4 Klub yang Bisa Dituju Frenkie de Jong Jika Cerai dengan Barcelona

Frenkie de Jong berpeluang pisah dengan Barcelona pada musim panas 2024. Sejumlah klub papan atas Eropa pun berpotensi jadi destinasi menarik jika De Jong hengkang dari tim raksasa Catalan. Klub mana saja itu?

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 03 Mei 2024, 03:00 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2024, 03:00 WIB
Pemain Barcelona Frenkie de Jong
Pemain Barcelona Frenkie de Jong berpotensi hengkang dari klub raksasa Catalan pada musim panas 2024. (AFP/Pau Barrena)

Liputan6.com, Jakarta - Masa kerja Frenkie de Jong bersama Barcelona berpeluang tak akan berlangsung lama. Football Transfers baru-baru ini mengungkap klub raksasa LaLiga itu sudah membuka pintu bagi sang pemain jika ingin pergi pada bursa transfer musim panas 2024.

Adapun kontrak De Jong dengan tim raksasa Catalan sejatinya masih berlangsung sampai musim panas 2026. Kendati begitu, laporan pada pertengahan Februari lalu mengeklaim Barcelona sudah mulai memasang banderol untuk klub-klub yang meminati jasa gelandangnya.

Nama De Jong sendiri memang tak pernah sepi peminat di kancah sepak bola Eropa. Penggawa berusia 26 tahun pernah jadi subjek ketertarikan Manchester United pasca kedatangan manajer Erik ten Hag pada 2022.

Sayangnya, eks pemain Ajax Amsterdam kala itu belum mau meninggalkan Camp Nou. Dia memilih bertahan di Barcelona, sehingga memaksa Setan Merah mencari alternatif dalam diri Casemiro yang didatangkan dari sesama klub LaLiga Real Madrid.

Kini setelah hampir dua tahun berselang, Frenkie de Jong kembali dikaitkan dengan pintu keluar Barca. Meski masih diklaim ragu untuk pergi, Football Transfers mengungkap sudah ada sejumlah klub yang memantau situasinya dan berpotensi menjadi opsi tujuan baru bagi sang pemain apabila berpisah dengan Blaugrana.

Simak ulasan mengenai kandidat klub baru Frenkie de Jong pada halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Manchester City

Pep Guardiola - Manchester City vs Real Madrid: Leg Kedua Perempatfinal Liga Champions 2023/2024
Selebrasi pelatih Manchester City, Pep Guardiola setelah Kevin De Bruyne mencetak gol penyeimbang 1-1 ke gawang Real Madrid pada laga leg kedua perempatfinal Liga Champions 2023/2024 di Etihad Stadium, Manchester, Rabu (18/4/2024). (AP Photo/Dave Thompson)

Manchester City menjadi salah satu klub yang pernah dkaitkan dengan kepindahan Frenkie de Jong pada bursa transfer musim panas tahun lalu. Klub besutan Pep Guardiola konon melihat dia sebagai pengganti Ilkay Gundogan yang hijrah ke Barcelona sejak Juli 2023.

Football Transfers pun menilai The Citizens bisa menjadi destinasi paling ideal untuk dipilih De Jong apabila hengkang dari tim raksasa Catalan. Potensi kerja sama sang pemain dengan Kevin De Bruyne juga diyakini bakal jadi hal menggiurkan.

Hanya saja yang patut dicatat, deretan penggawa papan atas yang dimiliki Manchester City berpotensi memaksa Frenkie De Jong terlibat pertarungan sengit demi mendapat kepercayaan Guardiola dan menjadi pemain reguler.


2. Bayern Munchen

Foto: Bayern Munchen Kena Apes Lagi, Ditumbangkan Lazio di Liga Champions Lewat Kartu Merah Berhadiah Adu Penalti
Pelatih Bayern Munchen, Thomas Tuchel pada laga leg pertama 16 besar Liga Champions 2023/2024 melawan Lazio di Olympic Stadium, Roma, Italia, Kamis (15/02/2024) WIB. (AFP/Alberto Pizzoli)

Bayern Munchen turut masuk dalam jajaran klub papan atas yang dikaitkan dengan kepindahan Frenkie de Jong. Laporan One Football mengungkap tim raksasa Bundesliga memang sudah lama disebut-sebut menginginkan jasa De Jong.

Meski tak kunjung berhasil mendaratkan dia di Allianz Arena, FC Hollywood konon tak pernah lupa pada pesepak bola asal Belanda. Kini, harapan untuk merekrut De Jong pun seolah kembali mendekati bursa transfer musim panas 2024.

Hal itu tak lepas dari kabar sang pemain yang setuju meninggalkan tim Catalan demi mencoba petualangan baru di tempat lain. Football Transfers pun menilai Bayern bisa jadi pilihan solid buat De Jong, terlepas dari kegagalan mereka merengkuh gelar Bundesliga musim ini.

Potensi kedatangan manajer baru Ralf Rangnick sebagai suksesor Thomas Tuchel pun kemungkinan tak bakal berpengaruh banyak pada ketertarikan Bayern terhadap bintang Barca. Pasalnya, One Football menyebut Rangnick dicap sebagai pengagum berat pemain berusia 26 tahun.


3. Manchester United

Erik ten Hag - Manchester United - Liga Inggris
Manajer Manchester United Erik ten Hag menyaksikan jalannya pertandingan Liga Inggris saat melawan Manchester City di Old Trafford, Minggu, 29 Oktober 2023. (Paul ELLIS / AFP)

Manchester United hingga kini masih jadi salah satu klub yang dikaitkan dengan kepindahan Frenkie de Jong. Penolakan sang pemain pada musim panas 2022 nampaknya tak serta-merta membuat MU berhenti melirik jasa pesepak bola asal Belanda.

Frenkie De Jong pun diyakini bakal langsung menjadi starter kunci di MU apabila memutuskan pindah ke Old Trafford. Football Transfers mengungkap gaya bermain dan formasi Setan Merah terbilang cocok untuk sang pemain.

Lebih lanjut, eks penggawa Ajax Amsterdam juga berpotensi reuni dengan mantan pelatihnya Erik ten Hag. Hal itu bisa terjadi apabila juru taktik plontos tak dipecat oleh pihak klub menyusul hasil mengecewakan sepanjang kampanye 2023/2024.


4. Paris Saint-Germain

Bermain di Markas Real Sociedad, PSG Diprediksi Tetap Gunakan Formasi Menyerang
Pelatih kepala Paris Saint-Germain, Luis Enrique (tengah) memimpin sesi latihan menjelang pertandingan sepak bola leg kedua babak 16 besar Liga Champions melawan Real Sociedad di Stadion Reale Arena, San Sebastian, 4 Maret 2024. (FRANCK FIFE/AFP)

Paris Saint-Germain (PSG) tak ketinggalan meramaikan daftar klub yang santer dikaitkan dengan kepindahan Frenkie De Jong. Kabar menyebut, juru taktik Les Parisiens Luis Enrique menaruh ketertarikan pada pemain asal Belanda.

Kebetulan PSG memang sedang mencari opsi untuk memperkuat lini tengah skuadnya musim depan. Alhasil laporan pada pertengahan April lalu mengeklaim tim raksasa Ligue 1 cukup serius mengejar tanda tangan gelandang Barcelona.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya