Profil Stadion Piala Dunia 2022: Ini Dia yang Paling Unik, 974 Stadium

Stadion 974 akan menjadi venue Piala Duna 2022 Qatar. Ini menjadi stadion pertama dalam sejarah Piala Dunia yang bisa didekonstruksi atau ditata ulang.

oleh Muhammad Yanto diperbarui 31 Jul 2022, 07:30 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2022, 07:30 WIB
Foto: Mengintip Megahnya Stadion Piala Dunia 2022 di Qatar
Angka 974 yang digunakan sebagai nama stadion di kota Ras Abu Aboud ini diambil dari kode panggilan internasional negara Qatar yaitu +974. Uniknya, konstruksi stadion ini dibangun menggunakan 974 buah kontainer baja bekas yang dimodifikasi. (AFP/Karim Jaafar)

Liputan6.com, Jakarta - Ada delapan stadion yang disiapkan pemerintah Qatar untuk menggelar Piala Dunia 2022. Ajang ini rencananya berlangsung pada 21 November hingga 18 Desember.

Qatar menjadi negara pertama di kawasan Timur Tengah yang menjadi tuan rumah Piala Dunia dalam sejarah.

Karena berlangsung di Qatar pula, jadwal Piala Dunia yang biasanya digelar pada pertengahan tahun, kali ini dimulai pada akhir tahun. Hal tersebut tak lepas dari cuaca panas di negeri Qatar.

Dalam artikel sebelumnya, telah dibahas fakta-fakta menarik dari mewahnya Khalifa International Stadium, Al-Janoub Stadium, dan Al-Thumama Stadion.

Kali ini giliran Ras Abu Aboud Stadium yang dikenal sebagai Stadion 974. Ya begitulah nama asli stadion berkapasitas 40.000 termpat duduk ini yang menjadi venue Piala Dunia 2022

Ada alasan mengapa stadion ini memiliki nama 974. Itu karena stadion ini dibangun dari 974 kontainer pengiriman baja bekas yang dimodifikasi hingga berbentuk melengkung layaknya bujur sangkar.

Selain itu, Angka "974" yang digunakan sebagai nama stadion di kota Ras Abu Aboud ini diambil dari kode panggilan internasional negara Qatar yaitu +974.

Stadion 974 ini merupakan stadion yang dibuat oleh Fenwick Iribarren Architects, sebuah perusahaan arsitektur asal Spanyol. Ini adalah stadion sementara dan akan dibongkar setelah Piala Dunia Qatar berakhir.

Stadion 974 diresmikan pada November 2021 dengan dipercaya menggelar laga pembuka Piala Arab antara UEA dan Suriah.

Di Piala Dunia 2022, venue ini akan menjadi tuan rumah pertandingan Grup C, D, G, dan H serta satu pertandingan Babak 16 Besar. Tim seperti Brasil, Portugal, Argentina, dan Meksiko akan bermain di sini.


Modern

Stadion 974, paling unik karena terbuat dari kontainer. (GABRIEL BOUYS / AFP)
Stadion 974, paling unik karena terbuat dari kontainer. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Stadion 974 pun menjadi stadion pertama dalam sejarah Piala Dunia FIFA yang bisa didekonstruksi atau ditata ulang karena konstruksinya menggunakan kontainer

Selain itu, Stadion 974 diklaim memiliki konstruksi yang lebih sedikit membutuhkan bahan material, mengurangi limbah serta meminimalisir jejak karbon pada saat proses pembangunannya.

“Stadion dan desain ini adalah contoh bagus untuk keberlanjutan, karena rencana warisannya sangat jelas," manajer Stadion 974, Mohamed Alatwaan, dilansir New Indian Express.

"Apa yang kami lakukan dengan stadion ini adalah menghindari fasilitas yang tidak berguna setelah Piala Dunia,” sambungnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Bisa Dibangun di Tempat Lain

Stadion 974 di Doha, Qatar(AFP via DW INDONESIA)
Stadion 974 di Doha, Qatar(AFP via DW INDONESIA)

Mohamed Alatwaan mengungkapkan, setelah Piala Dunia 2022 berakhir, ada banyak opsi yang bisa dilakukan dengan stadion ini.

Kontainer pengiriman bisa digunakan kembali untuk membangun stadion yang sama di tempat lain, atau untuk tujuan pengiriman, sesuai fungsi aslinya.

“Kami memiliki fleksibilitas dalam desain kami sehingga dapat membangun kembali stadion di lokasi berbeda dengan kapasitas yang sama. Kami bisa membawa semuanya ke tempat lain,” ucapnya.

“Selain itu, kami juga mempertahankan sertifikasi kontainer pengiriman ini, kami dapat menggunakan kembali kontainer untuk tujuan pengiriman, sementara baja yang digunakan bisa didaur ulang untuk konstruksi," jelasnya.


Jadwal Pertandingan

Stadion 974 di Doha, Qatar, dibangun menggunakan bahan yang bisa didaur ulang (Photo: AFP)
Stadion 974 di Doha, Qatar, dibangun menggunakan bahan yang bisa didaur ulang (Photo: AFP)

22 November 2022 Meksiko vs Polandia (Grup C)

24 November 2022 Portugal vs Ghana (Grup H)

26 November 2022 Prancis vs Denmark (Grup D)

28 November 2022 Brasil vs Swiss (Grup G)

30 November 2022 Polandia vs Argentina (Grup C)

2 Desember 2022 Serbia vs Swiss (Grup G)

5 Desember 2022 Pemenang Grup G vs Runner-Up Grup H (Babak 16 Besar)


Piala Dunia 2022 Disiarkan di Mana?

Logo Piala Dunia 2022 Qatar
Orang-orang melintasi layar yang menampilkan logo Piala Dunia Qatar 2022, di jalanan New Arbat, pusat kota Moskow di Rusia, Selasa (3/9/2019). Logo tersebut ditampilkan di ruang publik di Qatar dan kota-kota besar seluruh dunia. (AP Photo/Pavel Golovkin)

Piala Dunia 2022 Qatar bisa disaksikan pecinta sepakbola di Tanah Air dengan mudah.

Pasalnya, Emtek Grup sebagai pemegang hak sial bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV dan live streaming Vidio. Juga di Nex Parabola dan Champions TV.

Berita-berita terbaru seputar turnamen akbar empat tahunan tersebut juga bisa didapatkan melalui bola.liputan6.com.

 

Infografis Stadion Piala Dunia 2022
Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya