Hasil Liga Inggris: Hajar Fulham, Arsenal Masih Mantap di Puncak Klasemen Premier League

Arsenal sukses meraup poin penuh saat bertandang ke markas Fulham dalam laga pekan ke-27 Liga Inggris 2022/2023 yang dihelat di Craven Cottage, Minggu (12/3/2023). Pasukan Mikel Arteta berjaya dengan tiga gol tanpa balas.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 12 Mar 2023, 23:06 WIB
Diterbitkan 12 Mar 2023, 23:06 WIB
Fulham vs Arsenal di Liga Inggris
Gabriel Martinelli menjadi penyumbang angka bagi Arsenal yang mengantar timnya berjaya 3-0 atas Fulham dalam laga lanjutan Liga Inggris 2022/2023 yang dihelat di Craven Cottage pada Minggu (12/3/2023)(AP/Rui Vieira)

Liputan6.com, Jakarta - Arsenal kembali memetik kemenangan dalam laga pekan ke-27 Liga Inggris 2022/2023. Bertandang ke markas Fulham di Craven Cottage, Minggu (12/3/2023), pasukan Mikel Arteta berjaya dengan tiga gol tanpa balas.

Gabriel Magalhaes (’21), Gabriel Martinelli (’26), dan Martin Odegaard (‘45+1) kompak menyumbangkan angka bagi The Gunners di babak pertama. Sementara itu, tim tuan rumah sama sekali tak diberi kesempatan membobol jaring tamunya.

Hasil ini mengantar Arsenal masih mantap bertengger di puncak klasemen sementara Liga Inggris. The Gunners tercatat telah mengoleksi 66 poin dari 27 pertandingan, unggul lima angka dari Manchester City yang menghuni tempat kedua.

Arsenal memang tampil percaya diri sejak babak pertama. Mereka mendapat peluang melalui skema tendangan bebas di menit ke-9.

Gabriel Martinelli yang menerima bola mencoba mengirim umpan ke area pertahanan Fulham. Malang, tendangannya masih terlalu keras sehingga melambung menjauhi jaring.

Duo kesebelasan belum berhasil memecah kebuntuan hingga pertandingan memasuki menit ke-15. Tidak ada gol atau peluang terlalu berbahaya yang mampu diciptakan, baik oleh Fulham maupun Arsenal.

The Gunners nyaris mematahkan hati pendukung tuan rumah di menit 16. Umpan Gabriel Martinelli dari sisi kanan bidang pertahanan Fulham salah diantisipasi oleh Antonee Robinson. Bola malah mengenai kakinya dan masuk menembus gawang Bernd Leno.

Sayang, gol tersebut batal dihitung sebagai angka pertama bagi Arsenal. Wasit menganulirnya setelah melakukan pengecekan VAR lantaran Martinelli dianggap sudah lebih dulu berada dalam posisi offside.

The Gunners tak butuh waktu lama untuk bangkit. Hanya dalam lima menit, skuad racikan Mikel Arteta membobol sendiri gawang Fulham. Berawal dari sepak pojok Leandro Trossard, Gabriel menanduk bola yang gagal diamankan oleh kiper tuan rumah.

Nestapa Fulham kembali bertambah memasuki menit 26. Kali ini giliran Gabriel Martinelli yang menjadi aktor di balik gol kedua milik Arsenal. Ia menyundul bola di depan gawang usai menerima crossing dari Leandro Trossard.

Bernd Leno lagi-lagi gagal mencegah si kulit bundar melipir ke jaringnya. Alhasil, kedudukan sementara berubah menjadi 0-2 untuk keunggulan tim tamu.

Trossard berpeluang menambah torehan gol Arsenal di menit 37. Ia sanggup menembus lini pertahanan tuan rumah sebelum melepaskan tembakan dengan kaki kiri. Malang, upayanya kurang akurat. Bola melebar di sisi kiri gawang Fulham.

The Cottagers belum mampu membalas gempuran Arsenal di 5 menit akhir waktu normal babak pertama. Justru The Gunners yang makin mengukuhkan dominasinya dengan mencetak gol tambahan saat injury time.

Kerja sama apik Martinelli dan Trossard mampu dituntaskan dengan baik oleh Martin Odegaard di menit 45+2. Skor 0-3 untuk keunggulan Arsenal bertahan hingga turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua Fulham vs Arsenal

Leandro Trossard
Gelandang Arsenal, Leandro Trossard, berduel dengan gelandang Fulham, Harrison Reed, pada laga pekan ke-27 Premier League 2022/2023 yang berlangsung di Craven Cottage, Minggu (12/3/2023) malam WIB. (AFP/Adrian Dennis)

Fulham mencoba mengais kesempatan untuk mengikis ketertinggalan di babak kedua. Namun, tak ada gol yang mampu diciptakan hingga laga memasuki menit ke-60.

The Cottagers baru berhasil mendapat tembakan on target pertamanya di menit 69. Bobby Reid melepaskan tendangan tajam ke arah gawang Arsenal, tetapi masih mampu ditepis dengan baik oleh Aaron Ramsdale.

Rotasi akhirnya dilakukan oleh kubu The Gunners di menit 72. Sebanyak dua pemain ditarik keluar oleh Arteta. Reiss Nelson masuk menggantikan Bukayo Saka. Sementara itu, posisi Oleksandr Zinchenko diambil alih oleh Kieran Tierney.

Beberapa menit berselang, giliran Gabriel Jesus yang kembali diberi menit bermain oleh sang pelatih. Pemain internasional Brasil diturunkan dari bangku cadangan sebagai pengganti Leandro Trossard, setelah sempat lama absen akibat cedera di Piala Dunia 2022.

Fabio Vieira dan Takehiro Tomiyasu juga ikut dikirim ke lapangan hijau. Keduanya ditukar dengan Gabriel Martinelli dan Ben White yang telah bermain sejak menit pertama.

Tak ada perubahan terlalu signifikan yang terjadi pasca rotasi Arsenal. The Gunners, yang sudah berada dalam posisi cukup aman, tidak terlalu banyak membangun ruang untuk mencetak gol tambahan.

Di sisi lain, Fulham berada di situasi yang kian tertekan. Tim tuan rumah masih ompong mendekati pengujung babak kedua. The Cottagers tak kunjung mampu membongkar pertahanan tamunya hingga lima menit akhir pertandingan waktu normal.

Anak-anak asuh Marco Silva kehabisan waktu. Mereka mau tak mau harus mengakui keunggulan Arsenal usai dipaksa tunduk 0-3 sampai wasit meniupkan peluit panjang.


Susunan Pemain Fulham vs Arsenal di Liga Inggris

Martin Odegaard
Gelandang Arsenal, Martin Odegaard, mendapatkan pengawalan ketat dari gelandang Fulham, Sasa Lukic, pada laga pekan ke-27 Premier League 2022/2023 yang berlangsung di Craven Cottage, Minggu (12/3/2023) malam WIB. (AFP/Adrian Dennis)

Fulham: Bernd Leno; Kenny Tete, Tosin Adarabioyo, Tim Ream, Antonee Robinson; Harrison Reed, Sasa Lukic; Bobby Decordova-Reid, Andreas Pereira, Manor Solomon; Aleksandar Mitrovic

Arsenal: Aaron Ramsdale; Ben White, William Saliba, Gabriel Magalhaes, Oleksandr Zinchenko; Martin Odegaard, Thomas Partey, Granit Xhaka; Bukayo Saka, Leandro Trossard, Gabriel Martinelli


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya