debat Pilgub Jakarta

Kemudian, Astri memastikan tidak ada perubahan susunan acara antara debat pertama dan kedua Pilkada Jakarta 2024. Debat pilkada akan dimulai pada pukul 19.00 WIB.

"Susunan acara tidak ada perubahan tetap 6 segmen, dengan pembagian segmen sama seperti debat pertama," ucap Astri.

Dua moderator untuk debat kedua Pilgub Jakarta 2024:

1. Frisca Clarissa

2. Rivana Pratiwi

Tujuh panelis debat kedua Pilgub Jakarta 2024:

1. Dr.dr.Taufiq F Pasiak, M.Kes., M.Pd.I., MH

2. Dr. Tauhid Ahmad

3. Timboel Siregar, SSi, SH, MM

4. Dimas Oky Nugroho, S.IP, M.Phil., Ph.D

5. Prof. Dr. Arif Satria, S.P, M.Si

6. Felicia Putri Tjiasaka, B.Sc, CFA

7. Dr. M. Imdadun Rahmat, M.Si

Infografis Adu Program 3 Paslon di Debat Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Adu Program 3 Paslon di Debat Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya