Timnas Flag Football Indonesia Debut di Turnamen Internasional

Indonesia ikut serta di turnamen internasional flag football yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia.

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Nov 2023, 21:08 WIB
Diterbitkan 30 Okt 2023, 17:16 WIB
Timnas Flag Football Indonesia
Timnas Flag Football Indonesia

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia akhirnya bisa mengikuti turnamen internasional Flag Football untuk pertama kalinya. Tim Nasional Flag Football Indonesia yang berlaga di ajang Asia Oceania Championships Flag Football 2023 (AOFFC 2023) yang diselenggarakan oleh IFAF (International Federation of American Football) pada tanggal 27 sampai 29 Oktober 2023, di Kuala Lumpur, Malaysia.

Pelepasan timnas flag football Indonesia dilakukan oleh Hamdan Hamedan selaku perwakilan utusan dari Kemenpora yang didampingi oleh Sekertaris Jendral Indonesian Flag Football Association (IFFA) Mohammad Erlangga.

"Walaupun olahraga ini belum menjadi cabor (cabang olahraga) resmi yang terdaftar di KEMENPORA, namun saya sebagai perwakilan kementerian sudah memberikan atensi, pengawasan dan pembelakan, sejak seleksi timnas flag footbal ini di adakan pada Bulan Juli kemarin," ucap Hamdan Hamedan.

Turnamen AOFFC 2023 adalah kali pertama diadakan oleh IFAF yang dihadiri oleh sebelas tim untuk klasemen putra dan sembilan tim untuk klasemen putri yakni perwakilan dari Australia, Filipina, India, Indonesia, Jepang, Kuwait, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Selandia Baru dan Thailand. Kompetisi yang dibuat dengan format pertandingan sistem kombinasi.

Ketua Umum IFFA Pandu Satya mengumumkan bahawa ada 30 atlet yang mewakili Indonesia di AOFFC 2023 ada 2 tim yaitu tim putra dan tim putri, yang terdiri dari 15 atlet putra dan 15 atlet putri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Debut Pertama Indonesia

"Keikutsertaan timnas Flag Football ini adalah ajang debut bagi Indonesia di kancah Internasional, dengan persiapan maksimal para atlet kami berharap dapat mempersembahkan penampilan terbaik dalam gelaran turnamen ini yang kami persembahkan untuk rakyat Indonesia," ucap Sekertaris Jendal IFFA Mohammad Erlangga

Tim Indonesia pada AOFFC 2023 ini adalah bentuk komitmen Indonesian Flag Football Association (IFFA) dalam pengembangan skill pemain, dimana para pemain di saring dari beberapa tim yang berasal dari kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogjakarta dan Semarang. Sebagaimana terlihat kali ini bukan hanya sekedar pencapaian, namun merupakan langkah awal yang gemilang bagi Tim Flag Football Indonesia di kancah Internasional.


Berangkat dengan Modal Sendiri

 

"Walaupun para atlet dan team official saat ini merogoh kocek nya sendiri tetapi karena kecintaan kita semua akan olah raga ini kami akan buktikan dengan baik," ujar Manager Timnas Flag Footbal Danny Triputra Setiamanah

IFFA percaya bahwa dengan adanya dukungan dari pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia, perkembangan flag football di Tanah Air akan terus berkembang pesat dan menunjukkan taringnya di ajang internasional mendatang yakni World Championship 2025, Asia Oceania Championship 2026, hingga Olimpiade 2028 yang akan di selenggarakan di Los Angeles, Amerika Serikat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya