3 Pemain Kunci Kroasia Menuju Perempat Final Piala Dunia 2022: Kiper Jaga Tradisi

Dominik Livakovic tercatat sebagai kiper ketiga yang mampu melakukan tiga penyelamatan dalam satu adu penalti di Piala Dunia 2022.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 07 Des 2022, 20:50 WIB
Diterbitkan 07 Des 2022, 15:15 WIB
Timnas Jepang vs Timnas Kroasia 16 Besar Piala Dunia 2022
Kiper Kroasia, Dominik Livakovic sukses menggagalkan penalti yang dilesatkan oleh Takumi Minamino pada laga 16 besar Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al-Janoub Stadium, Senin (05/12/2022). (AFP/Ozan Kose)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Kroasia berhasil melangkah ke babak perempat final Piala Dunia 2022. Blazers melaju setelah mengalahkan Jepang 3-1 (0-0) lewat adu penalti di Al Janoub Stadium, Selasa malam (6/12/2022). 

Perjalanan timnas Kroasia menuju babak delapan besar tidak lepas dari ketangguhan penjaga gawang Dominik Livakovic. Kiper Dynamo Zagreb tersebut terbukti sangat tangguh di bawah mistar Kroasia.

Sosok Livakovic memang tak tergantikan skuad Kroasia. Sejak pertandingan pertama di fase grup Piala Dunia 2022, pelatih, Zlatko Dalic tidak pernah mengubah pilihannya di sektor penjaga gawang. 

Sejauh ini, Livakovic berhasil menjawab kepercayaan itu. Pria berusia 27 tahun itu baru kebobolan 2 gol. Puncak penampilan gemilang Livakovic tersaji pada laga melawan Jepang di babak 16 besar.

Setelah sempat keboboan 1 gol di babak normal, Livakovic menjadi bintang kemenangn Kroasia saat adu penalti dengan melakukan tiga penyelamatan gemilang. Kroasia berhasil memaksa Samurai Biru memasuki babak tostosan setelah Ivan Perisic berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-55 dan mempertahankan skor imbang 1-1 tersebut hingga perpanjangan waktu usai. 

Pada babak adu penalti, Livakovic berhasil membendung tendangan Maya Yoshida, Kaoru Mitoma, dan Takumi Minamino. Sementara satu-satunya gol Jepang dipersembahkan oleh Takuama Asano. 

Kroasia akhirnya menang 3-1 setelah tiga dari empat penendangnya berhasil mencetak skor. 

 

 

 


Jaga Tradisi

Timnas Jepang vs Timnas Kroasia 16 Besar Piala Dunia 2022
Kiper Kroasia, Dominik Livakovic melakukan penyelamatan saat penalti melawan Jepang pada laga 16 besar Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al-Janoub Stadium, Senin (05/12/2022). (AFP/Andrej Isakovic)

Menurut catatan Opta, Livakovic menjadi penjaga gawang ketiga sepanjang sejarah Piala Dunia yang berhasil melakukan tiga penyelamatan dalam satu babak adu penalti. Menariknya, aksi yang sama juga pernah dilakukan kiper Kroasia sebelumnya, Danijel Subasic saat bertemu Denmark di Piala Dunia 2018. Saat itu, Subasic juga mampu membendung tembakan tiga algojo Tim Dinamit. 

Sementara satu nama lagi adalah kiper Portugal, Ricardo saat bertemu Inggris tahun 2006. 

 


Kunci Pertahanan Solid

Timnas Kroasia vs Timnas Belgia Grup F Piala Dunia 2022
Reaksi gembira pemain Kroasia, Luka Modric (kanan) dan Dejan Lovren setalah timnya berhasil lolos ke babak 16 besar saat matchday ketiga Grup F Piala Dunia 2022 melawan Belgia di Ahmad Bin Ali Stadium, Kamis (01/12/2022). (AP/Luca Bruno)

Selain Livakovic, pemain yang menonjol dalam perjalanan Kroasia menuju perempat final adalah Luka Modric. Pemain veteran yang ikut mengantar Kroasia ke final Piala Dunia 2018 itu punya mental dan ketenangan yang luar biasa. Tidak hanya piawai dalam membangun serangan dan mengatur ritme pertandingan, pemain Real Madrid tersebut juga memiliki tendangan yang keras dan akurat.

Di lini tengah, Kroasia juga punya Marcelo Brozovic. Pemain Inter Milan itu merupakan gelandang pekerja keras yang sangat berperan dalam memutus alur serangan lawan ke pertahanan.  

Pertahanan yang solid bakal dibutuhkan Kroasia saat menghadapi perempat final nanti. Bagaimana tidak, di babak 8 besar, Blazers akan berhadapan dengan Brasil yang sangat agresif. Sebelum bertemu Kroasia, Brasil mebuktikan ketajamannya dengan mengalahkan Korea Selatan 4-1 di babak 16 besar. 

 


Jadwal Pertandingan

Pertandigan Kroasia vs Brasil akan berlangsung di Education City Stadium, Jumat (9/12/2022). Duel ini juga bisa disaksikan secara langsung lewat tayangan di SCTV, Indosiar, NEX Parabola, dan Vidio. 

 

Infografis Jadwal 8 Besar Piala Dunia 2022 Qatar, Babak Perempat Final
Infografis Jadwal 8 Besar Piala Dunia 2022 Qatar, Babak Perempat Final (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya