Hasil Euro 2024: Redam Italia Lewat Gol Bunuh Diri, Spanyol Susul Jerman ke 16 Besar

Spanyol berhasil menyusul Jerman lolos ke babak 16 besar Euro 2024 usai menang tipis 1-0 atas Italia pada laga kedua grup B.

oleh Defri Saefullah diperbarui 21 Jun 2024, 03:54 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2024, 03:54 WIB
Fabian Ruiz Euro 2024
Gelandang Spanyol Fabian Ruiz mencoba menjauh dari Davide Frattesi saat melawan Italia pada laga kedua grup B Euro 2024 (AP)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Spanyol berhasil menjadi tim kedua yang lolos ke-16 besar Euro 2024 usai menang tipis 1-0 atas Italia pada laga grup B di stadion Veltins Arena, Jumat (21/6/2026). Satu gol Spanyol dicetak karena gol bunuh diri Ricardo Calafiori yang gagal antisipasi umpan tarik Williams.

Kemenangan ini sudah cukup bagi Spanyol untuk memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2024. Soalnya, apapun hasil yang diraih di laga terakhir posisi dua besar tak akan tergeser.

Jalannya Pertandingan Spanyol vs Italia

Spanyol langsung mendapatkan peluang di menit ke-3 lewat Pedri. Untung saja sundulannya hasil umpan Nico Williams masih bisa ditepis Donnarumma sehingga skor tetap 0-0.

Spanyol sangat atraktif dan membuat peluang kedua lewat Nico Williams di menit ke-10. Manfaatkan umpan dari Alvaro Morata, sundulan Williams masih melebar.

Italia mendapatkan peluang lewat Gianluca Scamacca di menit ke-14. Namun dia tak sempurna saat menahan bola di kotak penalty Spanyol, peluang pun terbuang.

Dominasi Spanyol terlihat hingga menit ke-20. La Furia Roja bisa melepas 3 kali tembakan dan 1 diantaranya mengarah ke gawang, sedangkan Italia belum menembak sekalipun.

Spanyol Kembali mendapatkan peluang lewat Alvaro Morata di menit ke-24. Manfaatkan tusukan Lamine Yamal, untung saja tembakannya masih bisa ditepsi Donnarumma. Begitupun dengan tembakan keras Fabian Ruiz di menit ke-25 yang lagi-lagi ditepis.

Lagi, Italia beruntung karena pertahanan masih rapat. Lewat Kerjasama satu dua dengan Dani Carvajal, Rodri nyaris melepas tembakan terukur di menit ke-28 yang sayangnya masih membentur pemain Italia.

Spanyol sudah melepas 9 tembakan dan empat diantaranya engarah ke gawang sampai menit ke-43. Fabian Ruiz paling banyak melepas tembakan ke arah gawang dengan 3 kali. Italia baru melepas tendangan 1 kali di menit ke-45 lewat Federico Chiesa yang melambung ke atas gawang.

Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 antara Italia melawan Spanyol bertahan. Adakah yang cetak gol kemenangan di babak 2 grup B Piala Eropa 2024?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Dua Spanyol vs Italia di Euro 2024

Nico Williams Euro 2024
Winger Spanyol Nico Williams tampak sangat kecewa gagal manfaatkan peluang emas di depan gawang Italia pada laga grup B Euro 2024 (AP)

Italia memasukkan tenaga baru Bryan Christante dan Andrea Cambiasso. Keduanya gantikan Davide Frattesi dan Jorginho di babak kedua.

Spanyol membuka peluang di menit ke-50. Namun Lamine Yamal terlalu lama mengolah bola sehingga tak sempat melepas tembakan.

Pedri nyaris saja encetak gol di menit ke-52. Manfaatkan umpan tarik Marc Cucurella, sontekannya melebar dari gawang Italia.

Spanyol akhirnya unggul 1-0 berkat gol bunuh diri Calafiori di menit ke-55. Maksud hati ingin menghalau umpan tarik Nico Williams, dia malah membawa bola masuk gawang sendiri. Tragis!

Alvaro Morata menguji gawang Italia di menit ke-58. Ini memaksa Donnarumma melakukan penyelamatan kelimanya di laga ini.

Nico Williams nyaris membuat Spanyol tambah gol. Namun tembakannya dari sisi kiri di menit ke-70 masih mengenai tiang gawang Italia.

Spanyol begitu mendominasi sampai menit ke-83. La Roja melepas 17 kali tembakan dan 7 diantaranya mengarah ke gawang, Donnarumma harus menepis sampai 6 kali.

Italia mulai panas di menit-menit akhir. Azzuri mengepung pertahanan Spanyol tapi kesulitan cetak gol hingga menit ke-88.

Ayoze Perez nyaris menambah gol Spanyol di injury time babak dua. Menusuk dari sayap kiri, dia sudah lewati pertahanan Italia tapi tembakannya masih bisa ditepis Donnarumma.

Hingga pertandingan berakhir, Spanyol mampu menjaga keunggulan 1-0 atas Italia. Spanyol akan menyempurnakan poin saat menghadapi Albania di laga terakhir nanti.


Susunan Pemain Spanyol vs Italia

Aymeric Laporte Euro 2024
Bek Spanyol Aymeric Laporte mencoba halau Davide Frattesi saat melawan Italia di laga kedua grup B Euro 2024 (AP)

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Dani Carvajal, Robin Le Norman, Aymeric Laporte, Marc Cucurella; Pedri, Rodri, Fabian Ruiz;Lamine Yamal, Alvaro Morata, Nico Williams

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovani Di Lorenzo, Alesandro Bastoni, Ricardo Calafiori, Federico Di Marco;Davide Frattesi, Jorginho, Nicolo Barella; Federico Chiesa, Gianluca Scamacca, Lorenzo Pellegrini

Banner Grafis Euro 2024 Grup A : Jerman, Skotlandia, Hungaria, Swiss
Banner Grafis Euro 2024 Grup A : Jerman, Skotlandia, Hungaria, Swiss (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya