Tim Jawa Barat Tampil Sebagai Juara Umum Kejuaraan Nasional Taekwondo 2022

Prestasi taekwondo Jabar tidak lepas dari pola pembinaan yang telah dibangun ketua umum Taekwondo sebelumnya, Benny R. Gautama.

oleh AY Yustiawan diperbarui 20 Des 2022, 23:00 WIB
Diterbitkan 20 Des 2022, 23:00 WIB
Taekwondo
Tim Jawa Barat Tampil Sebagai Juara Umum Kejuaraan Nasional Taekwondo 2022

Liputan6.com, Jakarta Tim taekwondo Jawa Barat berhasil mempertahankan predikat terbaik di Indonesia setelah tampil sebagai juara umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Taekwondo 2022 di Tangerang Banten, 15-17 Desember.

Dengan kekuatan mayoritas atlet muka baru hasil pantauan dari penyelenggaraan Porprov Jabar 2022 November lalu, Jabar meraih 13 medali emas, dua perak, dan tiga perunggu.

“Alhamdulillah, para atlet taekwondo Jabar masih bisa memberikan yang terbaik di tingkat nasional. Sekitar 90 persen, atlet yang meraih medali di Porprov dan hasil pemantuan bidang binpres TI Jabar,” kata Ketua TI Jabar periode 2022-2026, Divie, di Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

Divie mengatakan prestasi taekwondo Jabar ini tidak lepas dari pola pembinaan yang telah dibangun oleh ketua umum Taekwondo sebelumnya, Benny R. Gautama selama dua periode atau delapan tahun.

“Jadi kami sebagai pengurus baru, tinggal melanjutkan program-program sebelumnya yang dibangun pak Benny. Dan saya bangga anak-anak kembali juara umum di Kejurnas tahun ini," imbuh Divie.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pelatnas

Taekwondo
Tim Jawa Barat Tampil Sebagai Juara Umum Kejuaraan Nasional Taekwondo 2022/Ist

Pada kejurnas ini, lanjut Divie atlet senior Jabar tidak diikusertakan karena masih mengikuti program pelatnas. Atlet yang tampil di kejurnas ini melakukan latihan intensitas di Gedung KONI Jabar selama dua pekan, sejak 1 Desember lalu.

“Untuk babak kualifikasi PON di Sumatera Utara dan Aceh, yang akan digelar 2023 nanti, kami sudah memiliki bahan atlet cukup bagus," kata Divie.

"Namun, atlet yang meraih prestasi di kejurnas ini, belum ada satupun yang aman bisa masuk tim Jabar karena proses seleksi ke depan makin ketat. Mereka harus bisa meningkatkan kemampuannya lagi,” tambah Divie.

Sementara itu, pelatih kepala tim taekwondo Jabar, Bayu Primansyah mengatakan dari kejurnas ini, pihaknya bisa memantau kesiapan atlet daerah lain dalam persiapan menghadapi babak kualifikasi PON nanti.

“Setidaknya saya sudah ada gambaran peta kekuatan di daerah-daerah lain,” ujarnya.*


Peraih Medali

Ilustrasi olahraga taekwondo
Ilustrasi olahraga taekwondo. (Photo by Uriel Soberanes on Unsplash)

Berikut peraih medali emas kelompok Kyorugi:

Putra:1. Adam Yazid Ferdyansyah (Depok) kelas U-74 kg2. Adhetian Setya Putra (Kab. Bogor) kelas U-87 kg3. Muhamad Iqbal Pakih (Depok) kelas U-58 kg

Putri:1. Maharani Binar (Ciamis) kelas U-46 kg2. Dhean Titania Fajrin (Subang) U-57 kg3. Fahira Febriana (Kab. Bogor) kelas +73 kg

Kelompok Poomsae:Individu putra:- M Alfi Kusuma (Kota Bandung)

Individu putri:- Rachmania Gunawan Putri (Kota Bandung)

Beregu putra:1. Muhammad Rizal (Kota Bogor)2. M. Alfi Kusuma (Kota Bandung)3. Muhammad Ramadhan (Kota Bandung)

Beregu putri:1. Noverentiwi Ramadhanifa (Kota Bogor)2. Maheswari Enesia Irianto (Kota Bogor)3. Avisa Nabila (Kota Bandung)

Kelompok Freestyle:Putra: Wawan Saputra (Kota Bogor)Putri: Naylana Khansa Janeeta (Kota Bogor/ekshibisi)

*Medali perakKyorugi putra:Khaerullah (Kab. Bogor) U-54 kg

Putri:Nurul Nadia (Kota Bogor) U-49 kg

*Perunggu:Kyorugi putra:1. M. Arfan Baihaqi (Kota Bandung) U-63 kg2. Zuhdan Alghieftary (Kota Bogor) +87

Putri:1. Asmawati (Subang) U-73 kg

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya