MotoGP: Skenario Muluskan Franco Morbidelli ke Ducati Musim Depan

Efek domino transfer Alex Rins ke Yamaha sudah terlihat. Ditendang Tiga Garpu Tala, Franco Morbidelli kini berpeluang besar mengendarai Ducati pada MotoGP 2024.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 10 Agu 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 10 Agu 2023, 10:00 WIB
Franco Morbidelli
Franco Morbidelli tak lagi di Yamaha pada MotoGP 2024. Rekan-rekannya sesama alumni akademi VR46 pun mendukungnya gabung dengan Ducati (AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Efek domino transfer Alex Rins ke Yamaha sudah terlihat. Ditendang Tiga Garpu Tala, Franco Morbidelli kini berpeluang besar mengendarai Ducati pada MotoGP 2024.

Ducati pun sudah membuka jalan agar pembalap asal Italia itu bergabung. Skenario termutakhir menempatkan Johann Zarco sebagai tumbal.

Zarco bakal tidak diperpanjang kontraknya sehingga terbuka ruang bagi rekan Jorge Martin di Pramac Racing. Kursi tersebut nantinya jadi milik Marco Bezzecchi yang kinerjanya mengesankan pada MotoGP 2023.

Ducati ingin memberikan Bezzecchi motor pabrikan, yang hanya ditujukan bagi tim utama dan Pramac Racing. Maka promosi sang rider membuat posisi lowong di Mooney VR46 Racing. Di sinilah Franco Morbidelli berlabuh dan menjadi duet Luca Marini.

“Saya pikir Franco Morbidelli berada dalam momen yang sulit, tapi, dia adalah talenta yang hebat. Kami ingin melihat Morbidelli di Ducati tahun depan. Kita lihat apa yang terjadi dalam beberapa minggu ke depan,” ungkap Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti dikutip situs resmi MotoGP.

“Saat ini bukan rahasia lagi bahwa kami ingin bisa memberi Bezzecchi motor pabrikan. Dia menjalani tahun yang sangat baik, dia juga memenangkan balapan. Kami harus mengklarifikasi ide kami agar bisa memberinya tim pabrikan tahun depan.”

“Kami akan mengklarifikasi ide dengan tim dan pembalap untuk membuat keputusan setelah MotoGP Austria,” sambungnya.


Johann Zarco Diminati Honda untuk Gantikan Alex Rins

Johann Zarco
Johann Zarco kembali menjadi yang tercepat di FP2 MotoGP Australia (AFP)

Zarco sendiri tidak kekurangan peminat. Dia dilaporkan sedang mempertimbangkan tawaran bergabung dengan tim satelit LCR Honda untuk MotoGP 2024. Terdapat posisi lowong di sana menyusul hengkangnya Rins dari tim tersebut ke Monster Energy Yamaha.

Dia mengatakan skenario tersebut akan menjadi tantangan baru baginya. "Saya akan merasa bangga jika menjadi orang (kandidat) tersebut," kata Zarco dilansir situs resmi MotoGP.

Menilai kondisi RC213V saat ini, dia menganggapnya sebagai proposisi yang menarik tetapi mengakui saat ini motor tersebut masih sulit untuk diharapkan.

"Itu tidak akan menjadi tantangan yang buruk. Jika Anda berpikir tentang kemenangan, berada di posisi teratas dan bertarung, seperti yang saya lakukan sekarang selama beberapa tahun, jelas tempat yang tepat adalah di Ducati karena memiliki motor terbaik. Kita bisa melihatnya di trek," kata pembalap Prancis tersebut.

"Bagus mendapat minat Honda. Jelas senang memiliki tim yang tertarik, bahkan jika mereka sedang berjuang. Kami harus memikirkan hal ini," tambahnya.

Zarco mengisyaratkan masih tetap berada di Ducati, menyusul dominasi dari tim pabrikan dan satelitnya yang menguasai MotoGP 2023.

"Tapi target saya adalah (berada) di Ducati dengan motor pemenang ini, dan juga tim pemenang. Kami memimpin kejuaraan dengan Pramac. Jorge (Martin) dan saya merasa baik bersama-sama, jadi mengapa tidak melanjutkannya?" kata Zarco.


Manuver Yamaha Gaet Alex Rins di MotoGP 2024

Foto: Taklukkan MotoGP Amerika 2023, Alex Rins Akhiri Puasa Dua Tahun Kemenangan Honda
Pebalap LCR Honda, Alex Rins merayakan kemenangan saat MotoGP Amerika 2023 yang berlangsung di Circuit of the Americas, Texas, Amerika Serikat, Senin (17/04/2023) dini hari WIB. (AFP/Mirco Lazzari Gp)

Yamaha melakukan gebrakan demi memperbaiki kinerja di MotoGP. Mereka mengumumkan bergabungnya Alex Rins dari LCR Honda pekan lalu.

Rins bakal mendampingi Fabio Quartararo di tim pabrikan pada MotoGP 2024. Dia menggantikan Franco Morbidelli.

"Dengan gembira kami mengumumkan kedatangan Alex. Kami yakin dia bakal jadi aset berharga. Alex memiliki banyak pengalaman dan berkali-kali memenangkan balapan," ungkap Direktur Yamaha Racing Lin Jarvis, dilansir Crash.

Rins baru bergabung dengan LCR Honda musim ini setelah Suzuki meninggalkan MotoGP. Dia tampil sensasional dan merebut kemenangan pada seri di Amerika Serikat.

Hingga kini capaian tersebut menjadi satu-satunya ajang yang lepas dari tangan Ducati. Namun, pembalap asal Spanyol itu sekarang sedang memulihkan diri akibat cedera patah kaki.

"Alex sudah menjajal dua pabrikan di MotoGP, yang memiliki karakter mirip seperti YZR-M1. Situasi ini akan membantunya dengan cepat beradaptasi di sini," kata Jarvis.

"Saat ini dia sedang memulihkan diri. Tapi kami yakin Alex Rins akan fit sepenuhnya pada 2024. Kami sudah tidak sabar bekerja sama dengannya dan menanti kolaborasinya bersama Fabio untuk membantu performa tim ini," pungkasnya.

Infografis Pembalap MotoGP 2023.
Infografis Pembalap MotoGP 2023. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya