Ditanya soal Kelanjutan Kontrak Shin Tae-yong, PSSI: STY Pelatih Bagus, Tapi...

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga angkat bicara mengenai hiruk pikuk kelanjutan kontrak Shin Tae-yong. Ia tak menampik bahwa juru taktik asal Korea Selatan merupakan pelatih bagus. Akan tetapi, PSSI tetap perlu memasang target sebelum membuat keputusan terkait masa depan STY bersama Timnas Indonesia.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 29 Mei 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2023, 14:00 WIB
Timnas Indonesia vs Burundi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat menghadapi Burundi pada laga pertama persahabatan FIFA Matchday di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/3/2023) malam WIB. Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, mengeklaim federasi sepak bola Tanah Air sudah memasang target bagi Shin Tae-yong di sisa kontraknya bersama Timnas Indonesia. Target tersebut menjadi salah satu faktor yang turut memengaruhi potensi perpanjangan kontrak STY bersama PSSI. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Masa bakti Shin Tae-yong di Tanah Air hampir berakhir. Seperti diketahui, kontrak juru taktik asal Korea Selatan bersama Timnas Indonesia memang hanya berlangsung hingga pengujung tahun ini.

PSSI sebelumnya sudah membuat kesepakatan agar Shin Tae-yong tetap menukangi skuad Garuda dalam kompetisi Piala Asia 2023. Pasalnya, kompetisi tersebut baru dijadwalkan bergulir pada awal 2024 mendatang.

Belum diketahui bagaimana nasib Shin Tae-yong setelahnya. Manajer yang pernah menangani Timnas Korea Selatan itu sejatinya bisa saja bertahan di Indonesia apabila federasi sepak bola Tanah Air memutuskan untuk memperpanjang kontraknya.

Namun sebaliknya, Piala Asia 2023 juga berpotensi menjadi kompetisi terakhir Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Pelatih berusia 52 tahun bakal angkat koper dari Tanah Air jika PSSI tak lagi mau menjalin kerja sama dengannya.

Di tengah hiruk pikuk mengenai kelanjutan kontrak Shin Tae-yong, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga turut angkat bicara.

Ia mengakui bahwa juru taktik asal negeri ginseng itu memang merupakan pelatih berkualitas. Namun, tetap ada target yang harus dipenuhi Shin Tae-yong jika ingin menyambung kerja sama dengan federasi sepak bola Indonesia.

“Kita tahu, STY ini pelatih yang bagus, sudah menyiapkan fisik mental pemain (dengan) baik. Tapi, ujungnya, hasil dari kedua itu kan prestasi. Maka ada target yang disepakati,” tutur Arya kepada awak media.

“Kemarin Pak Erick sudah ngomong dengan Shin Tae-yong, dikasih target dan ada kesepakatan-kesepakatan,” sambungnya saat ditemui selepas Kongres Biasa PSSI di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, Jakarta, Minggu (28/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PSSI Yakin dengan Kemampuan Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bakal kehabisan kontrak dengan Timnas Indonesia pada pengujung tahun ini. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lebih lanjut, Arya mengeklaim pihaknya sejatinya cukup yakin dengan kemampuan serta kapabilitas Shin Tae-yong. Walau begitu, federasi sepak bola Tanah Air tetap butuh memasang target demi memastikan ada prestasi yang bisa diraih Timnas Indonesia.

“Jadi nanti, kita yakin lah Shin Tae-yong mampu mencapai target. Masa ragu sama STY, tapi kan harus ada target,” ujar Arya menambahkan.

“Soalnya, apa pun kita bilang, bagaimana pun hebatnya fisik, mental, ujungnya kan prestasi. Itu ukurannya. Jadi prestasi harus ada. Maka kemarin habis ngobrol dengan STY, mereka telah sepakat. Yakin lah STY mampu mencapai target itu,” katanya lagi.


Arya Sinulingga Ogah Beberkan Target Shin Tae-yong

Timnas Indonesia vs Burundi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat menghadapi Burundi pada laga pertama persahabatan FIFA Matchday di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/3/2023) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kendati demikian, Arya Sinulingga ogah membeberkan target apa yang dibebankan PSSI terhadap Shin Tae-yong di sisa kontraknya tahun ini. Ia mengisyaratkan hal itu adalah topik privat yang sudah dibahas oleh Ketum PSSI Erick Thohir bersama sang pelatih sendiri.

“Itu (targetnya) sudah dibicarakan antara mereka (Erick Thohir dan Shin Tae-yong),” tandas Arya di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, Jakarta pada Minggu (28/5/2023).

Sekadar informasi, Shin Tae-yong bakal menghadapi agenda padat di sisa masa baktinya bersama Timnas Indonesia.

Selain mempersiapkan Skuad Garuda untuk tampil dalam ajang Piala Asia 2023, juru taktik asal Korea Selatan juga harus membimbing Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan saat mentas di laga uji coba melawan Palestina dan Argentina pada Juni mendatang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya