3 Bintang Liga Inggris yang Digoda Klub Arab Saudi di Musim Panas 2024: Termasuk Kapten Manchester United

Sejumlah pemain top Liga Inggris, termasuk kapten Manchester United Bruno Fernandes, mulai dikaitkan dengan kepindahan ke klub Arab Saudi di bursa transfer musim panas 2024. Simak ulasan lengkapnya melalui artikel berikut ini.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 27 Jul 2024, 01:00 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 01:00 WIB
Pemain Manchester United Bruno Fernandes
Pemain Manchester United Bruno Fernandes menjadi satu dari sederet bintang Liga Inggris yang konon diminati oleh klub Arab Saudi di bursa transfer musim panas 2024. (AP Photo/Dave Thompson)

Liputan6.com, Jakarta - Bursa transfer musim panas 2024 di Liga Inggris kembali diwarnai kehadiran klub-klub Arab Saudi. 

Sejak Cristiano Ronaldo hijrah ke Al Nassr usai berpisah dari Manchester United pada akhir tahun 2022, sejumlah bintang papan atas mulai ikut digoda untuk mengikuti jejak megabintang asal Portugal.

Nama beken seperti Roberto Firmino yang sebelumnya memperkuat rival sengit Setan Merah Liverpool jadi salah satu pemain yang memutuskan terjun ke Timur Tengah pada musim panas 2023.

Winger Manchester City Riyad Mahrez tak ketinggalan memanaskan kompetisi Saudi Pro League dengan bergabug bersama Al Ahli tahun lalu.

Sementara itu dari luar Premier League, eks Sadio Mane menyusul Cristiano Ronaldo ke Al Nassr selepas perpisahannya dengan Bayern Munchen.

Neymar juga ikut menjadi 'gong' dalam gelombang perekrutan klub-klub Arab Saudi setelah memilih bergabung dengan Al-Hilal usai mengakhiri masa kerjanya bersama raksasa Prancis Paris Saint-Germain (PSG).

Meski telah menghadirkan deretan nama papan atas musim panas lalu, klub Arab Saudi nampaknya belum berhenti menggoda pemain-pemain beken lewat jendela transfer kali ini. Ada setidaknya 3 bintang Liga Inggris yang sudah dijadikan sasaran, dengan salah satunya ialah kapten Manchester United Bruno Fernandes.

Simak ulasan lengkap mengenai 3 pemain top Premier League yang mulai digoda pindah ke Saudi Pro League pada halaman selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kevin De Bruyne (Manchester City)

Kevin De Bruyne
Kevin De Bruyne merupakan pilar penting di lini tengah Manchester City. Namun pada musim panas tahun ini, Gelandang Timnas Belgia tersebut santer disebut bakal angkat kaki dari Man City. Dia dikabarkan telah mencapai kesepakatan personal dengan Al Ittihad. (Fabrice COFFRINI / AFP)

Kevin De Bruyne merupakan salah satu pemain papan atas milik Manchester City. Dia berkontribusi membantu The Citizens memenangkan treble pada kampanye 2022/2023 dengan menyumbang 10 gol dan 31 assists dalam total 49 penampilan lintas ajang sepanjang musim tersebut.

De Bruyne sempat digangu masalah cedera yang membatasi kontribusinya pada awal periode 2023/2024. Kendati demikian, dia tetap mencatatkan sumbangsih 6 gol dan 18 assists di berbagai kompetisi sekaligus mendorong timnya menyabet gelar Premier League keempat berturut-turut.

Sayangnya, De Bruyne tinggal memiliki sisa satu tahun dalam kontraknya di Etihad. Football Transfers mengeklaim pemain berusia 33 tahun baru-baru ini mengakui dirinya bisa tergoda jika mendapat tawaran finansial dari Arab Saudi.

Selaras dengan hal itu, klub Saudi Pro League Al-Ittihad dilaporkan mulai berupaya keras untuk mengontrak gelandang asal Belgia. Mereka bahkan digadang-gadang rela menjadikan De Buyne sebagai pesepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia lewat kontrak senilai lebih dari 1 juta euro per pekan.


2. Ederson (Manchester City)

Ederson
Manchester City berpotensi kehilangan Ederson. Ederson kabarnya bersedia untuk angkat kaki dari Etihad Stadium pada musim panas ini dan membuka diri untuk mencoba kompetisi di Timur Tengah. (Paul ELLIS / AFP)

Tak hanya Kevin De Bruyne, bintang Manchester City lainnya, Ederson, juga ditawari peluang pindah ke Arab Saudi. Posisi kiper asal Brasil itu kemungkinan bakal digantikan oleh Stefan Ortega apabila dia benar-benar memutuskan pindah dari Etihad musim panas ini.

Melansir laporan Football Transfers, Al-Ittihad menjadi klub yang siap menyodorkan tawaran menggiurkan untuk Ederson. Mereka konon memberi kesepakatan senilai 25 juta euro per tahun demi menggaet penjaga gawang The Citizens agar hijrah ke Timur Tengah.

Nicolo Schira mengeklaim Ederson sudah menerima tawaran kontrak dari Al-Ittihad yang berlaku sampai 2027. Pakar transfer Fabrizio Romano juga mengonfirmasi sang pemain memang ingin pindah ke Arab Saudi, tetapi belum ada kesepakatan mengenai biaya antara calon klub barunya dnegan Manchester City.

Menurut kabar, klub juara Liga Inggris mengharapkan mahar di kisaran 50 hingga 60 juta euro dari klub yang meminati jasa penjaga gawangnya.


3. Bruno Fernandes (Manchester United)

Erik ten Hag dan Bruno Fernandes
Manajer Manchester United, Erik ten Hag, semringah setelah timnya meraih kemenangan 3-2 atas Newcastle United pada laga tunda pekan ke-34 Premier League musim ini di Old Trafford, Kamis (16/5/2024) dini hari WIB. (AP Photo/Dave Thompson)

Kapten Manchester United Bruno Fernandes cukup santer dikaitkan dengan minat dari Arab Saudi di bursa transfer musim panas 2024. Laporan pada awal Juli lalu bahkan mengeklaim ada setidaknya dua raksasa Saudi Pro League yang berupaya mendapatkan tanda tangan pemain Portugal, yakni Al-Ittihad serta Al-Nassr.

Klub kedua bahkan punya kunci untuk merayu Fernandes agar pindah ke Timur Tengah. Keberadaan Cristiano Ronaldo diyakini bisa menjadi faktor yang memengaruhi prospek bergabungnya kapten MU dengan Al-Nassr.

Hanya saja, klub Arab Saudi bukan satu-satunya pihak yang meminati jasa Fernandes. Kabar baru-baru ini juga menunjukkan raksasa Prancis Paris Saint-Germain (PSG) ikut menaruh hati padanya.

Kendati begitu menurut ESPN, kecil kemungkinan sang penggawa bakal meninggalkan Manchester United pada musim panas 2024. Kubu Liga Inggris menegaskan pihaknya tak bakal mengizinkan sang kapten pergi, dengan hanya tawaran besar yaang kemungkinan mampu mengubah pendirian Setan Merah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya