5 Fakta Membanggakan Skuat Barcelona Melawan Tim Asal Italia

Sepanjang sejarahnya, Barcelona telah menghadapi tim asal Italia sebanyak 48 kali.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 05 Jun 2015, 17:06 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2015, 17:06 WIB
Barcelona
Barcelona.

Liputan6.com, Berlin - Barcelona punya statistik mengesankan melawan tim asal Italia jelang pertandingan final Liga Champions melawan Juventus di Berlin, Jerman, Minggu (7/6/2015) dini hari WIB.

Barcelona melaju ke final Liga Champions setelah menyingkirkan Bayern Muenchen dengan skor agregat 5-3. Sementara Juventus menyingkirkan Real Madrid dengan skor 3-2 di babak semifinal.

Prediksi Juventus vs Barcelona (Liputan6.com/Yoshiro)

Bagi kedua kesebelasan, pertandingan di Berlin adalah partai kedelapan mereka di final Liga Champions, sepanjang sejarah. Sejauh ini, Los Blaugrana --julukan Barcelona-- sudah menjadi juara sebanyak empat kali, sedangkan Juventus baru dua kali.

Fakta mengesankan apa yang dibuat skuat Barcelona melawan tim asal Italia? Simak ulasannya di halaman berikut!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2

Fakta Membanggakan Skuat Barcelona Melawan Tim Asal Italia

1. Sepanjang sejarahnya, Barcelona telah menghadapi tim asal Italia sebanyak 48 kali. Rinciannya, tim asal Katalan itu memenangkan 22 pertandingan, meraih 13 hasil imbang dan menelan 8 kekalahan.

2. Lionel Messi menjadi pemain Barcelona yang mencetak gol ke gawang tim Serie A. Bintang asal Argentina itu telah mencetak 7 gol dari 5 pertandingan terakhir melawan tim Italia.

Penyerang Barcelona, Lionel Messi melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Atletico Madrid pada laga Liga Spanyol di Stadion Vicente Calderon, Senin (18/5/2015). Barcelona menang 1-0 atas Atletico Madrid. (REUTERS/Andrea Comas)

3. Penyerang Barcelona, Luis Suarez membantu negaranya, Uruguay menyingkirkan Italia dari babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 dengan skor 1-0. Aksi Suarez dengan menggigit bek Timnas Italia yang juga pemain Juventus, Giorgio Chiellini mewarnai pertandingan tersebut.

Pada pertandingan penyisihan Piala Dunia Grup D 2014 di Dunas, Brasil, Chiellini dan Suarez sempat bertubrukan dalam pertandingan yang dimenangkan Uruguay 1-0, Selasa (24/6/14). (REUTERS/Tony Gentile)

4. Empat pemain Barcelona, yakni Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Gerard Pique dan Sergio Busquets pernah menjebol gawang kiper Juventus saat ini, Gianluigi Buffon dari titik putih. Ketika itu terjadi pada laga Spanyol melawan Italia pada babak semifinal Piala Konfederasi tahun 2013. Spanyol mengalahkan Italia dalam drama adu penalti dengan skor 7-6.

5. Bek sayap kiri Barcelona, Jordi Alba juga pernah menjebol gawang Buffon. Itu dilakukannya ketika memperkuat Spanyol melawan Italia di final Euro 2012. Gol Alba ke gawang Buffon memastikan kemenangan Spanyol atas Italia dengan skor 4-0.

Baca juga:

De Gea ke Madrid, Seperti Ini Respon Sergio Ramos

Warner Umbar Rahasia: FIFA Recoki Pemilu di Trinidad dan Tobago

Final Liga Champions: Intip Rapor Ciamik Xavi Lawan Tim Italia

Deretan Rekor yang Bakal Tercipta di Final Liga Champions

Bukti Nyata Laga Korea Selatan di Piala Dunia 2002 Diatur FIFA

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya