Prediksi Final Liga Champions Dortmund vs Real Madrid: Duel Goliath vs David

Dortmund akan berstatus sebagai kuda hitam pada final Liga Champions 2023/2024 melawan Real Madrid.

oleh Thomas diperbarui 01 Jun 2024, 09:25 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2024, 09:00 WIB
Rodrygo - Manchester City vs Real Madrid: Leg Kedua Perempatfinal Liga Champions 2023/2024
Selebrasi striker Real Madrid, Rodrygo (kiri) bersama rekannya, Vinicius Junior dan Eduardo Camavinga setelah mencetak gol ke gawang Manchester City pada laga leg kedua perempatfinal Liga Champions 2023/2024 di Etihad Stadium, Manchester, Rabu (18/4/2024). (AP Photo/Dave Shopland)

Liputan6.com, Jakarta Final Liga Champions 2023/2024 akan mempertemukan kuda hitam Borussia Dortmund melawan Real Madrid di Stadion Wembley pada Minggu (2/6/2024) dini hari WIB. Pertandingan final ini bak duel Goliath melawan David.

Real Madrid begitu diunggulkan akan menjadi juara Liga Champions untuk ke-15 kalinya. Los Blancos merupakan tim yang paling sering juara di Liga Champions. Mereka juga punya materi pemain bertabur bintang.

Sedangkan Borussia Dortmund baru tiga kali berlaga di final Liga Champions dengan sekali juara dan satu kali menjadi runner-up. Lolosnya Dortmund ke final musim ini juga sangat mengejutkan. Mereka tidak difavoritkan bahkan sejak fase grup dimana Marco Reus dan kawan-kawan masuk grup neraka.

Performa kedua tim di liga domestik juga berbanding terbalik. Real Madrid begitu perkasa dan sukses menjadi juara di LaLiga. Sedangkan pasukan Edin Terzic ini harus menerima nasib finis di posisi kelima.

Dortmund juga punya kenangan buruk di Stadion Wembley. Pada final Liga Champions terakhirnya di tahun 2013, Dortmund kalah 1-2 dari rival abadi di Bundesliga, Bayern Munchen, berkat gol menit akhir winger Arjen Robben.

Di skuad Dortmund saat ini masih bercokol dua pemain yang ikut merasakan pahitnya kekalahan dari Munchen di final Liga Champions 2013 yakni Reus dan bek tengah Mats Hummels.

Menariknya di skuad Madrid saat ini, ada dua pemain Munchen yang ikut mengalahkan Dortmund di final 2013, gelandang Toni Kroos dan bek David Alaba. Tapi nama terakhir tidak akan turun di final karena masih cedera ACL.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Faktor Kroos dan Bellingham

Kroos akan berambisi mengalahkan Dortmund di Final Liga Champions untuk kedua kalinya. Pasalnya laga di Wembley ini bakal menjadi penampilan terakhir Kroos bersama Madrid. Dia sudah memastikan akan pensiun setelah selesai membela timnas Jerman di Piala Eropa 2024.

Para pemain Real Madrid juga akan termotivasi untuk memberikan kado perpisahan kepada Kroos berupa trofi Liga Champions ke-15 bagi Los Blancos.

Real Madrid juga punya senjata pamungkas untuk mengalahkan Dortmund dalam diri Jude Bellingham. Pemain Inggris ini tentu saja sudah mengetahui kelemahan pertahanan Dortmund karena musim lalu masih memperkuat klub Jerman tersebut.

Rekor pertemuan juga memihak Real Madrid. Dortmund cuma menang tiga kali, sedangkan Real Madrid meraih enam kemenangan. Dua pertemuan terakhir di Liga Champions juga dimenangi Real Madrid pada musim 2017-2018.


Reus Siap Buat Kejutan

Foto: Jungkalkan PSG, Borussia Dortmund Kembali ke Final Liga Champions setelah 11 Tahun
Selebrasi para pemain Borussia Dortmund merayakan gol yang dicetak Mats Hummels (tengah) ke gawang PSG pada laga leg kedua semifinal Liga Champions 2023/2024 di Parc des Princes Stadium, Paris, Rabu (7/5/2024). (AP Photo/Christophe Ena)

Pada partai final nanti, Dortmund sedikit diuntungkan dengan kebugaran pemain. Real Madrid tidak akan bisa diperkuat gelandang Aurelien Tchouameni karena belum sembuh dari pemulihan cedera kaki. Eduardo Camavinga yang akan menggantikan sebagai starter.

Di kubu Dortmund, para pemain kunci bisa diturunkan semuanya oleh Terzic. Striker cadangan Sebastien Haller juga sudah bisa turun lagi. Haller akan dimainkan di babak kedua. Niclas Fullkrug yang menjadi starter di lini depan.

Meski tak diunggulkan, Dortmund siap membuat kejutan. Reus mengaku di atas lapangan semua bisa terjadi. "Jelas, Real diunggulkan. Tapi saya tak peduli, karena status favorit tak menentukan siapa yang akan memenangkan pertandingan," ujar Reus seperti diwartakan TNT Sports.

"Kedua tim akan mempersiapkan diri dengan baik, lalu semuanya bergantung pada penampilan di hari tersebut. Kemenangan ditentukan banyak hal: kemauan, kebugaran, lagipula laga nanti bisa berjalan lebih dari 90 menit. Kami jelas sangat, sangat fit. Kami memiliki tekad yang sangat kuat untuk memenangkan final. Dalam 10 tahun terakhir, Real telah berada di final lima atau enam kali dan belum pernah kalah di final tersebut - waktunya bagi kami untuk melakukannya," tegas Reus.


Prakiraan Susunan Pemain Dortmund vs Real Madrid

Borussia Dortmund: Kobel; Ryerson, Hummels, Schlotterbeck, Maatsen; Sabitzer, Can; Sancho, Brandt, Adeyemi; Fullkrug

Real Madrid: Courtois; Carvajal, Rudiger, Nacho, Mendy; Valverde, Camavinga, Kroos; Bellingham; Rodrygo, Vinicius Junior

 


Head to Head Dortmund vs Real Madrid

07-12-2017: Madrid 3-2 Dortmund (Liga Champions)

27-09-2017: Dortmund 1-3 Madrid (Liga Champions)

08-12-2016: Madrid 2-2 Dortmund (Liga Champions)

28-09-2016: Dortmund 2-2 Madrid (Liga Champions)

09-04-2014: Dortmund 2-0 Madrid (Liga Champions).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya