Mikel Arteta: Kekalahan Pahit dari Bayern Munchen Tidak Akan Merusak Arsenal

Arsenal harus menelan pil pahit saat disingkirkan rakasasa Jerman Bayern Munchen dari panggung Liga Champions. Namun, dalam kondisi itu, manajer Mikel Arteta menegaskan bahwa semangat mereka tetap tidak tergoyahkan.

oleh Rossa Izza Amalia diperbarui 18 Apr 2024, 23:00 WIB
Diterbitkan 18 Apr 2024, 23:00 WIB
Foto: Termasuk Jurgen Klopp, Ini Dia 4 Pelatih Aktif dengan Masa Kerja Terlama Membesut Klub di Premier League Liga Inggris
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta saat ini tengah menjalani musim ke-5 membesut The Gunners di Premier League musim 2023/2024. Ia mulai mengarsiteki Arsenal setelah meninggalkan posisinya sebagai asisten Pep Guardiola di Manchester City pada tengah musim 2019/2020 menggantikan sang caretaker Freddie Ljungberg yang sebelumnya mengisi posisi Unai Emery yang dipecat. (AFP/Ben Stansall)

Liputan6.com, Jakarta - Arsenal harus menelan pil pahit saat disingkirkan rakasasa Jerman Bayern Munchen dari panggung Liga Champions. Namun, dalam kondisi itu, manajer Mikel Arteta menegaskan bahwa semangat mereka tetap tidak tergoyahkan.

Kekalahan The Gunners datang di babak perempat final menyusul gol Joshua Kimmich pada leg kedua di Allianz Arena, Kamis (18/4/2024) dini hari WIB. Hasil 0-1 membuat mereka kalah agregat 2-3.

Meski terpukul, Arsenal tidak punya waktu untuk bersedih karena tantangan berikutnya sudah menanti. Dalam wawancaranya, Arteta berbicara tentang rasa sakit kekalahan itu, namun juga menekankan keinginan tim untuk segera beralih fokus.

"Rasa sakitnya masih terasa. Pasti tidak akan hilang semalam," katanya, "Tapi saya bisa menjamin Anda bahwa besok kami akan sepenuhnya fokus pada Wolverhampton Wanderers, dan semangat kami tidak akan padam."

Pernyataan Arteta menunjukkan semangat yang tidak tergoyahkan, walau kekalahan tersebut meruntuhkan kebanyakan tim. Arsenal tetap menunjukkan sikap yang kuat, menekankan bahwa mereka siap melanjutkan perjuangan di kompetisi lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Arteta Menemukan ‘Keindahan’ dalam kekalahan

Foto: Penampilan Menawan Jarrod Bowen dkk saat Gagalkan Misi Arsenal Kudeta Puncak Klasemen Liga Inggris 2023/2024
Ekspresi kecewa pelatih Arsenal, Mikel Arteta setelah timnya kalah dari West Ham United pada laga lanjutan Liga Inggris 2023/2024 di Emirates Stadium, London, Inggris, Jumat (29/12/2023) dini hari WIB. (AFP/Henry Nicholls)

Ketika kekalahan melanda Arsenal di panggung Liga Champions, Arteta menemukan keindahan dalam perjalanan yang sulit ini. Meskipun tersingkir oleh Bayern Munchen, manajer Arsenal memandang pengalaman itu sebagai pelajaran berharga yang tidak bisa diukur dengan hasil semata.

"Saatnya sekarang untuk mendukung para pemain ini," katanya. "Sangat mudah untuk memuji mereka ketika kami menang, namun saat menghadapi kesulitan, kami harus bersama-sama mengatasi itu."

Pengalaman melawan Bayern mengungkapkan perbedaan signifikan antara Arsenal dan klub-klub papan atas Eropa. Arteta dengan rendah hati mengakui bahwa belajar dan menyesuaikan diri untuk mencapai level yang dimiliki Bayern membutuhkan waktu.

"Kami tidak bermain di sini (Liga Champions) selama tujuh tahun, dan belum mencapai babak ini dalam 14 tahun," ungkapnya.


Membangun Kekalahan Menuju Kesuksesan

Bayern Munchen, Arsenal, Liga Champions
Gelandang Bayern Munchen, Joshua Kimmich, berhasil mencetak satu-satunya gol yang tercipta ke gawang Arsenal dalam leg kedua perempat final Liga Champions 2023/2024 di Allianz Arena, Kamis (18/4/2024) dini hari WIB. (Michaela STACHE / AFP)

Meski kekalahan dari Bayern menimbulkan kekecewaan, Arteta menegaskan bahwa Arsenal memiliki kekuatan dan semangat untuk bangkit dari keterpurukan. Baginya, kekalahan bukanlah akhir dari segalanya. Sebaliknya, itu adalah panggilan untuk belajar, tumbuh, dan berkembang lebih jauh.

"Saatnya bagi kami untuk bersabar," kata Arteta, "Klub lain butuh waktu bertahun-tahun untuk mencapai level ini."

Mengakui bahwa perjalanan menuju puncak tidak selalu lancar, Arteta menekankan bahwa Arsenal memiliki potensi untuk mencapai kesuksesan yang mereka idamkan. Dia menolak untuk membiarkan semangat timnya meredup. Sebaliknya, Artetamelihatnya sebagai kesempatan untuk membentuk masa depan yang lebih cerah.

"Kami harus belajar dan terus maju," ucapnya. "Kita harus tetap setia pada visi jangka panjang dan tidak terpengaruh oleh rintangan yang dihadapi," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya