Profil Lisa Ayu Kusumawati, Pemain Ganda Campuran Indonesia yang Masuk Final Orleans Masters 2022

Simak profil Lisa Ayu Kusumawati, pemain ganda campuran yang berhasil melaju ke babak final Orleans Masters 2022.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Apr 2022, 08:00 WIB
Diterbitkan 04 Apr 2022, 08:00 WIB
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati - Swiss Open 2022
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati menjadi satu-satunya ganda campuran Indonesia yang lolos ke semifinal Swiss Open 2022. (foto: PP PBSI)

Liputan6.com, Jakarta - Lisa Ayu Kusumawati dan Rehan Naufal Kusharjanto berhasil mengalahkan wakil Malaysia, Roy King Yap/Teoh Mei Xing 21-16, 21-15 untuk masuk final Orleans Masters 2022.

Meski gagal meraih gelar akibat dikalahkan duo Singapura Terry Hee Yong Kai/Tan Wei Han, hasil ini merupakan salah satu hasil terbaik dalam perjalanan karir Rehan/Lisa pada tahun 2022. 

Namun, untuk bisa sampai di titik ini, Lisa harus melalui perjalanan yang sangat panjang. Lisa mengawali karier dengan memperkuat PB Djarum pada 2012. Sejak itu, dia sering mengikuti kejuaraan nasional. 

Pertama kali masuk PB Djarum, Lisa tidak langsung fokus di sektor ganda campuran. Pemain kelahiran 2000 ini fokus pada sektor ganda putri bersama dengan Febby Valencia.

Pada kejuaraan internasional, Lisa berhasil mendapatkan gelar di pertandingan Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior tahun 2019 bersama pasangannya Rehan Naufal Kusharjanto. 


1 Gelar BWF

Foto: Indonesia Loloskan 5 Wakil di Semifinal Swiss Open 2022, termasuk Anthony Ginting dan Jonatan Christie di Tunggal Putra
Pasangan ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang berperingkat 55 BWF lolos ke semifinal setelah menang atas unggulan ke-5, Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis) dengan 21-19, 21-16. Mereka akan jumpa unggulan ke-8, Mark Lamsfuss/Isabel Lohau (Jerman). (Humas PBSI)

Pasangan ganda campuran ini berhasil menyabet satu gelar BWF pada saat Finnish Open 2019. Saat itu, Rehan/Lisa berhasil mengalahkan pasangan senior Denmark, Mathias Bay-Smidth/Rikke Soby dengan tiga gim 22-20, 15-21, dan 21-14. 

Rehan/Lisa berhasil mengambil momentum pada permainan ini. Pertandingan yang berlangsung selama 58 menit ini, pasangan muda Indonesia berhasil memberikan bola-bola yang susah untuk dijangkau oleh Denmark. Alhasil, Mathias/Rikke harus jatuh bangun agar dapat bisa mengembalikan bola. 


Hubungan Spesial dengan Muhammad Shohibul Fikri

Lisa diketahui juga mempunyai hubungan spesial dengan pemenang All England 2022, Muhammad Shohibul Fikri. Hal ini terlihat saat Fikri menjuarai kejuaraan Super 1000 tersebut bersama Bagas Maulana. 

Sosok berumur 22 tahun ini mengunggah foto saat melakukan video call bersama Fikri yang memperlihatkan medali emas All England 2022. Tak hanya memberikan ucapan selamat, Lisa juga menyampaikan terima kasih ke semua pihak yang telah mendukung Fikri dan Bagas. 

 

Penulis: Jesslyn Koesman


Infografis

Infografis bulu tangkis
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya