Shin Tae-yong: Penanganan Penyebaran Virus Corona COVID-19 di Indonesia Meresahkan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyayangkan masih banyak orang di Indonesia menyepelekan penyebaran virus corona COVID-19.

oleh Ario Yosia diperbarui 17 Apr 2020, 11:18 WIB
Diterbitkan 17 Apr 2020, 10:55 WIB
Shin Tae-yong
Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, menyaksikan laga PSM Makassar kontra Kaya FC-Iloilo pada laga Piala AFC di Stadion Madya, Selasa (10/3/2020). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melontarkan kritik terhadap penanganan penyebaran virus corona COVID-19 di Indonesia. Ia melihat masih banyak orang di negara kita terkesan menyepelekan penyakit yang telah ratusan ribu membuat orang di seantero dunia meninggal dunia.

Shin Tae-yong kepada media lokal Korea Selatan angkat bicara tentang pengalamannya menjalani masa darurat virus corona di Indonesia, sebelum kembali ke Korea Selatan.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kali pertama mengumumkan adanya kasus virus corona atau Covid-19 pada 2 Maret 2020. Shin Tae-yong baru kembali ke Korea Selatan pada Jumat (3/4/2020).

Satu bulan pelatih 50 tahun itu merasakan penyebaran COVID-19 di Indonesia. Berdasarkan pengamatannya, pemerintah Indonesia kurang serius memperhatikan penyebaran virus mematikan itu.

Semenjak adanya pernyataan Presiden Joko Widodo, kompetisi domestik Shopee Liga 1 2020 masih bergulir hingga 14 hari kemudian.

Selain itu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, juga masih menghadiri acara yang berisikan puluhan ribu penonton hadir ke stadion secara langsung.

"Indonesia belum sepenuhnya menyelidiki kasus ini. Saya menyakini ada lebih banyak orang yang terinfeksi dan mereka tidak menyadarinya," ujar Shin Tae-yong dikutip News Joins.

Sang mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 silam itu juga menyayangkan banyak warga Indonesia tak memakai masker saat beraktivitas di luar. 

"Hanya 10 persen yang menggunakan masker di jalan," ujarnya.

"Pada 14 Maret, pemerintah menghentikan kegiatan sepak bola, termasuk Timnas Indonesia," ujarnya.

"Sebelum COVID-19 meledak, 70.000 penonton berkumpul di sebuah laga di Jakarta. Menteri Pemuda dan Olahraga juga menyaksikan latihan timnas selama 3-4 jam. Hal yang tentu amat berbahaya."

Shin Tae-yong berserta asistennya sempat menonton sejumlah pertandingan Shopee Liga 1 2020. Belakangan ia sempat merasa risau terpapar virus corona.

 

 


Sempat Donasi

Timnas Indonesia
(Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sebelum pulang kampung ke Korea Selatan, Shin Tae-yong sempat memberikan donasi berupa alat pelindung diri (APD) ke salah satu rumah sakit di Jakarta.

"Indonesia memiliki sistem medis yang sangat buruk. Saya ingin sedikit membantu rakyat Indonesia," ujar dia.

"Saya bersyukur pemerintah Korea dan perusahaan domestik telah mengirimkan alat diagnostik dan pasokan bantuan ke Indonesia," tandasnya.

 Sesampainya di Korea Selatan, meski hasil tes Shin Tae-yong mengatakan negatif virus corona, dia tetap harus menjalani karantina 14 hari.

Ia pun menjalani masa karantina di Goyang, Gyonggi-do, bukan di Bundang, Gyeonggi-do.

Sebelumnya, kabar beredar bahwa Shin kembali ke rumah bersama istrinya dan dua anaknya berada, yakni Bundang. Namun, kabar tersebut diralat. 


Tak Bisa Berinteraksi Fisik

Bersamaan dengan masa karantina, Shin Tae-yong tak bisa berinteraksi secara fisik dengan istri dan dua anaknya.

Bahkan untuk saling makan bersama sekali pun tidak diizinkan.

"Saya hanya menyapa mereka dengan jarak sekitar dua meter dari anak saya. Istri dan putra sulung saya meletakkan makanan di pintu. Pesan makanan melalui kurir dan makan sesuatu seperti daging sapi bulgogi," tambahnya.

Beberapa kegiatan yang dilakukannya selama karantina adalah membaca buku tentang strategi dan menonton drama Korea Selatan yang dibintangi oleh aktor Park Seo-joon.

Disadur dari Bola.com (Ario Yosia)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya