Pukulan Telak Dua Ganda Campuran Tiongkok di Olimpiade 2016

Tontowi/Liliyana memastikan tiket ke final usai menaklukkan peringkat satu dunia Zhang Nan / Zhao Yunlei.

oleh Rejdo Prahananda diperbarui 16 Agu 2016, 10:30 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2016, 10:30 WIB
Zhang Nan
Zhang Nan (kanan) terduduk lesu usai dikalahkan Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir dalam babak semifinal Rio 2016. REUTERS/Jeremy Lee

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Duel Tiongkok di final ganda campuran cabang bulu tangkis Olimpiade 2016 gagal terjadi. Dua ganda campuran Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei dan Xu Chen/Ma Jin gagal ke partai puncak setelah sama-sama kalah di babak semifinal. Padahal, pada Olimpiade 2012, mereka berstatus sebagai finalis di nomor ganda campuran.

Zhang Nan/Zhao Yunlei harus mengakui keunggulan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dari Indonesia. Adapun Xu Chen/Ma Jin gagal melewati ganda Malaysia, Chen Peng Soon/Goh Liu Ying. Peraih perak di Olimpiade 2012 ini menyerah dengan skor 21-12, 21-19.

Bagi Zhang/Zhao, kekalahan ini sekaligus kegagalan mempertahankan emas Olimpiade. Pada 2012, Zhang/Zhao berhasil meraih medali emas. "Saya merasa sangat sedih," kata Zhang setelah pertandingan melawan Tontowi/Liliyana sebagaimana dilansir dari Reuters.

Zhang/Zhao kalah dua set langsung 21-16, 21-15. Pertandingan ini berdurasi 50 menit. Padahal, rekor pertemuan memihak ganda Tiongkok ini. Mereka sudah memetik 13 kemenangan dari Tontowi/Liliyana.

Xu Chen/Ma Jin

Zhao merasa terpukul dengan kekalahan ini. Terlebih, wanita 26 tahun ini sangat berambisi memetik emas Olimpiade 2016. "Saya berlatih sangat keras sejak meraih emas Olimpiade. Tapi pada akhirnya, penampilan kami tidak sesuai harapan."

Pada Olimpiade 2012 lalu di London, dua ganda Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei dan Xu Chen Ma Jin bertemu di partai final. All Tiongkok Final tercipta setelah Xu Chen/Ma Jin memaksa ganda Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir bertekuk  lutut di semifinal. 

Pada Olimpiade 2016, Zhang Nan/Zhao Yunlei bakal bertemu ganda Tiongkok lainnya, Xu Chen/Ma Jin di perebutan medali perunggu.

Terlepas dari kegagalan nomor ganda campuran meraih emas, Tiongkok masih memiliki wakil di nomor tunggal putra (Chen Long), tunggal putri (Li Xuerui dan Wang Yihan) ganda putri (Tang Yuanting/Yu Yang), ganda putra (Chai Biao/Hong Wei dan Fu Haifeng/Zhang Nan).

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya