Euro 2024: Didier Deschamps Ungkap Alasan Kekalahan Prancis, Komentari Permainan Gemilang Spanyol

Didier Deschamps harus mengakui kehebatan Spanyol yang mengalahkan Prancis 2-1 pada laga semifinal Euro 2024.

oleh Defri Saefullah diperbarui 10 Jul 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2024, 06:30 WIB
FOTO Kylian Mbappe, Spanyol Vs Prancis di Euro 2024
Bintang Prancis, Kylian Mbappe usai timnya kalah dari Spanyol dan tersingkir di semifinal Euro 2024. Photo/Antonio Calanni)

Liputan6.com, Jakarta Prancis gagal mengulang prestasi 24 tahun lalu saat tembus final dan juara Euro. Kali ini, Prancis hanya mampu tembus semifinal Euro 2024 usai kalah 1-2 dari Spanyol.

Prancis menunjukkan permainan yang meyakinkan lawan Spanyol. Gol cepat dari Randal Kolo Mouani sempat melambungkan asa mereka.

Namun Prancis tersentak saat Lamine Yamal mencetak gol penyeimbang di menit ke-21. Bukan sekadar gol biasa karena dicetak lewat tendangan melengkung di luar kotak penalti.

Penampilan Prancis seperti klimaks dari permainan kurang meyakinkan yang dipertunjukkan Les Bleus sepanjang turnamen. Mereka hanya mampu mencetak 4 gol di Euro 2024 dan gol Kolo Mouani jadi satu-satunya yang dicetak lewat open play atau permainan terbuka.

Pelatih Prancis, Didier Deschamps juga menyoroti kekalahan ini. Dia sedikit membeberkan alasan mengapa bisa kalah.

"Kami mungkin...sedikit kurang segar, ini membuat kami banyak membuang peluang, utamanya saat build up permainan. Kami kurang sering menekan lawan," ujarnya.

 


Didier Deschamps Puji Kualitas Spanyol

Hasil Euro 2024 Spanyol vs Prancis
Sementara Les Blues mengandalkan trio Kylian Mbappe, Randal Kolo Muani, dan Ousmane Dembele. (Tobias SCHWARZ / AFP)

 

Meski kecewa, Deschamps mengakui bahwa Spanyol sedikit di atas Prancis pada laga semifinal tersebut. La Roja disebutnya sukses memperlihatkan permainan konsisten sampai semifinal.

"Spanyol membuktikan kalau mereka tim yang sangat bagus. Kami beruntung bisa cetak gol lebih dahulu, tapi mereka merepotkan kami karena mereka superior dalam hal mengontrol bola," kata Deschamps.

"Malam ini, mereka menunjukkan seluruh kualitas mereka," dia menambahkan.

 


William Saliba Kecewa

Hasil Euro 2024 Spanyol vs Prancis
Berkat hasil ini, Spanyol pun berhak tampil di partai final untuk menghadapi pemenang laga Belanda vs Inggris. (Tobias SCHWARZ / AFP)

 

Sementara itu, bek Prancis William Saliba mengaku kecewa karena gagal melaju ke final Euro 2024. Dia merasa Les Bleus seharusnya bisa tampil lebih baik.

"Kami kecewa karena seharusnya bisa melakukan hal lebih baik. Kami mencetak gol lebih dahulu, tapi setelah itu, kami beri mereka dua gol," ujarnya.

"Sejujurnya mereka lebih baik daripada kami dan kami harus menerima itu. Ini sulit, tapi begitulah yang terjadi. Kami memberikan segalanya agar cetak gol lagi tapi tak terjadi."


Susunan Pemain Spanyol vs Prancis

Hasil Euro 2024 Spanyol vs Prancis
Penyerang Spanyol Dani Olmo merayakan gol kedua timnya yang dicetak ke gawang Prancis pada semifinal Euro 2024 di Allianz Arena, Munchen, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Spanyol (4-3-3): Simon; Navas, Nacho, Laporte, Cucurella; Olmo, Rodri, Fabian Ruiz; Lamine Yamal, Alvaro Morata, Nico Williams

Prancis (4-3-3): Maignan; Kounde, Upamecano, Saliba, Hernandez; Kante, Tchouameni, Rabiot; Dembele, Kolo Muani, Mbappe

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya