Media Korea Dukung Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2020

Media Korea sebut Shin Tae-yong bakal menciptakan sejarah baru dalam sepak bola Indonesia jika berhasil mengantar skuadnya menembus babak final dan keluar sebagai juara Piala AFF 2020.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Des 2021, 18:44 WIB
Diterbitkan 22 Des 2021, 17:30 WIB
Pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong.
Pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong. (PSSI).

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong belakangan kerap disanjung media Korea Selatan berkat kesuksesannya mengantarkan Skuat Garuda melangkah ke semifinal Piala AFF 2020. Kali ini, giliran News1 yang memberi sanjungan bagi Shin Tae-yong.

Dilansir dari Soha.vn, News1 kabarnya mengomentari performa Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia dengan menyebut mereka sebagai kandidat cemerlang untuk final Piala AFF edisi ini.

Sang pelatih bahkan digadang-gadang bakal menciptakan sejarah baru dalam sepak bola Indonesia, layaknya Park Hang-seo yang berhasil membawa anak-anak asuhnya menyabet trofi Piala AFF 2018.

“Timnas Indonesia yang dipimpin oleh pelatih Shin Tae-yong akan menghadapi Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Jika berhasil mencapai final, ia akan menciptakan lembaran baru dalan sejarah sepak bola Indonesia, seperti halnya pelatih Park Hang-seo yang menjadi pahlawan sepak bola Vietnam,” tulis News1 melalui laporannya yang diunggah pada Selasa (21/12/2021).

News1 juga menyoroti perkembangan signifikan yang ditunjukkan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Mereka menilai, pelatih berusia 52 tahun tersebut sukses menata ulang skuad dengan memasukkan pemain-pemain muda yang menjanjikan.

“Sepak bola Indonesia, yang belum menorehkan catatan luar biasa di Asia Tenggara, telah mencapai pertumbuhan pesat usai diambil alih manajer Shin Tae-yong. Melalui turnamen ini, pelatih Shin mengatur ulang tim dengan pemain muda yang menjanjikan,” sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Indonesia di Piala AFF

Foto: Irfan Jaya Bikin Mental Timnas Indonesia Bangkit dan Sukses Bungkam Malaysia di Piala AFF 2020
Pasukan Shin Tae-yong tampil agresif sejak menit awal. Indonesia menerapkan taktik yang sama seperti laga-laga sebelumnya dengan intensitas dan garis pertahanan tinggi. (AFP/Roslan Rahman)

Timnas Indonesia memang tampil cukup baik di babak penyisihan grup Piala AFF 2020. Dari total empat pertandingan yang dilakoni, Indonesia tercatat telah mengoleksi tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan 13 gol.

Hasil tersebut membawa Skuad Garuda keluar sebagai juara grup B, setelah unggul dari segi produktivitas gol dibanding Timnas Vietnam.

Sayangnya, pasukan Garuda belum sekali pun menginjak podium juara sejak Piala AFF pertama kali dihelat dengan nama Piala Tiger pada 1996. Prestasi tertinggi yang diraih Timnas Indonesia adalah menjadi runner up di Piala AFF edisi 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.


Semifinal Kontra Singapura

Bungkam Malaysia, Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal AFF 2020
Bek Timnas Indonesia, Rachmat Irianto berusaha merebut bola gelandang timnas Malaysia, Mohamad Faisal Abdul Halim pada laga Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura, Minggu (19/12/2021). Hasil ini membuat timnas melangkah ke semifinal melawan Singapura. (AFP/Roslan Rahman)

Adapun, pasukan Indonesia saat ini tengah bersiap menghadapi semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura. Pertandingan ini akan berlangsung dalam dua leg, yakni pada Rabu (22/12/2021) dan Sabtu (25/12/2021), di Stadion Nasional Singapura.

Jelang laga tersebut, Shin Tae-yong mengingatkan anak-anak asuhnya untuk tidak lengah. Pasalnya, Singapura merupakan tim dengan kualitas permainan apik. Mereka tercatat hanya kalah satu kali dari Thailand di laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF 2020.

“Saya merasa Singapura adalah tim yang bagus, terutama saat melawan Filipina dan Myanmar, jadi kami tidak boleh lengah. Satu persen pun kami tidak boleh lengah, saya tegaskan kepada para pemain bahwa Singapura memang tim yang baik,” ujarnya dalam konferensi pers pra pertandingan, Selasa (21/12/2021).

Penulis: Melinda Indrasari

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya