Manchester United v Liverpool: Duel Panas Dua Tim Penguasa Gelar

Manchester United memiliki modal besar saat menghadapi Liverpool setelah meraih 5 kemenangan

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 14 Des 2014, 11:04 WIB
Diterbitkan 14 Des 2014, 11:04 WIB
Prediksi Manchester United vs Liverpool (Liputan6.com/Yoshiro)
Prediksi Manchester United vs Liverpool (Liputan6.com/Yoshiro)

Liputan6.com,Manchester - Manchester United akhirnya berhasil menembus tiga besar Liga Inggris. Perlahan tapi pasti Louis van Gaal membawa kembali MU ke habitatnya sebagai tim papan atas Premier League.

MU berhasil menempati posisi ketiga usai menekuk Southampton 2-1, Selasa 9 Desember lalu. Ini kali pertama MU bisa menghuni 3 besar sejak diasuh Van Gaal."Fantastis," kata pelatih asal Belanda itu.

Kemenangan ini merupakan modal besar saat MU menjamu musuh bebuyutannya Liverpool di Old Trafford, Minggu 14 Desember 2014. Secara psikologis kondisi Wayne Rooney dan kawan-kawan juga tengah diatas angin setelah meraih 5 kemenangan beruntun (vs Crystal Palace, Arsenal, Hull City, Stoke City dan Southampton).

Kontra Liverpool ini merupakan ujian berat lain yang mesti dihadapi MU. Sebuah kemenangan kandang akan menempatkan The Reds sepuluh poin dari tim asuhan Brendan Rodgers dan mempertahankan tekanan pada Chelsea dan Manchester City.

Rasa optimistis sempat diutarakan bek MU, Jonny Evans. Meski dia mengaku belum melihat banyak pertandingan Liverpool musim ini. "Tapi, aku melihat sedikit satu pertandingan di Liga Champions melawan Basel," kata Evans.

"Jelas, mereka berada dibawah tekanan untuk mendapatkan hasil yang besar," imbuhnya.

Hanya saja keinginan besar MU terganggu oleh badai cedera yang menimpa tim. MU tidak akan diperkuat Angel Di Maria, Luke Shaw, Chris Smalling dan Daley Blind karena cedera. Namun, Van Gaal sudah bisa menurunkan Phil Jones dan Rafael.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Laga Penting

Ini Dia 5 Penyebab Rivalitas Panas MU & Liverpool
Berikut lima penyebab yang menjadi akar rivalitas panas antara

Sebaliknya, Liverpool harus segera bangkit menyusul hasil mengecewakan yang mereka dapatkan di pertandingan akhir. Setelah ditahan imbang 0-0 di kandang oleh Sunderland, Liverpool tersingkir di Liga Champions menyusul hasil seri 1-1 dengan Basel.

Manajer Liverpool, Brendan Rodgers, juga merasakan pertandingan melawan MU adalah salah satu permainan paling penting musim ini.

"Ini adalah pertandingan besar," kata Rodgers. "Kami memperoleh hasil luar bisa musim lalu, dan jika kita bisa meniru itu, tentu kami akan sangat senang."

Liverpool dalam laga ini tetap tanpa striker andalannya Daniel Sturridge. Namun, Rodgers menerima laporan Adam Lallana dalam kondisi baik setelah mengalami masalah tulang rusuk. Begitu juga Mario Balotelli bisa kembali dari cedera pangkal paha.

"Dia absen untuk sementara waktu, tetapi dalam beberapa hari terakhir tampak baik dalam pelatihan, jadi kami akan memberinya setiap kesempatan untuk datang ke dalam skuad," tambah Rodgers menjelaskan kondisi Balotelli.

Sekadar catatan, posisi kedua tim di klasemen saat ini sangat kontras dengan musim lalu. Jika MU sukses meraih 28 poin, sementara Liverpool ada di peringkat-9 dengan 21 poin.

Dari total 162 pertemuan kedua tim di Premier League, MU meraih 63 kemenangan, Liverpool 55 kemenangan, dan 44 berakhir imbang.

Data lain menyebutlan kedua tim adalah pengoleksi total 37 gelar liga, MU 19 gelar dan Liverpool 18 gelar.

 

Liputan6.com akan menggelar acara Nonton Bola Seru antara Manchester United melawan Liverpool, Minggu, 14 Desember 2014 malam WIB di 7 Eleven Tanah Kusir. Acara ini dipersembahkan oleh liputan6.com dan didukung oleh Nexmedia, Kratingdaeng,  7 Eleven, dan Simpatisan United. Hadiri dan saksikan partai yang paling ditunggu para pecinta sepak bola di segala penjuru dunia itu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya