Profil Stadion Piala Dunia 2022: Al-Thumama Stadium, Benarkah Mirip Peci?

Stadion Piala Dunia 2022: Al Thumama Stadium memiliki desain yang cukup unik. Arsitek stadion ini Ibrahim M. Jaidah mendesain stadion ini seperti peci.

oleh Muhammad Yanto diperbarui 30 Jul 2022, 09:28 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2022, 06:00 WIB
Pemandangan Stadion Al-Thumama di ibu kota Doha (Foto: AFP)
Pemandangan Stadion Al-Thumama di ibu kota Doha (Foto: AFP)

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2022 Qatar sudah di depan mata. Tepatnya, pada 21 November hingga 18 Desembr 2022, turnamen sepak bola paling bergengsi di bumi ini bakal bergulir.

Piala Dunia 2022 menjadi yang pertama kali digelar pada musim dingin. Ini juga jadi yang pertama berlangsung di negara Timur Tengah.

Untuk menggelar seluruh pertandingan, pemerintah Qatar telah menyiapkan delapan stadion.

Sebelumnya, kami telah membahas Stadion Piala Dunia 2022, Khalifa International Stadium dan keunikan Al-Janoub Stadium. Kali ini, tiba saatnya mengenal Al Thumama Stadium.

Stadion ini mulai dibangun sejak 2017 lalu dan jadi salah satu stadion yang khusus dibangun menyambut Piala Dunia 2022.

Pembukaan resminya sudah dilakukan pada Oktober 2021. Momen pertamanya saat menyelenggarakan final Emir Cup 2021.

Selain itu, Stadion Al Thumama juga pernah digunakan untuk menggelar FIFA Arab Cup 2021. Sejauh ini, sudah enam pertandingan yang dilangsungkan di stadion tersebut, termasuk partai semifinal antara Qatar dan Aljazair.

Stadion Al Thumama memiliki keistimewaan ketimbang stadion-stadion lainnya di Piala Dunia. Venue ini cukup dekat dengan Bandara Internasional Hamad.

Seseorang tidak perlu waktu sampai setengah jam untuk mengakses stadion dari bandara, karea jaraknya hanya 8 km saja.

Al Thumama Stadium memiliki kapasitas yang standar seperti stadion Piala Dunia pada umumnya, yakni 40.000 kursi.

Nanti, setelah Piala Dunia digelar, setengah dari total kursi akan dibongkar. Tujuannya untuk memberi ruang pada tempat-tempat pelayanan publik bagi masyarakat sekitar.


Mirip Peci

Stadion Al-Thumama di ibu kota Doha (Photo: qatar2022.qa)
Stadion Al-Thumama di ibu kota Doha (Photo: qatar2022.qa)

Al Thumama Stadium memiliki desain yang cukup unik. Arsitek stadion ini Ibrahim M. Jaidah mendesain stadion ini melingkar seutuhnya dengan warna dominan putih.

Jika dilihat dari atas, Stadion Al Thumama menyerupai peci, atau aksesoris yang dipakai pada kepala umat Islam yang pria.

"Saya ingat malam itu, saya mendapatkan semua jenis gahfiya untuk mempelajari pola yang berbeda pada masing-masing," ungkap Jaidah, dilansir qatar2022.qa

"Saya akhirnya menggambar sketsa kasar yang saya suka dan memberi tahu teknisi saya bahwa ini akan menjadi desain yang akan kami buat," ungkapnya.

Jaidah mengungkapkan, ia ingin membuat stadion ini tidak tertinggal oleh zaman tanpa melupakan identitas tradisional Qatar.

"Saya ingin memastikan desain saya modern tetapi pada saat yang sama tidak ingin melepaskannya dari identitas tradisional. Melestarikan identitas dan warisan lokal adalah sangat penting bagi saya," ucapnya.


Teknologi Pendingin

Stadion Al Thumama (Photo: AFP)
Pemandangan interior Stadion Al Thumama di Doha, yang akan menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia FIFA 2022 (Photo: AFP)

Stadion Al Thumama akan menerapkan sistem pendingin secara artifisial sebagai bagian dari strategi agar udara di stadion sejuk.

Selain itu, udara dalam stadion didinginkan menggunakan kipas bertenaga energi matahari kemudian dilepaskan ke seluruh area venue.

Kehadiran Stadion Al Thumama terletak dengan megah di tengah lingkungan hijau yang rimbun.

Area bermain dan relaksasi telah dibuat tidak hanya untuk mempercantik tempat, tetapi untuk lebih meningkatkan kehidupan dan masa depan komunitas lokal.

 


Jadwal Pertandingan

FOTO: 5 Pemain Termuda Timnas Belanda yang Akan Berlaga di Piala Eropa 2020, Matthijs de Ligt Paling Berpengalaman - Ryan Gravenberch
Ryan Gravenberch. Gelandang berusia 19 tahun yang telah 3 musim membela Ajax Amsterdam ini adalah pemain termuda Belanda dalam daftar skuat menuju Euro 2020. Ia telah melakukan debut bersama Timnas Belanda pada 24 Maret 2021 lalu. Total 3 caps telah diraihnya. (AFP/Maurice van Steen/ANP)

Jadwal Pertandingan

21 November 2022: Senegal vs Belanda (Grup A)

23 November 2022: Spanyol vs Kosta Rika (Grup E)

25 November 2022: Qatar vs Senegal (Grup A)

27 November 2022: Belgia vs Maroko (Grup F)

29 November 2022: Iran vs Amerika Serikat (Grup B)

1 Desember 2022: Kanada vs Maroko (Grup F)

4 Desember 2022: Juara Grup D vs Runner up Grup C (Babak 16 Besar)

10 Desember 2022: Pemenang pertandingan 55 vs Pemenang pertandingan 56 (Babak 8 besar)


Disiarkan Emtek

SCM Grup Siap Siarkan Laga Seru Piala Dunia 2022 dan Liga Inggris
Direktur SCM, Imam Sudjarwo, Direktur Penyelidik dan Penyelesaian Sengketa-DJKI, Brigjen. Pol. Anom Wibowo, Direktur IEG, Hendy Lim, Senior Associate - K&K Advocates, Fajar Budiman Kusumo dan Kanit Tipidter Bareskrim Polri, Kompol Wisnu Hadi berpose usai menjadi narasumber di Studio 8 Emtek, Jakarta, Kamis (23/6/2022). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Piala Dunia 2022 Qatar bisa disaksikan pecinta sepakbola di Tanah Air dengan mudah.

Pasalnya, Emtek Grup sebagai pemegang hak sial bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV dan live streaming Vidio. Juga di Nex Parabola dan Champions TV.

Berita-berita terbaru seputar turnamen akbar empat tahunan tersebut juga bisa didapatkan melalui bola.liputan6.com.

Infografis Piala Dunia 2022
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya