Tarian ala Tentara Bakar Semangat Timnas U-19 Lawan Vietnam

Timnas Indonesia U-19 akan berhadapan dengan Vietnam di Piala AFF U-18, 2017.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Sep 2017, 12:40 WIB
Diterbitkan 11 Sep 2017, 12:40 WIB
Timnas U-19 Latih Transisi Pemain Jelang Hadapi Vietnam
Timnas Indonesia U-19 melakukan pendinginan usai melakukan latihan di Stadion Padonmar, Yangon, Jumat (9/9). Jelang hadapi Vietnam, Timnas U-19 terus digenjot dalam transisi pemain dan tembakan jarak jauh. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

 

Liputan6.com, Yangon- Setiap selesai berlatih, Timnas U-19, selalu membakar semangat bersama. Ritual ini terus berjalan saat Garuda Nusantara bertarung di Piala AFF U-18 2017, Myanmar. 

Yel-yel diteriakkan secara lantang. Suasana juga bertambah meriah karena para pemain tidak hanya dia, tapi juga ikut bergerak mengikuti teriakan yang mereka keluarkan. 

Mula-mula, 'tarian perang' ini diawali saat mereka menjalani pemusatan latihan di Markas Kopassus di Cijantung, Jakarta Timur. Ide yel-yel muncul lantaran para pemain sempat mendapat gemblengan ala militer. Awalnya, ide datang dari para petugas di kalangan militer. Namun, untuk "lirik" dan gaya, merupakan hasil keroyokan tim pelatih dan ofisial tim.

Ritual ini berjalan menarik karena memadukan gerakan dan teriakan yang berisi kata-kata yang membangkitkan kepercayaan diri serta yang terpenting, nasionalisme. Pasalnya, ketika bertanding, Timnas U-19 membawa nama Indonesia dan lambang Garuda di dada.

"Adakah Garuda di dadaku? Ada! Mana? Ini dia!" begitu salah satu bagian pekikan yel-yel Timnas U-19. Pada bagian itu, yel-yel juga dibarengi aksi menepuk-nepuk dada.

Gaya anak muda zaman sekarang yang mengacu pada gaya khas selebrasi gol dap ala Paul Pogba, juga sedikit terlihat di akhir yel-yel.

Dari pengamatan Bola.com yang berada di Yangon, seluruh pemain, tim pelatih, dan ofisial tim selalu melakukan yel-yel dengan riang di akhir sesi latihan. Bahkan pelatih Indra Sjafri, yang terkenal kalem, juga ikut semangat meneriakkan yel-yel tersebut.

Selepas doa bersama, ritual yel-yel ini dilakukan. Ada tiga pemain maju untuk memimpin rekan-rekannya. Tim pelatih menggilir jatah tiga pemain itu.

Yel-yel tidak panjang, kurang dari satu menit. Meski begitu, yel-yel ini diyakini mampu membakar semangat para pemain untuk berani menghadapi setiap lawan dengan tekad membara demi mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional.

Timnas Indonesia U-19 saat ini berada di urutan kedua klasemen Grup B Piala AFF U-18 dengan 6 poin dari dua laga. Sementara Vietnam berada di urutan pertama dengan poin sama, tapi unggul selisih gol atas Indonesia. Kedua tim akan bertarung di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Senin (11/9/2017).

Untuk lebih jelasnya seperti apa yel-yel itu, saksikan video di bawah ini:

T

(Laporan jurnalis Bola.com Aning Jati dan fotografer Liputan6.com Yoppy Renato dari Yangon, Myanmar)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya