Pemain Boston Celtics Beri Dukungan untuk Brittney Griner yang Ditahan di Rusia

Pemain Boston Celtics menyuarakan dukungan untuk pemain WNBA Brittney Griner yang ditahan di Rusia. Mereka menggunakan baju "We Are BG" pada saat latihan, Sabtu (4/6/2022).

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Jun 2022, 07:00 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2022, 07:00 WIB
Tyler Herro Mengamuk, Miami Heat Unggul 3-1 atas Boston Celtics
Pebasket Boston Celtics, Jayson Tatum, berebut bola dengan pebasket Miami Heat, Bam Adebayo, pada gim keempat final NBA Wilayah Timur di AdventHealth Arena, Kamis (24/9/2020). Miami Heat menang dengan skor 109-112. (AP/Mark J. Terrill)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pemain Boston Celtics mengenakan kaus 'We Are BG' saat berlatih, Sabtu (4/6/2022). Kaus itu dipakai sebagai protes atas penahan bintang WNBA Brittney Griner di Rusia. 

"Dia sudah berada di sana untuk waktu yang lama, dan kami merasa cukup sudah cukup," kata Jaylen Brown, pemain Boston Celtic, dilansir dari The Athletic, Minggu (5/6/2022).

Brittney Griner ditangkap di bandar udara dekat Moskow pada Februari lalu. Pemain Phoenix Mercury itu ditangkap dengan tuduhan menyelundupkan minyak ganja di bagasinya.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah mengklasifikasikan penahan pebasket berusia 31 tahun itu yang sedang berlangsung selama 107 hari. 

Rekan satu tim WNBA dan Griner di Timnas USA telah bersuara dalam beberapa hari terakhir. Mereka menuntut pembebasannya dan mendesak pemerintahan John Biden untuk membawanya pulang.

Awalnya, teman dan keluarga Griner diam tentang penahanannya. Sebab, mereka khawatir dia akan digunakan sebagai pion ketika ketegangan meningkat antara AS dan Rusia atas invasi ke Ukraina.

Terkait kasus Brittney Griner, Komisaris NBA Adam Silver mengatakan: "itu adalah sesuatu yang kita semua harus didengar, menghubungi perwakilan Anda dan orang lain."

Adam mengatakan NBA sedang bekerja dengan pemerintah Amerika Serikat dan para ahli luar untuk mencoba mempercepat pembebasan Brittney Griner dengan cara apa pun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Membantu Griner Bebas

Brittney Griner
Brittney Griner ditikam di Beijing (google)

 

Boston mengenakan kaus Brittney Griner saat berlatih, Sabtu (4/6/2022) lalu. Pemain Boston Jaylen Brown mengungkapkan ide itu dari perwakilan pemain serikat pekerja Boston, Grant Williams.

Bintang Boston Jayson Tatum menceritakan pernah melakukan perjalanan dengan Griner ke Tokyo, Jepang, pada musim panas 2021. Mereka bergabung dengan timnas basket Amerika Serikat untuk Olimpiade Tokyo 2020.

Masih adanya pandemi Covid-19 membuat timnas basket putra dan putri Amerika Serikat tidak bisa meninggalkan hotel selama waktu istirahat. Mereka kemudian membentuk ikatan dengan nongkrong di suite hotel bersama-sama.

"Orang hebat untuk berada di sekitar - dia (Britnney Griner) mencerahkan seluruh ruangan dengan kepribadiannya," kata Tatum.

"Jadi sangat sulit melihat apa yang dia alami. Saya tahu semua orang melihat dan merasakan itu, dan jelas kami semua bersama-sama dalam mendukung mencoba membawanya kembali ke keluarganya dan hal-hal seperti itu," ucapnya menambahkan.


Griner dalam kondisi baik

Departemen Luar Negeri AS, Ned Prince menjelaskan kondisi Griner di dalam tahanan. Griner ditemukan dalam kondisi baik. 

"Pejabat kami menemukan Brittney Griner dalam kondisi baik, dan kami akan terus melakukan semua yang kami bisa untuk memastikan bahwa dia diperlakukan dengan adil selama cobaan ini," kata Ned Prince

Penulis: Jesslyn Koesman

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya