Mau jadi Imam Sholat? Penuhi Dulu Syarat-Syarat Ini Kata Buya Yahya

Ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya dalam ceramahnya pernah mengimbau agar menyempurnakan sholat dan memperbaiki sholatnya jika menjadi imam.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 30 Sep 2024, 05:30 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2024, 05:30 WIB
Pesan Kang Emil pada Para Pemudik
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sholat subuh berjamaah Masjid Jami Hidayatullah Syarief di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat fardhu utamanya dilakukan secara berjamaah. Hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan dari Abdullah ibn Umar, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

Sholat berjamaah lebih utama dibandingkan sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” [HR. Bukhari dan Muslim]

Sedikitnya, sholat berjamaah dilakukan oleh dua orang. Terdiri dari imam dan makmum.

Kendati begitu, tidak sembarangan orang yang bisa jadi imam sholat. Terdapat ketentuan fiqih yang mengatur syarat imam. Sebab, imam akan memengaruhi keabsahan sholat untuk dirinya dan juga bagi makmum.

Ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya dalam ceramahnya pernah mengimbau agar menyempurnakan sholat dan memperbaiki sholatnya jika menjadi imam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Paham Ilmunya

KH Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya
Pengasuh LPD Al Bahjah, KH Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya. (Foto: staialbahjah.ac.id)

Buya Yahya juga menekankan bahwa menjadi imam harus benar sesuai ketentuan fiqih. Paling tidak, harus mengerti ilmunya.

"Paling tidak kalau jadi imam, dia harus menjadi ahli faqih, mengerti ilmu jadi imam, biarpun yang lainnya bodoh. Sebab, urusan imam keabsahan, kenyamanan orang sholat, dan seterusnya," jelas Buya Yahya, dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Sabtu (28/9/2024).

Selain hukum fiqih, menjadi imam juga harus mengerti adab-adabnya. Buya Yahya mengatakan bahwa menjadi imam tidak hanya mengandalkan suara yang bagus dan hafal Al-Quran.

"Ilmu menjadi imam itu singkat. Jangan gara-gara suaramu bagus, belum paham ilmunya, (lalu) menjadi imam, lah ini merepotkan orang," ujar Buya Yahya.


Syarat-Syarat Imam Sholat

Idul Adha Muhammadiyah
Sholat Idul Adha di Masjid Al Azhar dimulai pukul 07.00 WIB. Imam salat dipimpin oleh H Ahmad Khatib. Sementara khatib dibawakan oleh Prof Dr H. Jimly Asshiddiqie, S.H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mengutip laman Media Pesantren Tebuireng, berikut syarat-syarat menjadi imam sholat.

  • Orang yang sholatnya sah di mata makmum, dalam arti makmum tidak meyakini bahwa orang tersebut telah melakukan hal-hal yang dapat membatalkan sholat
  • Bukan orang yang sedang bermakmum kepada orang lain.
  • Orang yang bisa membaca surah al-Fatihah dengan benar, dalam arti mampu mengucapkan huruf-hurufnya sesuai dengan makhrajnya serta memperhatikan bacaan tasydid.
  • Orang yang tidak wajib mengulangi sholatnya, sehingga mengecualikan orang yang bersuci dengan cara bertayamum di daerah yang umumnya ada air.

“Ketika seorang imam tidak memenuhi syarat-syarat di atas maka shalatnya makmum tidak sah,” tulis  Mahasantri Ma’had Aly An-Nur 2 Malang, Dicky Feryansyah. Wallahu a’lam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya