Pelatih Persib Punya Pengalaman Tak Terlupakan bersama Pele

Pelatih Persib Bandung Robert Albert berkesempatan bertemu Pele saat masih aktib bermain di klub asal Kanada Vancouver Whitecaps FC [ada 1975.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 16 Sep 2020, 06:30 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2020, 06:30 WIB
Robert Rene Alberts
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung Robert Alberts memiliki pengalaman tak terlupakan dalam hidupnya. Sekira 45 tahun lalu, juru taktik asal Belanda itu berkesempatan bertemu dengan salah satu bintang dan legenda sepak bola dunia asal Brasil, Edson Arantes do Nascimento atau lebih akrab disapa Pele.

Dia mendapatkan kesempatan bertemu Pele ketika masih aktif bermain di klub asal Kanada Vancouver Whitecaps FC. "Itu sekitar tahun 1975," kata Roberts seperti dikutip dari laman resmi Persib.

"Saya bertemu dengan Pele saat sebelum dan setelah pertandingan. Saat itu, ada pertandingan ekshibisi antara tim saya, Vancouver Whitecaps dan New York Cosmos (Amerika Serikat), timnya Pele."

Meski sudah puluhan tahun berlalu, Robert masih mengingat isi perbincangan bersama Pele, yang turut berkontribusi atas tiga gelar Piala Dunia untuk Brasil.

"Saya pun berbincang dengan Pele. Masih ingat, saya menanyakan perasaan dia menjadi seorang bintang saat itu. Dia mengaku sangat cinta dengan pekerjaannya dan bahagia bisa menjadi bagian kemajuan sepakbola benua Amerika dan dunia," papar Robert, yang memasuki tahun kedua sebagai pelatih Persib.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Persib Bandung di Bawah Ini


Menginspirasi

Robert Rene Alberts
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Robert juga mengakui pertemuan dengan Pele memberi banyak inspirasi untuk kariernya di dunia sepak bola. "Itu merupakan kesempatan luar biasa. Tiba-tiba saya mendapat kesempatan bermain melawan legenda besar seperti Pele," ucapnya.

"Saya bisa bertemu, berjabat tangan dan berbincang langsung dengannya. Sangat senang tentunya dan hal tersebut merupakan impian setiap pemain muda seperti saya," ujar Robert.

 

 


Persiapan Persib

Persib Latihan di PTIK
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, memberikan arahan kepada pemainnya saat latihan di Stadion PTIK, Jakarta, Selasa (22/10). Hadapi Bhayangkara, Persib jajal lapangan PTIK. (Bola.com/Yoppy Renato)

Robert saat ini tengah mempersiapkan Persib untuk lanjutan kompetisi Liga 1. Ia menilai anak asuhnya mendapatkan perkembangan skill dan kondisi yang signifikan setelah kembali berlatih.

"Ada kemajuan dari kecepatan dan agresivitas, juga motivasi mereka. Terlihat lebih baik dari dua pekan lalu. Jadi itu menjadi pesan bahwa pemain sudah bisa bermain selama 90 menit dan itu juga penting," katanya.

 

 


Evaluasi

Robert Rene Alberts
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Meski demikian, Robert tetap akan menggeber latihan mereka dengan efektif dan intensif serta tidak akan melonggarkan fokus skuat Pangeran Biru. Ia juga akan mengevaluasi tentang strategi dan teknis permainan.

"Tetap harus ada evaluasi, kami masih harus lebih cepat dalam transisi bertahan ke menyerang. Pressing dari pemain depan juga belum sepenuhnya bagus, jadi kami masih memberikan banyak ruang untuk lawan. Dan dari situasi set piece masih harus diperbaiki," pungkas Robert.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya