Menang 2-0, Arsenal Tersingkir dari Liga Champions

The Gunners kalah agregat gol tandang.

oleh Yosef Deny Pamungkas diperbarui 18 Mar 2015, 04:43 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2015, 04:43 WIB
As Monaco vs Arsenal
As Monaco vs Arsenal (REUTERS/Jean-Paul Pelissier)

Liputan6.com, Monaco Arsenal sukses membungkam AS Monaco 2-0 dalam lanjutan leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Stade Louis II, Rabu (18/3/2015) dini hari WIB. Meski menang, Arsenal gagal lolos ke perempat final lantaran kalah agregat gol tandang (Monaco menang 3-1 di leg pertama).

Peluang pertama datang untuk tuan rumah. Tepatnya pada menit ke-4, Dimitar Berbatov yang menerima umpan sodoran Joao Moutinho mampu melepaskan sepakan melengkung yang masih meninggi di atas mistar gawang Davide Ospina.

Tak mau begitu saja ditekan Arsenal balik menyerang. Berawal dari penetrasi bek kanan Arsenal, Bellerin, mampu melepaskan umpan silang yang disambut tandukkan Olivier Giroud. Sayang, bola masih melayang tipis disebelah kanan gawang Daniel Subasic.

Menit ke-20, Arsenal kembali mengancam. Umpan silang Olivier Giroud mampu disambut tembakan voli Santi Cazorla. Bola yang meluncur deras masih membentur bek AS Monaco, Layvin Kurzawa.

Dua menit berselang giliran Laurent Koscielny yang mengancam gawang Monaco. Berawal dari situasi tendangan bebas, Koscielny mampu menyambut bola liar, sayang tembakannya masih membentur mistar gawang Subasic.

Babak pertama Arsenal tampak sangat mendominasi jalannya pertandingan. Terbukti skuat asuhan Arsene Wenger ini mampu menguasai 64% penguasaan bola berbanding 36% milik AS Monaco.

Arsenal akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-36. Menerima umpan sodor Welbeck, Giroud yang berdiri bebas melepaskan sepakan keras yang masih mampu ditepi Subasic. Bola liar lantas kembali disambut sepakan keras kaki kanan yang merobek jala gawang AS Monaco. Kedudukan pun berubah menjadi 1-0 untuk Arsenal.

Kembali menyerang, Arsenal mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol pada menit ke-38. Umpan silang Alexis Sanchez masih mampu dihalau bek AS Monaco. Bola yang bergulir ke tengah disambut tendangan keras kaki kanan oleh Danny Welbeck yang masih membentur Abdennour.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Arsenal langsung mendapatkan peluang pada menit ke-47. Memanfaatkan umpan matang Sanchez, Giroud mampu melepaskan sepakan keras yang masih menyamping dari gawang AS Monaco.

Menit ke-53, giliran Mesut Oezil yang mengancam gawang AS Monaco. Berawal dari tendangan bebas, mantan penggawa Real Madrid ini melepaskan tembakan terukur yang masih mampu dihalau Subasic ke luar lapangan.

Oezil kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-64. Tendangan kaki kiri Oezil dari luar kotak penalti usai memanfaatkan umpan Bellerin masih melayang tipis dari gawang Subasic.

Arsenal berhasil mencetak gol pada menit ke-79. berawal dari usaha petama Walcott yang mengenai tiang gawang, bola lalu segera disapu oleh Kurzawa, namun malah mengarah ke kaki Ramsey. Sang gelandang pun tanpa ampun mengirim tendangan brilian yang menaklukkan Subasic. Kedudukan berubah menjadi 2-0 untuk Arsenal.

Giliran Giroud yang mengancam gawang AS Monaco pada menit ke-84. Menyambut tendangan bebas Ozil, Giroud berhasil menyambut bola. Sayang, penyelamatan heroik Subasic menggagalkan usaha penyerang berkebangsaan Prancis ini. Hingga laga usai kedudukan 2-0 untuk Arsenal tak berubah.

Kekalahan ini membuat Arsenal gagal melaju ke babak perempat final lantaran kalah agregat gol tandang dari AS Monaco yang pada pertemuan pertama menang 3-1 di Stadion Emirates.

Susunan Pemain:

AS Monaco: Subasic; Abdennour, Kurzawa, Fabinho, Wallace, Toulalan, Dirar (Echiejile 86'), Joao Moutinho, Kondogbia, Berbatov (Bernardo Silva 70'), Martial (Yannick Carrasco 60')

Arsenal: Ospina; Mertesacker, Monreal (Gibbs 81'), Koscielny, Bellerin, Ozil, Cazorla, Coquelin (Aaron Ramsey 64'), Sanchez, Welbeck (Theo Walcott 74'), Giroud.

Baca juga :

3 Momen Saat Laga Sepak Bola Tergusur dari GBK

Saksikan Live Streaming Monaco vs Arsenal di Liputan6.com

Fakta Menarik Jelang Laga Menentukan AS Monaco vs Arsenal

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya