Persaingan Empat Besar Liga Inggris Memanas Setelah Manchester United Kalah, Erik ten Hag Ogah Perhatikan Liverpool

Erik ten Hag sama sekali tidak peduli dengan Liverpool yang semakin mengintai posisi empat besar dan hanya akan fokus dengan pekerjaannya.

oleh Luthfa Arisyi Senapi diperbarui 08 Mei 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2023, 17:00 WIB
Erik ten Hag
Pelatih Kepala Manchester United, Erik Ten Hag berjalan sebelum dimulainya pertandingan sepak bola leg kedua playoff Liga Europa antara Manchester United dan Barcelona di Stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Kamis, 23 Februari 2023. (AP Photo/Dave Thompson)

Liputan6.com, Jakarta - Perebutan spot empat besar Liga Inggris semakin memanas usai Manchester United kembali menelan kekalahan 0-1 di tangan West Ham United, Senin (8/5/2023).

Kini, Man United (63) yang berada di urutan keempat klasemen liga berjarak dua poin dengan Newcastle United (65) di posisi ketiga, dan satu poin dari Liverpool (62) di urutan kelima.

Menanggapi The Reds yang semakin mengintai posisi United, Erik ten Hag menegaskan jika dirinya sama sekali tidak memperdulikan hal tersebut dan hanya akan fokus dengan pekerjaan timnya untuk mengamankan tempat di Liga Champions musim depan.

“Ini bukan tentang Liverpool, ini tentang kami karena jika anda melihat ke klasemen, kami memiliki segalanya di tangan kami,” ujar Ten Hag usai kekalahan di London Stadium.

“Jika kami menunjukkan performa kami dan kami membawa standar yang dibutuhkan, kami akan memenangkan pertandingan. Kami tidak harus melihat tim lain, kami hanya perlu melihat diri kami sendiri dan kami harus menemukan cara untuk kembali ke level kami,” sambungnya.

Kini, United telah kalah dalam dua pertandingan Liga Inggris berturut-turut untuk pertama kalinya sejak dua pertandingan pertama musim ini melawan Brighton dan Brentford. Ten Hag pun mengatakan jika tugas para pemainnya tidak berubah meski mereka terlihat telah kehabisan tenaga saat ini.

“Tidak ada yang berubah. Kami bisa membuatnya lebih mudah jika kami menang, tetapi kami membutuhkan tiga kemenangan dalam empat pertandingan. Semuanya ada di tangan kami. Kami harus percaya,” kata Ten Hag.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berambisi Untuk Bangkit

Manchester United Vs Liverpool
Ekspresi Erik ten Hag usai mengantar Manchester United (MU) meraih kemenangan atas Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023 di Old Trafford, Selasa (23/8/2022) dini hari WIB. (AP Photo/Dave Thompson)

Melihat kemunduran yang dialami oleh timnya, Erik ten Hag berambisi untuk dapat segera bangkit kembali. Eks manajer Ajax tersebut juga menegaskan jika beberapa kali timnya jatuh sepanjang musim ini tetapi selalu berhasil untuk berdiri kembali. Oleh karena itu, ia merasa bukan sesuatu yang tidak mungkin jika skuadnya dapat keluar dari kegelapan yang menyelimuti saat ini.

“Kami telah menunjukkan musim ini bahwa kami mengalami beberapa kemunduran yang mengerikan dan kami selalu berhasil bangkit kembali. Jadi sekali lagi kami harus menunjukkan karakter dan terus maju,” tegas Ten Hag kepada BT Sport.


Menangkan Sisa Pertandingan

Foto: Sentuhan-Sentuhan Mujarab Erik ten Hag yang Bikin MU Kembali Bangkit di Liga Inggris, Termasuk Depak Ronaldo?
Erik ten Hag belakangan ini mengakui bahwa rekrutan Manchester United pada musim-musim sebelumnya tak sesuai dengan sasaran. Ia pun akhirnya mengambil keputusan untuk membawa Lisandro Martinez dan Antony dari Ajax Amsterdam. Ten Hag juga mengontrak Casemiro dari Real Madrid untuk memperbaiki lini tengah Setan Merah. Christian Eriksen yang didatangkan dari Brentford pun juga menjadi langkah tepat yang dilakukan pelatih asal Belanda itu. Eriksen sukses menambah kreativitas di lini tengah dan ketenangannya dalam menguasai bola telah membantu Ten Hag menerapkan gaya sepak bola pilihannya. (AFP/Oli Scarff)

Seperti diketahui, Manchester United masih duduk di posisi keempat klasemen Liga Inggris dengan koleksi 63 poin. Dengan sisa empat pertandingan untuk dimainkan, United artinya memiliki poin maksimal sebesar 75. Skuad Erik ten Hag pun setidaknya membutuhkan tiga kemenangan untuk dapat finis di atas Liverpool yang memiliki poin maksimal sebesar 71.

Namun, jika Brighton dapat memenangkan sisa enam pertandingan mereka, maka Man United akan memerlukan 11 poin untuk dapat finis di atas The Seagulls, yang artinya Erik ten Hag dan para pemainnya harus menyapu bersih sisa pertandingan mereka dengan kemenangan.

Kendati begitu, skenario tersebut nampaknya hampir tidak mungkin terjadi mengingat di antara sisa enam pertandingan tersebut skuad asuhan Roberto De Zerbi akan berduel dengan Arsenal, Manchester City, Newcastle dan Aston Villa yang semuanya sedang berada dalam performa terbaiknya musim ini.


Pertandingan MU Berikutnya

Foto: Bikin Jurgen Klopp Kepincut, Ini Dia 5 Calon Rekrutan Liverpool Musim Depan
Gelandang Wolverhampton Wanderers, Matheus Nunes (kiri) berebut bola dengan gelandang Manchester United, Bruno Fernandes pada laga Liga Inggris 2022/2023 di Molineux Stadium, Wolverhampton (31/12/2022). Matheus Nunes sempat ditawar Liverpool pada bursa transfer Januari 2023, namun sang pemain nyatanya tetap berseragam Wolverhampton Wanderers hingga kini. Bisa jadi Liverpool kembali berusaha mendatangkannya musim depan karena mmepunyai pengalaman saat mendatangkan Diogo Jota yang notabene sama-sama pemain Wolverhampton asal Portugal. (AFP/Adrian Dennis)

Sementara itu, Manchester United berikutnya dijadwalkan menjamu Wolverhampton Wanderers pada Sabtu (13/5/2023) pukul 21.00 WIB. Kemudian akan bertandang ke Vitality Stadium untuk menghadapi Bournemouth pada 20 Mei sebelum akhirnya menutup penampilan mereka di Liga Inggris 2022/2023 dengan dua laga kandang melawan Chelsea dan Fulham.


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya