Masalah Ducati di MotoGP 2017 Bikin Dovizioso Heran

Dovizioso juga mengaku sulit berjuang di aspal baru Sirkuit Sachsenring.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 01 Jul 2017, 18:40 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2017, 18:40 WIB
Andrea Dovizioso, MotoGP
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso usai latihan bebas MotoGP Jerman 2017 di Sirkuit Sachsenring. (Hendrik Schmidt/dpa via AP)

Liputan6.com, Hohenstein-Ernstthal Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso mengaku menghadapi masalah berbeda pada balapan MotoGP Belanda dan Jerman 2017. Permasalahan pembalap berusia 31 tahun itu adalah seputar grip.

Dovizioso sendiri menjadi yang tercepat pada latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Jumat (30/1/2017). Ia mencatat waktu terbaik 1 menit 21,599 detik, unggul 0,038 detik atas pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales.

Sayang, kecepatannya malah memburuk pada latihan bebas kedua. Pembalap asal Italia itu merosot ke urutan ketujuh dengan waktu terbaik 1 menit 28,753 detik. Penyebab masalah tersebut tak lepas dari performa grip.

"Aneh karena kami sedang berjuang dengan masalah yang berbeda. Di Assen, kami berjuang dengan grip belakang. Di sini kami berjuang dengan grip depan. Dulu ini tidak terjadi. Tapi tidak jelas apakah itu dari motor atau ban. Untungnya kami mampu memperbaiki situasi," kata Dovizioso seperti dilansir Crash.

Grip memang menjadi salah satu masalah yang dihadapi banyak pembalap sepanjang agenda MotoGP Jerman 2017. Maklum, ini adalah kali pertama bagi para pembalap melaju di Sachsenring dengan permukaan aspal yang baru.

Bahkan, Michelin sebagai pemasok ban MotoGP juga mengaku belum mendapatkan data sepenuhnya soal lintasan Sachsenring. Itu karena mereka belum sempat melakukan tes di lintasan dengan aspal baru. Tak boleh mengganggu masyarakat dengan kebisingan motor jadi alasan mengapa tes tak dilakukan di sana.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Main Aman

Guna menanggulangi permasalahan itu, Michelin memberikan stok tambahan kepada setiap pembalap, yakni empat jenis ban depan dan empat ban belakang, bukan tiga seperti biasanya. Untuk ban depan, para pembalap memiliki pilihan lunak, keras, dan dua medium. Lalu untuk ban belakang adalah satu lunak, satu medium, dan dua keras dengan pilihan yang berbeda.

"Layout lintasannya terlalu aneh dan tak mungkin sampai di tikungan 11 dengan suhu yang tepat. Kami tak mengambil risiko menggunakan ban depan medium hari ini. Tapi dalam kondisi normal, saya pikir kami harus mencobanya saat balapan," jelas Dovizioso.

Aksi pembalap Ducati, Andrea Dovizioso pada latihan bebas MotoGP Jerman 2017. (Hendrik Schmidt/dpa via AP)

Untungnya, Dovizioso mampu memperbaiki catatan waktunya pada latihan bebas ketiga (FP3). Ia mencatatkan waktu terbaik 1 menit 21,422 detik, jauh lebih baik dari waktu yang diukir pada FP1.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya