11 Fakta Menarik Tentang Piala Dunia 2022 Qatar: Ajang Pertama Tanpa Ratu Elizabeth II

Piala Dunia termahal hingga tuan rumah paling ramah, inilah salah satu fakta menarik tentang Piala Dunia 2022 di Qatar. Ingin tahu lebih lengkapnya? Simak ulasan berikut.

oleh Fany Triany diperbarui 13 Okt 2022, 15:00 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2022, 15:00 WIB
Logo Piala Dunia 2022 Qatar
Warga berkumpul menyaksikan proyeksi logo resmi Piala Dunia 2022 yang ditampilkan di sebuah gedung di pasar tradisional Souq Waqif, ibu kota Qatar di Doha, Selasa (3/9/2019). Lambang itu juga diluncurkan secara serentak di 24 kota besar lainnya di seluruh dunia. (Photo by - / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi sepak bola paling bergengsi Piala Dunia akan diadakan di Timur Tengah untuk pertama kalinya dalam sejarah. Qatar adalah negara tuan rumah ajang tersebut.

Sebanyak 32 tim bakal berpartisipasi di turnamen yang berlangsung mulai 20 November hingga 18 Desember mendatang.

Tapi tahukah Anda, ada banyak hal yang membuat Piala Dunia Qatar menjadi kompetisi terunik dalam sejarah sepak bola? Mari lihat 11 fakta menarik dari Piala Dunia 2022, yang telah kami rangkum dari beberapa sumber:

1. Piala Dunia termahal

Fakta yang paling menarik perhatian tentang Piala Dunia 2022 mendatang di Qatar adalah jumlah uang yang dikeluarkan negara tuan rumah untuk persiapan ajang ini. Menurut perkiraan, Qatar menghabiskan 200 miliar dolar AS untuk proyek infrastruktur yang meliputi pembangunan stadion, jalan, hotel, dan sebagainya. Sebab itu, Piala Dunia Qatar menjadi salah satu kompetisi sepak bola termahal dalam sejarah.

2. Negara Asia kedua yang menjadi tuan rumah Piala Dunia

Pertandingan sepak bola dunia dikenal sebagai permainan yang didominasi oleh negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Mereka memiliki infrastruktur besar untuk turnamen besar yang biasanya disukai FIFA.

Kini Piala Dunia akan datang ke Asia untuk yang kedua kalinya. Sebab, pada tahun 2002, Korea Selatan dan Jepang juga pernah menjadi tuan rumah bagi acara bergengsi ini.


3. Pertama di Musim Dingin

Foto: Gelar Laga Uji Coba Resmi, Iconic Lusail Stadium sebagai Stadion Terbesar di Qatar Siap Gelar Piala Dunia 2022, Ini Profil Singkatnya
Kurang lebih 3 bulan lagi putaran final Piala Dunia 2022 Qatar akan dimulai. Iconic Lusail Stadium terpilih sebagai venue pembuka dan penutup ajang pesta akbar sepak bola 4 tahunan sejagat ini. Tak salah jika Iconic Lusail Stadium terpilih dalam dua laga tersebut dan beberapa laga lainnya karena menjadi stadion terbesar dari 8 stadion yang digunakan di Qatar nanti. Mau tahu seperti apa suasana Iconic Lusail Stadium yang telah menggelar laga uji coba resmi tersebut? Berikut profil singkatnya. (AFP/Mustafa Abumunes)

3. Piala Dunia pertama yang diadakan di musim dingin

Ada begitu banyak kebingungan di antara para penggemar sepak bola selama awal tahun 2022. Piala Dunia kerap mengalokasikan slot dari Juni hingga Juli. Namun, kali ini, Piala Dunia akan digelar pada November dan Desember. Kenapa? Karena fakor cuaca yang tidak memungkinkan.

Qatar adalah negara yang biasanya dihantam gelombang panas pada bulan Juni dan Juli. Suhu bisa mencapai 40 hingga 50 derajat selama periode tersebut. Jadi, demi membuat pertandingan berjalan dengan baik dan kondisi pemain tetap prima, Piala Dunia Qatar dijadwal ulang ke November dan Desember. Dengan iklim lebih bersahabat, diharapkan Piala Dunia berlangsung sukses.

4. Tuan rumah pertama yang belum pernah bermain di Piala Dunia sebelumnya

Minat akan sepak bola di Qatar menunjukkan angka yang cukup tinggi. Qatar mendirikan asosiasi sepak bola sekaligus menjadi anggota FIFA pada tahun 1963. Sejak itu, Qatar berusaha untuk lolos ke Piala Dunia, namun tetap gagal.

Dengan menjadi tuan rumah Piala Dunia, Qatar otomatis lolos ke Piala Dunia 2022. Sebab itulah, Qatar akan menjadi negara tuan rumah pertama yang belum pernah bermain di Piala Dunia sebelumnya.


5. Jumlah stadion paling sedikit untuk gelar Piala Dunia

Piala Dunia 2022
FIFA resmi meluncurkan logo Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar, Selasa (3/9/2019). (AFP).

5. Jumlah stadion paling sedikit untuk gelar Piala Dunia

Fakta unik lainnya tentang Piala Dunia mendatang di Qatar adalah jumlah stadion. Hanya delapan venue yang disiapkan Qatar untuk menjadi tuan rumah turnamen 2022, yang merupakan jumlah terendah untuk Piala Dunia dalam beberapa tahun terakhir.

Faktanya, dari delapan venue yang dipilih untuk menjadi tuan rumah turnamen, hanya satu yang direnovasi total. Sementara tujuh lainnya dibangun dari awal.

6. Piala Dunia paling ringkas yang pernah ada

Sebanyak delapan stadion di Qatar berada dalam radius 60 kilometer. Ini menjadikannya sebagai lokasi Piala Dunia paling sempit yang pernah ada.

Para penggemar dapat mencapai dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu kurang dari 90 menit. 


7. Stadion sepak bola di Qatar akan dilengkapi dengan AC terpusat

Foto: Gelar Laga Uji Coba Resmi, Iconic Lusail Stadium sebagai Stadion Terbesar di Qatar Siap Gelar Piala Dunia 2022, Ini Profil Singkatnya
Pembangunan Iconic Lusail Stadium dimulai pada 11 April 2017 dan rampung pada April 2021 lalu dan resmi dibuka pada 23 November 2021. (AFP/Mustafa Abumunes)

7. Stadion di Qatar dilengkapi dengan AC terpusat

Fakta unik selanjutnya yang paling banyak dibicarakan dari Piala Dunia Qatar adalah suhunya yang tinggi di siang hari. Untuk mengatasi itu, Qatar telah melengkapi seluruh stadion dengan AC yang terpusat. Ini akan memberi penonton dan pemain pengalamanyang belum pernah terjadi sebelumnya.

8. Jumlah pengunjung

Seperti dilansir dari fifaworldcupmania.com, Piala Dunia 2022 akan mengukir rekor jumlah pengunjung di akhir kompetisi. Namun, bisa diperkirakan akan ada lebih dari 1,5 juta penonton dari seluruh dunia akan memasuki Qatar selama Piala Dunia FIFA.

Lokasi geografis Qatar yang mudah diakses oleh banyak negara menjadi salah satu alasan mengapa turnamen kali ini memiliki jumlah pengunjung yang besar. Selain itu, visa bisa didapatkan dengan mudah dan harga tiket pesawat yang terbilang murah.


9. Jembatan kesenjangan budaya antara Eropa dan Timur Tengah

Piala Dunia 2022
Pemerintah Qatar tetap menyediakan minuman beralkohol dan memperbolehkan suporter yang merupakan kaum LGBT untuk menyaksikan Piala Dunia 2022. (AFP/Jamel Samad)

9. Jembatan kesenjangan budaya antara Eropa dan Timur Tengah

Piala Dunia kali ini diharapkan dapat menjembatani kesenjangan budaya antara Timur Tengah dan Eropa. Dampak dari Piala Dunia diperkirakan akan terlihat setelah kompetisi berakhir. Baik FIFA maupun Qatar mengharapkan hasil positif dari turnamen tersebut.

10. Piala Dunia pertama tanpa Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II lahir pada tahun 1926 dan Piala Dunia FIFA dimulai pada 1930. Ratu memiliki hubungan dekat dengan Piala Dunia karena selalu ada sejak pertama kali bergulir. Setelah Ratu Elizabeth II wafat pada 8 September 2022, maka kompetisi di Qatar menjadi Piala Dunia pertama tanpa Ratu Elizabeth II.

11. Tuan rumah Piala Dunia dengan penduduk paling ramah

Qatar sangat dikenal dengan keramahan budaya Arab yang murah hati dan terus mengesankan para pendatang. Setiap hotel, taman umum, atau bahkan pusat perbelanjaan di Qatar telah dirancang dengan mengutamakan kenyaman dan kemudahan.

Mengenai Piala Dunia 2022, para penggemar sepak bola atau pengunjung akan menerima keramahan yang begitu besar selama turnamen berlangsung. Bagaimana, tertarik nonton pertandingan Piala Dunia langsung di Qatar?

Infografis Piala Dunia 2022
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya