Kualifikasi Euro 2024: Belanda Bangkit, Prancis Menang Lagi

Belanda meraih kemenangan pertamanya di Kualifikasi Euro 2024. Belanda menghajar Gibraltar.

oleh Thomas diperbarui 28 Mar 2023, 05:16 WIB
Diterbitkan 28 Mar 2023, 05:10 WIB
Selebrasi Nathan Ake ketika mencetak gol untuk Belanda ke gawang Gibraltar di Kualifikasi Euro 2024
Selebrasi Nathan Ake ketika mencetak gol untuk Belanda ke gawang Gibraltar di Kualifikasi Euro 2024 (AP)

Liputan6.com, Jakarta- Belanda meraih kemenangan perdana di Kualifikasi Euro 2024. Tim Orange menang tiga gol tanpa balas ketika menjamu tim lemah Gibraltar. Sedangkan Prancis kembali meraup poin penuh pada laga yang berlangsung Selasa (28/3/2023) dini hari WIB setelah menang 1-0 atas Republik Irlandia.

Kemenangan ini menempatkan Belanda di posisi tiga klasemen Grup B. Mereka mengoleksi tiga poin, tapi kalah selisih gol dari Yunani yang berada di urutan dua. Prancis memimpin klasemen dengan poin sempurna dari dua laga awal.

Menjamu Gibraltar di Feyenoord Stadium, Belanda tampil begitu dominan. Mereka menguasai bola sampai 87 persen. Tembakan juga sangat banyak dilepaskan sampai 50 kali meski cuma 12 yang mengarah ke gawang Gibraltar.

Belanda harus menunggu hingga menit 23 untuk bisa membuka keunggulan. Penyerang Memphis Depay menjebol gawang Gibraltar melalui sundulan meneruskan umpan silang bek kanan Denzel Dumfries.

Penyerang Wout Weghorst hampir menambah keunggulan Belanda sesaat sebelum jeda. Sayangnya sundulan pemain Manchester United ini masih bisa digagalkan oleh kiper Gibraltar Dayle Coleing.

Gol kedua Belanda akhirnya tercipta lima menit setelah turun minum. Bek Nathan Ake yang menyumbang gol. Penggawa Manchester City itu menuntaskan umpan dari Dumfries.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gol Kedua Ake

Belanda makin di atas angin setelah Gibraltar harus main dengan 10 orang di menit 51. Liam Walker diganjar kartu merah langsung akibat tekel keras kepada Mats Wieffer.

Walau unggul jumlah pemain, Belanda baru bisa menambah gol lagi pada menit 82. Lagi-lagi Ake yang menjebol gawang Gibraltar. Ake memaksimalkan umpan dari Daley Blind.


Prancis Susah Payah

Selebrasi Benjamin Pavard ketika Prancis melawan Irlandia di Kualifikasi Euro 2024
Selebrasi Benjamin Pavard ketika Prancis melawan Irlandia di Kualifikasi Euro 2024 (AP)

Sementara itu Prancis yang dijamu Irlandia di Stadion Aviva sangat kesulitan membuat gol meski sudah turun dengan kekuatan terbaiknya termasuk trio Antoine Griezmann, Kylian Mbappe dan Olivier Giroud.

Prancis harus menunggu sampai menit 50 untuk bisa memecah kebuntuan. Gol Prancis juga tercipta melalui pemain bertahan Benjamin Pavard. Penggawa Bayern Munchen itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Tim tamu melahirkan beberapa peluang emas lain di sisa laga. Namun penampilan gemilang kiper Irlandia Gavin Bazunu membuat Les Bleus gigit jari dan gagal menambah gol lagi.

Justru gawang Prancis hampir kebobolan di menit akhir oleh aksi Nathan Collins. Beruntung bagi Prancis, kiper Mike Maignan mampu melakukan penyelamatan gemilang.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya