Barcelona Tidak Punya 3 Faktor Penting Jadi Juara, Xavi Jadi Gemas

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez tetap marah dengan penampilan tim usai menang 3-2 atas Almeria pada pekan ke-18 Liga Spanyol.

oleh Defri Saefullah diperbarui 21 Des 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 21 Des 2023, 17:00 WIB
Barcelona Vs Almeria
Dengan kemenangan ini, Barca berhasil mendekati jarak dengan Girona dengan 6 poin jelang libur Natal dan Tahun Baru. Barcelona berhasil merebut posisi 3 klasemen Liga Spanyol sedangkan Girona dan Real Madrid belum main. (AP Photo/Joan Monfort)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Barcelona Xavi Hernandez merasa gemas meski berhasil amankan 3 poin lawan Almeria pada pekan ke-18 Liga Spanyol di stadion Olimpic Lluis Companys, Kamis (21/12/2023). Tiga gol Barca dicetak oleh Raphinha dan Sergi Roberto 2 gol.

Xavi menilai permainan Barca jauh dari harapan dan tak bisa diterima. Dua kali unggul, dua kali pula Barcelona mampu dikejar Almeria sebelum akhirnya Sergi Roberto cetak gol kemenangan di menit ke-83.

Ada 3 faktor yang menurut Xavi tak dimiliki pemain Barcelona. Padahal, faktor-faktor itu penting kalau Barca ingin menjadi juara musim ini.

"Tim ini tak punya semangat. Tim tim punya semangat yang sama seperti musim lalu. Lalu tak ada serangan atau fokus. Kami butuh ritme dan intensitas," kata Xavi seperti dikutip ESPN.

"Kami kesulitan lebih banyak dari yang saya bayangkan. Kami melepas 30 kali tembakan dan memberi mereka 2 gol. Babak pertama itu tak bisa diterima, saya bilang kepada pemain soal itu saat jeda."

Dengan kemenangan ini, Barcelona untuk sementara bertengger di posisi ketiga klasemen Liga Spanyol. Barcelona akan melakoni laga persahabatan setelah duel di Liga Spanyol.

.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Xavi Khawatir Barcelona Belum Membaik dalam Sebulan

Barcelona Vs Almeria
Barcelona mengubah skor jadi 2-1 lewat Sergi Roberto di menit ke-60. Kembali dimulai dari tendangan sudut Gundogan yang diterima Raphinha, dia memberi umpan pendek kepada Roberto yang menerobos dan kecoh Maximiliano. (AP Photo/Joan Monfort)

Menurut Xavi, Barcelona sudah tampil di bawah standar dalam satu bulan ini. Padahal, 3 faktor yang disebutkan sebelumnya adalah hal simpel.

"Semuanya sebenarnya simpel. Di babak kedua, kami lebih baik, tapi kami kehilangan banyak peluang dan banyak membuat kesalahan. Ini sudah terjadi dalam sebulan ini," ujar Xavi.

 


Fans Barcelona Mulai Kesal

Barcelona Vs Almeria
Pemain senior Sergi Roberto menjadi penentu kemenangan Barcelona di menit ke-83. Manfaatkan umpan terobosan Lewandowski, dia mengubah skor menjadi 3-2. Skor ini tak berubah sampai pertandingan berakhir. (AP Photo/Joan Monfort)

 

Fans Barcelona tampak kesal dengan permainan tim kesayangannya. Saat Almeria yang ada di peringkat ke-20 La Liga berhasil mencetak gol penyeimbang, fans mulai menyiuli pemain.

"Saya sangat paham mengapa pemain disiuli. Saya tak suka disiuli. Saya tak pernah mendapatkan hal seperti itu di hidup saya. Saya mengerti mengapa itu terjadi," ujarnya.

"Seperti yang saya bilang, penampilan kami tak bisa diterima. Anda tak boleh kehilangan semangat. Anda bisa main buruk, menang atau kalah, tapi harus tetap memberikan segalanya untuk menghormati lambang di jersey."

 


Barca Tak Sebagus Musim Lalu

Barcelona Vs Almeria
Barcelona akhirnya berhasil mengakhiri paceklik kemenangan usai menang 3-2 atas Almeria pada pekan ke-18 Liga Spanyol. Tiga gol Barcelona dicetak oleh Raphinha dan Sergi Roberto (2 gol). (AP Photo/Joan Monfort)

 

Xavi mengatakan, pemain harus bisa mengembalikan rasa lapar seperti musim lalu. Soalnya, mereka main tidak seperti musim lalu.

"Kami tak punya kualitas dari Barcelona di 2010, Anda bisa lupakan itu. Kami tak punya kualitas, atau kapasitas individualnya," kata Xavi.

"Kita bisa sebut Barcelona versi terbaik itu periode 2010 dan saat ini kami jauh dari itu. Kami harus kerja keras lagi."

 


Xavi Berharap Pemain Lebih Kompak

Barcelona Vs Almeria
Almeria memberi perlawanan lewat gol Leo Baptistao di menit ke-41. Manfaatkan umpan terobosan Sergio Aribas, dia dengan mudah menyamakan skor jadi 1-1 usai mengecoh Inaki Pina. (AP Photo/Joan Monfort)

 

Dia mengatakan kualitas individu tak akan menentukan gelar juara. Xavi berharap pemain bisa lebih kompak.

"Kami tak meraih trofi musim lalu karena kualitas individu. Kami menang karena main sebagai grup, keluarga. Kami agresif, kami bertahan bersama dan menyerang dengan baik," ujarnya.

 


Barcelona Cari Uang dengan Gelar Duel Eksebisi

Barcelona Vs Almeria
Pemain Barcelona Sergi Roberto (kedua dari kanan) mencetak gol ke gawang Almeria pada pertandingan sepak bola Liga Spanyol di Stadion Olimpic Lluis Companys, Barcelona, Spanyol, Rabu (20/12/2023). (AP Photo/Joan Monfort)

 

Barcelona langsung terbang ke Dallas Amerika Serikat untuk melakoni duel laga uji coba melawan Club America pada Kamis waktu setempat. Kabarnya, Barcelona bakal dapatkan uang 5 juta euro atau Rp 84 Miliar untuk pertandingan ini.

"Kita semua tahu kondisi klub. Kami harus satu arah agar bisa menjaga keuangan klub," kata Xavi

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya