MotoGP: Termakan Omongan, Lorenzo Malah Melempem

Lorenzo selalu mengalami kesulitan merebut podium MotoGP saat kondisi lintasan diguyur hujan.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Mei 2017, 15:00 WIB
Diterbitkan 20 Mei 2017, 15:00 WIB
Jorge Lorenzo
Pembalap MotoGP Jorge Lorenzo (EPA/Jose Manuel Vidal)

Liputan6.com, Le Mans - Belum juga hilang dari ingatan sewaktu penggemar mempertanyakan kemampuan Jorge Lorenzo di lintasan basah MotoGP. Sekarang pembalap Ducati itu malah dihadapkan dengan masalah besar saat menjalani latihan bebas di Sirkuit Le Mans, Prancis, dalam kondisi hujan.

Bukan rahasia lagi jika Lorenzo selalu mengalami kesulitan merebut podium saat kondisi lintasan diguyur hujan. Bahkan tak jarang ia gagal menyentuh garis finis. Tapi bagaimanapun Lorenzo punya jawaban mengapa dirinya gagal mencatatkan waktu tercepat di FP1 dan FP2.

Lorenzo menerangkan jika awalnya ia tidak mengalami masalah apapun pada kuda besi Desmocedici GP17. Tapi ketika hujan mengguyur lintasan yang memiliki 11 tikungan dan trek berada dalam kondisi sangat basah, maka semua persiapan yang telah dilakukannya berantakan.

Lorenzo pun hanya mampu menutup latihan bebas hari pertama di urutan ke-15 setelah mencatatkan waktu 1 menit 44.276 detik atau kalah cepat 2.603 detik dari Andrea Dovizioso. "Perasaan yang agak berlawanan. Pagi hari, kondisi trek saat itu setengah-setengah, tidak terlalu banyak air dan pada bagian akhir cukup kering. Saya merasa hebat dengan motor," ujar Lorenzo seperti dikutip Autosport, Sabtu (20/5/2017).

"Kami memutuskan untuk tetap menjaga siang hari, tapi dengan banyak air, kami membutuhkan lebih banyak pengereman pada bagian belakang. Tapi saya tidak merasa aman karena tidak merasakan ada yang berubah pada bagian belakang. Jadi saya agak lamban karena saya harus membutuhkan banyak lap untuk menghangatkan ban," jelasnya.

Hari ini sirkus MotoGP bakal menjalani latihan berikutnya dan kualifikasi. Menurut ramalan kondisi cuaca di Le Mans bakal cerah, tapi jika hujan kembali mengguyur lintasan maka Lorenzo bakal mengubah settingan motornya.

"Jika latihan berikutnya berada dalam kondisi seperti ini, maka kami akan mengubah settingan motor di MotoGP," ucap Lorenzo.

(David Permana)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya