Hansi Flick Resmi Jadi Pelatih Barcelona, Ini Durasi Kontraknya

Hansi Flick resmi menjadi pelatih baru Barcelona dengan kontrak dua tahun. Dia menggantikan Xavi Hernandez yang diberhentikan.

oleh Rossa Izza Amalia diperbarui 29 Mei 2024, 19:17 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2024, 19:17 WIB
Hansi Flick
Hansi Flick, eks pelatih Bayern Munchen dan Timnas Jerman, akan mulai menangani Barcelona pada musim 2024/2025. (KARIM JAAFAR / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Hansi Flick resmi menjadi pelatih baru Barcelona dengan kontrak dua tahun. Dia menggantikan Xavi Hernandez yang diberhentikan pekan lalu.

"Kami mencapai kesepatakan dengan Flick menangani tim utama hingga 30 Juni 2026," tulis keterangan resmi klub, Rabu (29/5/2024).

 

Flick tiba di Barcelona sehari sebelumnya. Dia menganggur sejak diberhentikan sebagai manajer timnas Jerman sejak September tahun lalu.

 

Presiden Barcelona Joan Laporta dilaporkan sudah lama mengagumi kemampuan Flick. Pada tahun 2021, Laporta sempat berusaha merekrut Flick untuk menggantikan Ronald Koeman. Namun, pada waktu itu, Flick masih melatih Bayern Munchen dan telah berkomitmen untuk mengambil alih timnas Jerman.

Negosiasi antara Barcelona dan Flick kembali mengemuka pada awal tahun 2024 setelah Xavi mengumumkan akan mundur akhir musim ini. Harapan Flick untuk mengambil alih kursi kepelatihan di Camp Nou sempat meredup ketika Barcelona mengumumkan Xavi akan memenuhi kontraknya hingga 2025 pada April.

Namun, situasi berubah drastis ketika Laporta memutuskan untuk memecat Xavi yang mempertanyakan kemampuan klub bersaing karena kondisi buruk finansial klub.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Reputasi Hansi Flick Bikin Barcelona Kagum

Timnas Kosta Rika vs Timnas Jerman Grup E Piala Dunia 2022
Pelatih kepala Jerman, Hansi Flick memberikan instruksi ke pemainnya saat matchday ketiga Grup E Piala Dunia 2022 melawan Kosta Rika di Al Bayt Stadium, Jumat (01/12/2022). (AP/Martin Meissner)

Flick membawa pengalaman dan prestasi yang mengesankan dalam dunia sepak bola. Sebagai asisten Joachim Low di tim nasional Jerman, ia memainkan peran penting dalam kemenangan mereka di Piala Dunia 2014.

Saat menjadi pelatih kepala Bayern Munchen, Flick menikmati kesuksesan besar, termasuk menjadi treble winners 2020, yang mencakup gelar Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions. Dia juga mengarsiteki kemenangan historis 8-2 Bayern atas Barcelona pada Agustus empat tahun lalu.

Namun, karir Flick bersama tim nasional tidak berjalan sesuai harapan. Setelah serangkaian hasil buruk, termasuk tersingkirnya Jerman dari babak grup Piala Dunia 2022, Flick dipecat pada tahun 2023. 


Barcelona Juga Perpanjang Kontrak Hector Fort

Foto: Jelang Laga Panas Dua Tim Top Eropa di Piala Dunia U-17, Begini Potret Latihan Timnas Spanyol U-17 dan Timnas Jerman U-17
Pemain Timnas Spanyol U-17, Hector Fort memberikan keterangan saat latihan resmi menjelang laga perempat final Piala Dunia U-17 2023 melawan Timnas Jerman U-17 yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (23/11/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Di tengah hiruk-pikuk negosiasi untuk mendatangkan Flick sebagai pelatih baru, Barcelona juga membuat langkah strategis dengan memperpanjang kontrak bek muda Héctor Fort hingga tahun 2026. Pemain berusia 17 tahun ini telah tampil dalam 10 pertandingan tim utama sejak debutnya di awal musim, menunjukkan potensi besar yang diharapkan akan menjadi pilar masa depan klub.

Keputusan untuk mempertahankan Fort menegaskan komitmen Barcelona terhadap pengembangan pemain muda berbakat. Fort telah memperlihatkan performa yang mengesankan, menunjukkan kematangan dan ketenangan yang jarang terlihat pada pemain seusianya.

Dengan kedatangan Flick, yang dikenal karena kemampuannya mengembangkan talenta muda dan mengimplementasikan taktik yang efektif, Barcelona bersiap untuk memasuki era baru yang penuh harapan dan ambisi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya