Reaksi Ketus Descamps soal Rumor Benzema Main untuk Prancis di Final Piala Dunia 2022

Keberhasilan Prancis lolos ke partai final Piala Dunia 2022 memunculkan rumor akan kembalinya Karim Benzema

oleh Muhammad Yanto diperbarui 15 Des 2022, 14:30 WIB
Diterbitkan 15 Des 2022, 14:30 WIB
Mendarat di Qatar, Prancis Siap Berlaga untuk Piala Dunia 2022
Pemain Timnas Prancis Karim Benzema bersama rekan satu timnya tiba di Bandara Internasional Hamad, Doha, Qatar, 16 November 2022. Prancis akan memainkan pertandingan pertama mereka di Piala Dunia 2022 melawan Australia pada 22 November. (AP Photo/Hassan Ammar)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Prancis melaju ke partai final Piala Dunia 2022 setelah menghentikan dongeng tim kuda hitam Maroko.

Prancis menang 2-0 pada babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Di final, Prancis akan bertemu Argentina pada 18 Desember 2022. Sedangkan Maroko akan bersua Kroasia di perebutan tempat ketiga.

Keberhasilan Prancis lolos ke partai final Piala Dunia 2022 memunculkan rumor akan kembalinya Karim Benzema ke dalam skuad. Kehadiran Benzema dinilai bakal mebuat lini serang Prancis makin mengerikan.

Olivier Giroud telah menjalani yang bagus dengan mencetak empat gol. Tetapi dia mengalami malam yang buruk melawan Maroko karena melewatkan dua peluang bagus untuk membuat timnya unggul di babak pertama.

Giroud kemudian digantikan oleh Marcus Thuram setelah bermain 65 menit. Sang pemain pengganti memberikan energi ekstra untuk Prancis di sisi kiri. Sementara Kylian Mbappe terus menjadi ancaman bermain di tengah.

Benzema, sementara itu, harus meninggalkan Qatar menjelang Piala Dunia 2022 dimulai karena cedera.

Namun, namanya tidak diganti dalam skuad, dan Benzema kini telah kembali berlatih penuh bersama Real Madrid.

Secara teori, tidak ada larangan peraih penghargaan Ballon d'Or itu untuk tampil di partai final. Karena namanya masih tercatat dalam skuad les Bleus.

Lantas, akankah Descamps memanggil mesin gol Real Madrid itu untuk membantu timnya memenangkan gelar Piala Dunia?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jawaban Deschamps

Didier Deschamps
Didier Deschamps bakal mendapatkan kontrak baru setelah mampu menjawab tantangan dari Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) karena membantu Timnas Prancis lolos ke semifinal Piala Dunia 2022. (AFP/Anne-Christine POUJOULAT)

Tapi Deschamps menolak untuk menjawab pertanyaan tentang kemungkinan Karim Benzema bergabung kembali dengan skuad Prancis.

"Saya lebih baik menjawab pertanyaan selanjutnya karena hal ini tidak pernah saya pikirkan," kata Deschamps seperti dilansir dari Metro.

"Wartawan justru jadi pihak yang lebih tahu tentang masalah ini dari cara kalian berbicara," ujar Deschamps menambahkan.


Ikuti Jejak Brasil

Timnas Prancis Vs Timnas Maroko Semifinal Piala Dunia 2022
Pemain Prancis, Theo Hernandez (kiri kedua) melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Maroko saat laga semifinal Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Qatar, Rabu (14/12/2022) waktu setempat. (AP Photo/Christophe Ena)

Di sisi lain, lolosnya Prancis ke final Piala Dunia 2022 membuat mereka mengikuti jejak Brasil.

Tim Samba menjadi juara bertahan terakhir yang bisa lolos ke final pada 1998. Sayangnya ketika itu Brasil dikalahkan Prancis 0-3 sehingga gagal mempertahankan gelar.

Rekor Brasil lain yang disamai Prancis di Piala Dunia 2022 adalah lolos ke final dua kali beruntun. Brasil menjadi negara terakhir yang bisa melakukannya di 2002.

Menurut catatan Opta, Prancis juga menjadi negara Eropa pertama yang bisa ke final Piala Dunia dua kali beruntun usai Jerman pada tahun 1990.

Total ada enam negara yang bisa berturut-turut ke final Piala Dunia. Selain Prancis dan Brasil, ada Jerman, Belanda, Argentina dan Italia.


Rekor

Timnas Prancis Vs Timnas Maroko Semifinal Piala Dunia 2022
Pemain Prancis, Theo Hernandez (kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Maroko saat laga semifinal Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Qatar, Rabu (14/12/2022) waktu setempat. (AP Photo/Christophe Ena)

Rekor juara bertahan masuk final edisi selanjutnya saat ini imbang 2-2. Italia dan Brasil mampu dua kali beruntun jadi juara di pada 1934-1938 dan 1958-1962.

Akan tetapi pada dua edisi terakhir juara bertahan lolos ke final selalu berakhir dengan kegagalan mempertahankan gelar. Argentina di tahun 1990 dan Brasil pada Piala Dunia 1998.

Argentina sendiri sehari sebelumnya sudah mengamankan tiket ke final Piala Dunia 2022 usai menghajar Kroasia tiga gol tanpa balas berkat sepasang gol Julian Alvarez dan penalti Lionel Messi.

 

Infografis Head to Head Prancis vs Maroko di Semifinal Piala Dunia 2022
Infografis Head to Head Prancis vs Maroko di Semifinal Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya