Pawai Kemenangan Diikuti 4 Juta Fans Berakhir Kacau, Timnas Argentina Dievakuasi dengan Helikopter

Kebahagiaan meraih juara Piala Dunia 2022 ditunjukkan oleh rakyat Argentina dengan pawai fantastis, diikuti 4 juta warga yang sayangnya berakhir chaos dan mengakibatkan korban jiwa serta luka-luka

oleh Yo Kavya diperbarui 21 Des 2022, 19:00 WIB
Diterbitkan 21 Des 2022, 19:00 WIB
Foto: Melihat Lautan Manusia saat Timnas Argentina Gelar Parade Juara Piala Dunia
Pemain Timnas Argentina menggunakan bus saat merayakan keberhasilan mereka menjuarai Piala Dunia dengan menggelar parade keliling kota Buenos Aires, Selasa (20/12/2020). (AFP/Tomas Cuesta)

Liputan6.com, Buenos Aires- Sambutan rakyat Argentina terhadap tim nasionalnya yang menjadi juara Piala Dunia 2022 sangat luar biasa. Sebanyak 4 juta warga turun ke jalan-jalan Buenos Aires untuk merayakan keberhasilan La Albiceleste meraih gelar ketiga di Piala Dunia untuk ketiga kalinya.

Para pemain berpawai dengan menggunakan bus dengan atap terbuka, yang dimulai Selasa (20/12/2022) pukul 11.45 waktu setempat. Pawai itu semula dijadwalkan finis di monumen Obelisk, salah satu tempat yang monumental di Buenos Aires. Direncanakan pawai itu akan berlangsung selama delapan jam.

Tim telah tiba pada dini hari Selasa di bandara Ezeiza. Meskipun saat itu sekitar pukul 03.00 waktu setempat (06.00 GMT), ribuan orang menunggu dengan membawa spanduk, bendera, dan suar dan melolong kegirangan setelah Messi dan rekan satu timnya mengakhiri penantian 36 tahun negara itu untuk memenangkan Piala Dunia.

Sekitar tengah hari, jutaan orang telah berkumpul di pusat kota Buenos Aires, dengan jalan-jalan utama ditutup untuk pawai. Orang-orang mengangkat spanduk Messi dan mendiang ikon Diego Maradona, memainkan alat musik atau memanjat tiang lampu atau halte bus.

Saat bus atap terbuka meliuk-liuk melintasi kota, para pemain menari dan bersorak bersama para penggemar yang mengelilingi bus. Polisi harus menahan orang-orang agar kendaraan dapat bergerak maju dalam perjalanannya yang lambat menuju pusat kota.

Tapi akhirnya bus terbuka itu tidak bisa melangkah lebih jauh. Antusiasme rakyat Argentina begitu mencengangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Helikopter

Foto: Melihat Lautan Manusia saat Timnas Argentina Gelar Parade Juara Piala Dunia
Suporter Timnas Argentina merayakan keberhasilan Lionel Messi dan kawan-kawan menjadi juara Piala Dunia di kota Buenos Aires, Selasa (20/12/2020). (AP Photo/Matilde Campodonico)

Salah satu rekaman video yang beredar di media sosial menunjukkan dua suporter nekat lompat ke atas bus atap terbuka. Momen tersebut terjadi ketika bus rombongan hendak memasuki terowongan di bawah jembatan, lalu keduanya nekat melompat dari atas jembatan agar masuk ke dalam bus.

Dalam rekaman lainnya terlihat adanya supporter yang memanjat lampu lalu lintas, tiang lampu penerangan jalan dan halte bus agar bisa leluasa melihat dari dekat para pahlawannya itu.

Melihat situasi yang chaos itu, polisi federal Argentina akhirnya membatalkan perayaan dengan alasan keamanan setelah sejumlah suporter mencoba melompat ke atas bus rombongan tim.

Polisi kemudian mengubah rute bus ke Parque Roca, sebuah taman di pusat kota, dan menjemput pemain dengan helikopter.

"Tim juara dunia terbang melewati seluruh rute menggunakan helikopter karena tidak mungkin untuk melanjutkannya di darat melihat ledakan kegembiraan dari masyarakat," tulis juru bicara kepresidenan, Gabriel Cerrutti di Twitter.

"Mari merayakan dengan damai dan tunjukkan rasa cinta dan kekaguman kita kepada mereka."


Gila

Argentina Selebrasi Juara Piala Dunia 2022
Para pemain Argentina merayakan keberhasilan memenangi gelar juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis melalui adu tendangan penalti dalam laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Dalam unggahan di Instagram ESPN, Lionel Messi dan kawan-kawan tampak menyelesaikan pawai juara ini dengan menggunakan helikopter. Mereka memandangi lautan manusia di jalanan dari helikopter.

Tayangan televisi menunjukkan orang-orang di seluruh kota, termasuk mereka yang menunggu di sekitar Obelisco dan di jalan raya sekitarnya mencoba melihat sekilas juara mereka yang kembali.

"Ini gila, luar biasa, ini hal terbaik yang bisa terjadi pada Anda dalam hidup," kata pekerja logam berusia 25 tahun, Matias Gomez.

"Merupakan kegembiraan yang luar biasa melihat semua orang bahagia ini, bersama-sama, satu dengan yang lain, berpegangan tangan, saling berpelukan, berciuman. Kita semua satu hari ini."

Jalan-jalan mulai dibersihkan setelah para pemain terbang ke langit dengan helikopter, dengan beberapa orang kecewa karena tidak melihat tim kesayangannya.

 


Penghormatan

Lautan Manusia di Buenos Aires Rayakan Kemenangan Argentina pada Piala Dunia 2022
Suporter merayakan kemenangan timnas sepak bola Argentina atas Prancis pada pertandingan final Piala Dunia Qatar 2022 di Buenos Aires, Argentina, 18 Desember 2022. Argentina menang 4-2 dalam drama adu penalti setelah pertandingan berakhir imbang dengan skor 3-3. (AP Photo/Matilde Campodonico)

Pemerintah menjadikan hari Selasa sebagai hari libur nasional untuk memungkinkan para penggemar merayakan kemenangan.

"Saya merayakan bagaimana orang-orang turun ke jalan untuk memberi penghormatan kepada tim nasional kami," kata Presiden Alberto Fernandez dalam sebuah posting di Twitter. "Jutaan orang Argentina di jalan-jalan, di bulan Desember yang tidak biasa, yang akan tetap ada selamanya di hati kami."

Sangat terasa terasa seluruh negeri telah berpesta sepanjang malam dari hari Minggu. Kegembiraan kemenangan menjangkiti setiap orang dengan mobil yang secara teratur membunyikan klakson mereka dalam perayaan.

Ada orang-orang yang tergeletak di lantai yang datang langsung dari pesta terakhir untuk bangun dan terus berpesta," kata Elio Maisares, 25, saat dia merayakan di kota di mana semua orang dan segala sesuatunya ditutupi dengan warna putih-biru dari Albiceleste.

"Lihat saja semua ini, lihat semua yang dicat biru muda dan putih. Di sepanjang jalan, jalan raya, semua orang mendukung Argentina," katanya.

"Sangat mengesankan, unik, cara menangis yang luar biasa. Saya menangis pagi ini, kemarin, lusa, saya tidak bisa menangis lagi, ini luar biasa!"

Buntut dari chaos perayaan kemenangan Messi dan kawan-kawan membuat satu orang tewas dan seorang anak berusia lima tahun mengalami koma.

Dilansir dari Daily Mail, korban yang meninggal dunia di Fernandes Hospital, Buenos Aires itu  berusia 24 tahun. Ia tewas setelah mengalami cedera kepala.

Pihak kepolisian Buenos Aires telah merilis penyebab tewasnya satu suporter Argentina tersebut. Disebutkan korban jatuh dari atap plastik yang hancur karena melompat-lompat merayakan sukses La Albiceleste.

Sedangkan seorang bocah laki-laki berusia lima tahun juga mengalami koma karena mengalami cedera kepala serius.

Infografis Hujan Cuan Piala Dunia 2022
Infografis Hujan Cuan Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya