Daftar 16 Tim yang Lolos Fase Knock Out Liga Champions, AC Milan dan Manchester United Tersingkir dengan Tragis

Genap 16 tim berhasil mengunci kelolosan ke fase knock out atau 16 besar Liga Champions. Tak ada nama AC Milan dan Manchester United dalam rombongan yang lolos.

oleh Defri Saefullah diperbarui 14 Des 2023, 09:38 WIB
Diterbitkan 14 Des 2023, 09:00 WIB
Foto: Raut Kecewa Para Pemain MU usai Disingkirkan Bayern Munchen dari Liga Champions
Pemain Manchester United, Bruno Fernandes tertunduk lesu setelah timnya kalah 0-1 dari Bayern Munchen pada laga Grup A Liga Champions 2023/2024 di Old Trafford, Manchster, Inggris, Rabu (13/12/2023). (AP Photo/Dave Thompson)

Liputan6.com, Jakarta Fase grup Liga Champions sudah rampung dilakukan saat matchday keenam digelar pada Rabu dan Kamis (14/12/2023). Genap 16 tim memastikan diri lolos ke fase knock out atau 16 besar Liga Champions.

Dari hasil enam pertandingan yang berlangsung, hasil yang diraih grup A dan F menjadi yang paling disorot. Di sini, ada dua hasil Liga Champions yang di luar harapan fans klub yang tersingkir tersebut.

Manchester United menjadi salah satu klub yang meraih hasil tragis. Main di grup A yang harusnya bisa diamankan karena satu grup dengan Bayern Munchen, FC Copenhagen dan Galatasaray, MU malah berada di peringkat keempat grup.

Ini artinya Man Utd tak main lagi di kompetisi Eropa. Bahkan untuk lolos playoff Liga Europa saja, Manchester United tak mampu mengamankannya.

Poin 4 dari enam kali pertandingan menjadi penyebabnya. Manchester United hanya bisa menang 1 kali dan 1 kali imbang, sedangkan 4 kali kekalahan diderita MU dengan drama didalamnya.

Tak hanya tersingkir, Man Utd juga mencatat rekor kebobolan 15 gol dalam enam pertandingan penyisihan grup.Jumlah tersebut adalah kebobolan terbanyak yang pernah diderita klub Inggris sepanjang sejarah Liga Champions.

Daftar lengkap 16 klub yang lolos bisa Anda baca di halaman berikutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


AC Milan Tersingkir dengan Tragis

Foto: Pemain Newcastle United Gigit Jari, Petualangan di Liga Champions Cuma Sampai Disini
Pemain Newcastle United, Bruno Guimaraes berusaha melewati pemain AC Milan, Ruben Loftus-Cheek, dalam laga matchday 6 Liga Champions 2023/2024 di St. James' Park, Kamis (14/12/2023). Kekalahan ini membuat Newcastle menjadi juru kunci Grup F. (AP Photo/Scott Heppell)

 

AC Milan juga tersingkir dan hanya mendapatkan tiket ke playoff Liga Europa di grup F. Milan memang berada di grup neraka karena bergabung dengan Borussia Dortmund, PSG dan Newcastle.

Tiga klub itu sama-sama berjuang untuk meraih tiket ke 16 besar Liga Champions. Keempat klub punya peluang yang sama meski PSG paling diunggulkan.

Namun pada akhirnya, Borussia Dortmund menjadi pimpinan klasemen dengan 11 poin. Sedangkan PSG berada di posisi kedua dengan 8 poin, sama dengan AC Milan.

PSG beruntung menang head to head lawan Milan. Kalau tidak, PSG yang tersingkir dengan dramatis.

 


Daftar Tim Lolos dari Grup A-D

MU vs Bayern Munchen
Harry Kane dari Bayern, kiri, ditantang oleh Bruno Fernandes dari Manchester United saat pertandingan sepak bola grup A Liga Champions antara Manchester United dan Bayern Munich di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Selasa, 12 Desember 2023. (AP Photo/Dave Thompson)

Berikut daftar tim yang lolos ke 16 besar Liga Champions. Tim disebut pertama pimpinan klasemen:

Grup A: Bayern Munchen, FC Copenhagen

Grup B: Arsenal, PSG

Grup C: Real Madrid, Napoli

Grup D: Real Sociedad, Inter Milan

 


Daftar Tim Lolos dari Grup E-H

Borussia Dortmund vs PSG di Liga Champions
Dortmund tetap perkasa di puncak klasemen grup F dengan mengoleksi 11 poin. (INA FASSBENDER / AFP)

 

Grup E: Atletico Madrid, Lazio

Grup F: Borussia Dortmund, PSG

Grup G: Manchester City, RB Leipzig

Grup H: Barcelona, Porto

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya