Pensiun dari Timnas Uruguay, Luis Suarez Ungkap Momen Terindah di Level Internasional

Luis Suarez mengumumkan bakal mundur dari timnas Uruguay usai pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Paraguay, Sabtu (7/9/2024).

oleh Salma Sophiatunnisa diperbarui 03 Sep 2024, 23:00 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 23:00 WIB
Foto: Momen Luis Suarez Umumkan Pensiun dari Timnas Uruguay, Tak Kuasa Tahan Air Mata
Luis Suarez berusaha menahan tangis saat mengonfirmasi bahwa pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Uruguay melawan Paraguay akhir pekan ini akan menjadi penampilan terakhirnya untuk negaranya. (AFP/Eitan Abramovich)

Liputan6.com, Jakarta - Luis Suarez mengumumkan bakal mundur dari timnas Uruguay usai pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona CONMEBOL melawan Paraguay, Sabtu (7/9/2024).

Mantan bintang Liverpool dan Barcelona itu kini bermain untuk Inter Miami di MLS. Dia tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Uruguay dengan 69 gol dalam 142 pertandingan dalam durasi 17 tahun.

"Tidak ada kebanggaan yang lebih baik bagi diri sendiri selain mengetahui kapan saat yang tepat untuk pensiun. Saya pensiun dari tim nasional karena saya ingin mundur," jelas Suarez.

"Saya berusia 37 tahun dan saya tahu bahwa sangat sulit untuk main di Piala Dunia berikutnya. Saya sangat terhibur karena saya bisa pensiun dan bukan karena cedera yang membuat saya pensiun, atau berhenti dipanggil,” sambungnya dilansir ESPN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gelar Paling Berharga Luis Suarez

Foto: Luis Suarez Torehkan Rekor Ciamik setelah Cetak Gol Penting untuk Kemenangan Uruguay di Copa America 2024
Pemain Uruguay, Luis Suarez melakukan selebrasi setelah mencetak gol penyeimbang 2-2 ke gawang Kanada pada laga perebutan peringkat ketiga Copa America 2024 di Bank of America Stadium, Charlotte, North Carolina, Minggu (14/07/2024). (AP Photo/Jacob Kupferman)

Suarez melakoni debut seniornya untuk Uruguay pada 8 Februari 2007, dalam kemenangan 3-1 atas Kolombia, dan segera menjadi bagian penting dari skuad. Dia tampil dalam 19 dari 20 pertandingan kualifikasi untuk membawa La Celeste mengamankan tempat di Piala Dunia Afrika Selatan.

Mantan penggawa Ajax Amsterdam itu kemudian memainkan peran penting pada Piala Dunia pertamanya dengan menjadi starter dalam lima dari enam pertandingan yang dijalani Uruguay. Setelah itu Suarez mengikuti tiga edisi Piala Dunia lainnya pada 2014, 2018, dan 2022. Dia juga mengikuti Copa America 2011, 2016, 2019, 2021, dan 2024.

“Saya beruntung bisa memenangkan banyak gelar dalam karier saya. Tetapi saya tidak akan menukar gelar Copa America dengan apa pun di dunia ini. Trofi Copa America tahun 2011 itu adalah momen terindah yang saya alami dalam karier saya sebagai pemain profesional. Saya tidak akan menukarnya dengan apa pun meski saya memenangkan banyak hal lainnya," ungkap Suarez.


Kiprah Luis Suarez Selanjutnya

Foto: Momen Luis Suarez Umumkan Pensiun dari Timnas Uruguay, Tak Kuasa Tahan Air Mata
Striker Uruguay Luis Suarez resmi pensiun dari tim nasional pada Selasa, 3 September 2024. (AP Photo/Matilde Campodonico)

Sebelum ini, Suarez tampil terakhir kali untuk Uruguay pada pertandingan perebutan tempat ketiga Copa America 2024 melawan Kanada. Di laga itu dia mencetak gol dalam adu penalti untuk membantu timnya menang.

Setelah pensiun, Suarez bakal fokus sepenuhnya bersama Inter Miami. Di sana dia bergabung dengan Lionel Messi, Jordi Alba, dan Sergio Busquets, dalam misi membawa tim juara.

Jika Suarez mampu mempertahankan performa, Inter Milan layak optimistis. Sejauh ini sang penyerang sudah melesakkan 16 gol.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya