Terjerat Skandal Pelecehan, Winger Timnas Jepang Tinggalkan Piala Asia 2023

Pemain Timnas Jepang Junya Ito meninggalkan Piala Asia 2023 setelah munculnya laporan media yang menyebut dirinya sudah melakukan pelecehan seksual terhadap dua perempuan.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 02 Feb 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 02 Feb 2024, 16:00 WIB
Foto: Penampilan Luar Biasa Para Pemain Timnas Vietnam yang Sempat Kagetkan Jepang di Piala Asia 2023
Pemain Vietnam, Vo Minh Trong (tengah kanan) berusaha menghentikan pemain Jepang, Junya Ito (kiri) pada laga Grup D Piala Asia 2023 di Al Thumama Stadium, Qatar, Minggu (14/01/2024). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Liputan6.com, Jakarta - Pemain Timnas Jepang Junya Ito meninggalkan Piala Asia 2023 setelah munculnya laporan media yang menyebut dirinya sudah melakukan pelecehan seksual terhadap dua perempuan.

Asosiasi Sepak bola Jepang (JFA) menyebutkan, Ito pergi usai mempertimbangkan kondisi mental dan fisik. “Junya Ito meninggalkan tim yang tengah mengikuti Piala Asia di Qatar,” tulis keterangan resmi JFA.

Insiden yang melibatkan Ito diduga terjadi di Osaka, Juni tahun lal, setelah Timnas Jepang meladeni Peru pada pertandingan persahabatan.

Kantor berita Jepang Kyodo menyatakan, Ito menolak semua tudingan yang dialamatkan kepadanya dan menyatakan semua klaim itu tidak berdasar.

 

Saat ini Kepolisian Jepang sudah melakukan penyelidikan terhadap Ito yangi bermain untuk klub Prancis Reims.

“Kami menerima laporan kriminal terhadap Junya Ito dan telah memulai investigasi,” kata juru bicara polisi di Osaka, kepada AFP.

 


Kiprah Junya Ito di Piala Asia 2023

Jerman Vs Jepang di Laga Uji Coba
Bek Jerman #20 Robin Gosens (Kiri) dan gelandang Jepang #14 Junya Ito keduanya melompat untuk menyundul bola pada laga uji coba internasional di Stadion Volkswagen Arena, Minggu (10/9/2023) dini hari WIB. (Photo by Ronny HARTMANN / AFP)

Ito sudah memperkuat Timnas Jepang dalam 54 pertandingan dan menyumbang 13 gol. Winger berusia 30 tahun ini jadi starter pada dua laga awal Grup B melawan Vietnam dan Irak. 

Namun, setelahnya dia cuma berstatus cadangan pada partai pamungkas kontra Indonesia. Ito kemudian tidak bermain saat Jepang mengalahkan Bahrain di babak 16 besar.

 

 


Junya Ito Tetap Jadi Bagian Reims

Jepang Bungkam Arab Saudi 2-0
Pemain Jepang Junya Ito (kiri) berusaha menembak bola dari kawalan pemain Arab Saudi Ali Albulayhi dalam laga kualifikasi Piala Dunia zona Asia Grup B di Saitama Stadium, Saitama, Jepang, Selasa (1/2/2022). Jepang menang dengan skor 2-0. (AFP/Philip Fong)

JFA dan Reims menyatakan akan memperlakukan tuduhan terhadap Ito dengan serius. Namun, Reims menyatakan Ito tetap menjadi bagian penuh skuad.

“Kualitas-kualitas kemanusiaan dan tingkah laku sang penyerang tidak pernah dipertanyakan oleh klub,” demikian pernyataan Reims.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya