Liga PB Djarum 2020 Menjadi Uji Daya Juang Para Atlet

Selain perorangan, Liga PB Djarum 2020 kini mempertandingkan kategori beregu untuk menguji daya juang setiap atlet yang bertanding.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 07 Des 2020, 22:00 WIB
Diterbitkan 07 Des 2020, 22:00 WIB
Liga PB Djarum 2020 - Bulu Tangkis
Liga PB Djarum akan berlangsung di GOR Djarum Jati, Kudus, Jawa Tengah, 7 hingga 13 Desember 2020. (foto: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Liga PB Djarum 2020 yang digelar di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah, 7-13 Desember 2020, dibagi dalam kategori beregu dan perorangan. Ini berbeda dari perhelatan sebelumnya yang hanya mempertandingkan kategori perorangan.

Bertemakan Semangat Muda, Semangat Juara, Liga PB Djarum akan memainkan 65 pertandingan di nomor beregu putra maupun putri mulai Senin hingga Rabu. Sedangkan untuk kategori perorangan baru akan digelar dari Kamis hingga Minggu.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin mengatakan format beregu yang baru kali pertama digelar, perlu dilakukan guna menguji daya juang setiap atlet di bawah naungan PB Djarum.

"Selain individu, atlet-atlet muda ini juga perlu dibiasakan untuk bertanding secara beregu. Berdasarkan pengalaman para legenda Indonesia, tekanan beregu itu sangat berbeda dengan individu," katanya dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin (7/12/2020).

"Di masa mendatang, diharapkan para atlet PB Djarum sudah terbiasa dengan format beregu dari berbagai turnamen di dalam negeri maupun mancanegara," tambah Yoppy.

Pada kategori beregu, Liga PB Djarum menggunakan format seperti Thomas dan Uber Cup, dengan susunan pemain 3 tunggal dan 2 ganda. Setiap tim akan diperkuat atlet U15 hingga atlet dewasa.

"Pada pertandingan beregu meskipun tim sudah meraih 3 kemenangan, pertandingan sisa akan tetap dipertandingkan sampai partai kelima. Hal tersebut dikarenakan untuk menambah jam terbang para atlet dan mengasah ketahanan fisik mereka," ucap Yoppy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini


Pengalaman Bertanding

Liga PB Djarum 2020 - Bulu Tangkis
Liga PB Djarum 2020 akan mempertandingkan kategori perorangan dan beregu di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah, 7-13 Desember 2020. (foto: PB Djarum)

Senada dengan Yoppy Rosimin, Manajer Tim PB Djarum Fung Permadi menyatakan keputusan untuk menjalani lima partai demi menambah pengalaman bertanding bagi masing-masing atlet setelah sekian lama menepi lantaran pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

"Kesempatan ini bukan sekadar melihat si atlet menang atau kalah, tapi juga kesempatan bagi mereka untuk bermain sebanyak-banyaknya," paparnya.

"Bagi PB Djarum, kebutuhan yang paling mendasar setelah sekian lama berlatih adalah pertandingan. Lima partai pada kategori beregu ini merupakan solusi kami untuk mengisi kekosongan turnamen atau kejuaraan di saat pandemi ini," imbuh Fung.


Semangat Bertanding

Liga PB Djarum 2020 - Bulu Tangkis - Ruzana
Runner-up Tunggal Putri U17 Liga PB Djarum 2020 Ruzana. (foto: PB Djarum)

Kategori beregu menjadi cambukan semangat bagi para atlet PB Djarum untuk mengerahkan seluruh kemampuan terbaik mereka agar tampil gemilang. Ruzana, misalnya, yang kali ini bermain di kategori beregu dan perorangan di tiga nomor yaitu Tunggal Putri (U17, U19 & Dewasa), Ganda Putri (U15 & U17), dan Mix U17. Setelah harus puas menjadi runner-up Tunggal Putri U17 pada Liga PB Djarum 2020 pada Juni lalu, ia bertanding penuh tenaga di hari pertama turnamen.

"Persiapan saya sebelum liga Desember ini ditingkatkan dan lebih maksimal, karena saya turun di beregu dan perorangan. Harus lebih tahan lagi fisiknya, kemudian tinggal jaga fokus aja saat bertanding," ujar atlet kelahiran Lubuklinggau, Sumatera Selatan ini.

"Kalau beregu nanti saya harus tampil semaksimal mungkin, kalau bisa juara. Terus di perorangan, juga sebisa mungkin juara. Minimal, semifinal," Ruzana, menambahkan. 


Melatih Kesabaran

Liga PB Djarum 2020 - Bulu Tangkis - Hendry Leander
Juara Tunggal Putra U15 PB Djarum 2020 Hendry Leander. (foto: PB Djarum)

Juara Tunggal Putra U15 PB Djarum 2020 lalu, Hendry Leander juga meningkatkan porsi latihan fisik dan teknik. Namun, kesabaran akan menjadi kunci di setiap pertandingan yang dihadapi atlet muda asal Kendari, Sulawesi Tenggara ini mengaku, jelang liga ini.

"Belajar sabar atau melatih mental, ini susah. Di liga yang lalu saya selalu mau buru-buru, pengen cepat matikan musuh. Sekarang beda, harus main safe biar dapat poin banyak," ujarnya terkekeh.

Liga PB Djarum 2020 memperebutkan total hadiah senilai lebih dari Rp 120 juta untuk 17 kategori yang dipertandingkan. Karena digelar tanpa penonton, pencinta bulu tangkis dapat menyaksikan jalannya pertandingan Liga PB Djarum 2020 melalui live streaming di channel Youtube PB Djarum, Facebook PB Djarum, dan Kaskus TV pada pukul 09.00 WIB – selesai untuk sesi 1 dan pukul 14.00 WIB – selesai untuk sesi 2.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya