Keseringan Berulah, Cristiano Ronaldo Bakal Dilepas MU pada Januari?

MU kabarnya tengah mempertimbangkan rencana untuk melepas Cristiano Ronaldo pada jendela transfer Januari. Mereka bahkan tak keberatan memutus kontrak CR7, jika sang megabintang asal Portugal tidak laku dijual.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 21 Okt 2022, 13:30 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2022, 13:30 WIB
Cristiano Ronaldo - Manchester United - MU - 6 Oktober 2022
Bintang Manchester United Cristiano Ronaldo tampak kecewa setelah melewatkan sejumlah peluang dalam laga Grup E Liga Europa melawan Omonia di Stadion GSP, Nicosia, Kamis, 6 Oktober 2022. MU menang 3-2. (AP Photo/Maria Karadjias)

Liputan6.com, Jakarta Raksasa Liga Inggris Manchester United (MU) dilaporkan siap untuk melepas Cristiano Ronaldo pada jendela transfer Januari. Setan Merah bahkan tak keberatan membiarkannya pergi secara gratis, jika sang megabintang asal Portugal tidak laku dijual.

Ronaldo memang belakangan kerap dilanda masalah. Tak hanya gagal memberi sumbangan gol signifikan bagi MU, eks pemain Real Madrid itu juga berulah kala MU menang 2–0 atas Tottenham Hotspur dalam laga lanjutan Liga Inggris pada Kamis (20/10/2022).

CR7 ngacir lebih dulu, meski rekan-rekan setimnya masih berlaga di lapangan. Keputusan Erik ten Hag untuk tak menurunkannya sama sekali dalam pertandingan tersebut nampaknya membuat Ronaldo ngambek.

Ia enggan merayakan kemenangan bersama skuad MU. Ronaldo pun memilih meninggalkan bangku cadangan dan masuk ke ruang ganti pada menit 89, dua menit setelah manajer MU memainkan penggawa muda Anthony Elanga.

Aksi itu sontak membuat pesepak bola berusia 37 tahun mendapat tindakan tegas dari pelatih serta klubnya. Ronaldo dicoret dari skuad Setan Merah jelang laga melawan Chelsea pada Sabtu (22/10/2022) pukul 23.30 WIB.

CR7 juga tak diizinkan berlatih di tim utama untuk sementara waktu. Laporan menyebut sang pemain harus menjalani latihan terpisah selama tiga hari setelah kejadian. Lebih lanjut, MU kabarnya memberi denda berupa potongan gaji dua pekan.

Tindakan tak terpuji Ronaldo pun kemungkinan bakal berdampak buat masa depannya. Dilansir dari Metro, laporan yang beredar menyebut MU saat ini tengah mempertimbangkan rencana untuk mengurangi kerugian mereka akibat CR7.

Pemberitaan The i mengeklaim Setan Merah siap membatalkan kontrak Ronaldo di Old Trafford, jika agennya Jorge Mendes tak mampu menemukan klub baru bagi sang pemain pada jendela transfer Januari mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Performa Buruk

Foto: Frustrasinya Cristiano Ronaldo saat Gagal Cetak Gol ke-700 saat MU Hanya Menang Tipis atas Omonia di Liga Europa
Beberapa peluang didapat saat Manchester United telah unggul 2-1. Di antaranya adalah saat ia menerima umpan Christian Eriksen, namun sepakannya masih melambung tinggi di atas mistar gawang Omonia Nicosia yang dikawal Fabiano. (AP/Petros Karadjias)

Di musim 2022/2023, Ronaldo bukan lagi pilihan utama. Manajer MU Erik ten Hag lebih suka memainkan Marcus Rashford sebagai penyerang tengah. Anthony Martial juga lebih dipercaya oleh pria asal Belanda ketimbang CR7.

Kinerja Ronaldo memang sangat buruk musim ini. Ia baru membuat dua gol di semua kompetisi. Dalam dua laga terakhir sebelum melawan Tottenham, Ronaldo sempat dipercaya turun sebagai starter kala melawan Omonia dan Newcastle United, tetapi hasilnya malah mandul.

Situasi itu jelas tak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan MU untuk sang pemain. CR7 memiliki besaran gaji yang tak sedikit di Old Trafford. Setan Merah juga sebelumnya harus merogoh kocek 15 juta euro ditambah 8 juta euro demi memboyong Ronaldo dari Juventus.


Bukan Kali Pertama

Cristiano Ronaldo - Manchester United
Reaksi bintang Manchester United atau MU Cristiano Ronaldo pada akhir pertandingan Liga Inggris melawan Everton di Old Trafford, Sabtu, 2 Oktober 2021. Pertandingan berakhir 1-1. (AP Photo/Dave Thompson)

Ini bukanlah kali pertama Ronaldo dikaitkan dengan pintu keluar MU. CR7 sempat dikabarkan ingin cabut dari Setan Merah pada awal Juli lalu.

Keinginan Ronaldo untuk pindah diduga kuat dipicu oleh kegagalan MU tembus ke Liga Champions. Pemain internasional Portugal itu nampaknya ogah jika dirinya hanya mentas di kompetisi kasta kedua sekelas Liga Europa.

Sayangnya, CR7 kesulitan menemukan klub besar baru yang mau menampungnya. Chelsea, Paris-Saint Germain (PSG), AC Milan, hingga Bayern Munchen tak tergoda memboyong Ronaldo ke markas masing-masing, walau sudah disodorkan oleh Mendes.

Alhasil, eks pemain Juventus kembali bertahan dengan Manchester United, dan malah menjadi cadangan mati di bawah era pemerintahan Erik ten Hag.


Pengganti Ronaldo

Victor Osimhen - Napoli
Striker Napoli Victor Osimhen menjadi salah satu kandidat pengganti Cristiano Ronaldo di Old Trafford. (Tiziana FABI / AFP)

Menurut La Repubblica, MU sebenarnya sudah ingin mendatangkan Victor Osimhen sebagai pengganti Ronaldo pada bursa transfer musim panas kemarin. Akan tetapi, Setan Merah gagal mencapai kesepakatan dengan Napoli soal biaya transfer.

Pemain timnas Nigeria juga diklaim kurang tertarik untuk pindah ke Old Trafford. Kendati demikian, juara Liga Inggris 20 kali belum menyerah. Setan Merah konon bersiap untuk balik mengejar Osimhen pada bursa transfer musim panas 2023.

Laporan La Repubblica menyebut bahwa MU ingin mempercayakan striker berusia 23 tahun tersebut untuk menjadi suksesor CR7 dalam skuad asuhan Erik ten Hag.


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya