Standar VO2 Max Pemain Timnas U-23 Harus 55

Pelatih Timnas Indonesia U-23 mengatakan skuat Garuda Muda harus memiliki hasil VO2 Max atau kemampuan dalam menyerap oksigen di atas 55.

oleh Yanuar H diperbarui 26 Feb 2014, 09:58 WIB
Diterbitkan 26 Feb 2014, 09:58 WIB
Standart VO2 Max Timnas U-23 capai 55
(Foto: Liputan6.com/Fathi mahmud)

Liputan6.com, Yogyakarta Para pemain Timnas Indonesia U-23 menjalani tes fisik pada hari kedua latihan di Stadion UNY, Yogyakarta, Rabu (26/2/2014) pagi WIB. Pelatih Aji Santoso mengatakan, skuat Garuda Muda harus memiliki hasil VO2 Max atau kemampuan dalam menyerap oksigen di atas 55.

"Ya VO2 Max baru bisa diberikan hasilnya nanti sore atau besok pagi. Tapi, tadi beberapa rata-rata sudah masuk lebih dari 55. Ada juga yang belum," tutur Aji kepada wartawan di stadion UNY.

Aji berharap nantinya para pemain yang belum mencapai level standar segera meningkatkan kualitas fisiknya. Namun, ia masih memberikan kesempatan kepada pemain yang belum mencapai level standar agar bisa bergabung nantinya.

"Yang belum mencapai 55, tapi pemain ini secara kualitas skill masih kita butuhkan, ya kita lanjutkan di tes kedua dan ketiga. Jadi mungkin kalau sekarang masih 54, ya perlu menaikkan satu atau dua digit, saya beri kesempatan selanjutnya," ucap Aji.

Aji menegaskan standar ini telah ditetapkan kepada pemain timnas yang akan berlaga di Asian Games 2014. Pemain timnas yang nantinya kembali ke kompetisi di klubnya masing-masing diharapkan dapat meningkat performanya.

"Nanti mereka masih kembali ke klub masing-masing, jadi semoga mereka bisa improve," pungkas Aji.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya