Gianluigi Donnarumma Raih Penghargaan Kiper Terbaik

Gianluigi Donnarumma sukses meraih Yashin Trophy atau kiper terbaik dalam rangkaian acara penganugerahan Ballon d'Or 2021

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Nov 2021, 07:30 WIB
Diterbitkan 30 Nov 2021, 07:30 WIB
Foto: Termasuk Donnarumma, 5 Kiper yang Mampu Tampil Solid bersama Klub Barunya hingga Pekan Ini
Gianluigi Donnarumma saat ini mampu menjadi kiper utama PSG walapun sempat kalah dengan Keylor Navas. Ia mampu tampil solid saat melawan Manchester City di Liga Champions dan satu clean sheet dari empat laga yang telah dilaluinya di Ligue 1. (AFP/Franck Fife)

Liputan6.com, Jakarta - Gianluigi Donnarumma meraih Yashin Trophy atau kiper terbaik pada rangkaian acara penganugerahan Ballon d'Or 2021. Pemain timnas Italia itu mengalahkan beberapa penjaga gawang lain, seperti Edouard Mendy dan Jan Oblak.

Penampilan Donnarumma di Paris Saint-Germain sebenarnya masih kurang terlalu cemerlang, khususnya di Ligue 1. Namun, harus diakui performanya di Piala Eropa 2020 sangat impresif. Ia bermain cemerlang dan membawa Gli Azurri menjadi juara.

"Selamat malam. Ini jadi tahun yang sangat bagus buat saya. Saya membela AC Milan dan Timnas Italia musim lalu. Sulit menggambarkan perasaan saya saat ini," kata Donnarumma.

Donnarumma berharap gelar bergengsi ini bisa menjadi pelecut untuk meraih sukses bersama PSG. "Terima kasih kepada semua orang yang mendukung saya, Keluarga saya, orang tua saya, kekasih saya. Saya harap bisa mentransfer energi ini bersama PSG," ucap kiper berusia 22 tahun itu.

Gianluigi Donnarumma meninggalkan AC Milan dan pindah ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2021. Namun, dia empat mengeluhkan menit bermain yang kurang karena masih adanya kiper utama Keylor Navas.

Tetapi, kiper Italia itu boleh melupakan sejenak keluh-kesahnya setelah terpilih sebagai kiper terbaik 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


10 Nominasi Kiper Pesaing Donnarumma

Foto: 10 Kiper Top Eropa yang Bersaing Memperebutkan Penghargaan Yashin Trophy 2021, Dominasi 4 Kiper Liga Inggris
Majalah "France Football" tiap tahunnya mengadakan pemilihan penjaga gawang terbaik untuk memperebutkan Yashin Trophy. Untuk tahun 2021 ini mereka merilis 10 kiper dengan catatan clean sheets dan penampilan memikat untuk musim 2020/2021. Siapa sajakah nominasinya? (Kolase AFP)

Donnarumma mengalahkan beberapa penjaga gawang ternama yang sukses di klub dan negaranya masing-masing. Berikut daftar finalis Ballon d’Or 2021

• Gianluigi Donnarumma, AC Milan/PSG, Italia

• Ederson, Manchester City, Brasil

• Kasper Schmeichel, Leicester City, Denmark

• Edouard Mendy, Chelsea, Senegal

• Thibaut Courtois, Real Madrid, Belgia

• Keylor Navas, PSG, Kosta Rika

• Emiliano Martinez, Aston Villa, Argentina

• Manuel Neuer, Bayern Munchen, Jerman

• Jan Oblak, Atletico Madrid, Slovenia

• Samir Handanovic, Inter, Slovenia

 


Apa itu Yashin Trophy?

Ballon d'Or
Ballon d'Or adalah ajang penghargaan bergengsi bagi seluruh pemaik sepak bola yang ada di dunia

Yashin Trophy atau Trophée Yachine dalam bahasa Prancis, adalah penghargaan yang diberikan setiap tahun oleh majalah France Football kepada kiper dengan performa terbaik dalam tahun kalender itu.

Penghargaan ini diambil dari nama kiper Rusia (dulu Uni Soviet) Lev Yashin, satu-satunya kiper dalam sejarah yang pernah memenangkan penghargaan Ballon d’Or. Pemenang untuk penghargaan ini pada 2021 dilakukan oleh para mantan pemenang Ballon d’Or.

Penghargaan ini mulai diberikan pada 2019, dengan kiper Liverpool Alisson Becker menjadi pemenang pertamanya. Sama seperti Ballon d’Or dan Kopa Trophy, pemberian penghargaan pada 2020 dibatalkan karena krisis kesehatan. (Sumber: France Football)

Penulis: Rafi Abdul Rochim

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya