5 Pemain yang Bisa Jadi Andalan Timnas Indonesia saat Jamu Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Wajib Starter

Timnas Indonesia bakal menjamu Australia dalam laga kedua grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Ada sejumlah pemain yang bisa dijadikan andalan Shin Tae-yong dalam pertandingan kali ini. Siapa saja mereka?

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 09 Sep 2024, 00:01 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 00:01 WIB
Pemain Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen
Pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen, bisa jadi salah satu andalan bagi skuad Garuda ketika menjamu Australia dalam laga kedua grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal melanjutkan perjuangannya dalam laga kedua grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad racikan Shin Tae-yong dijadwalkan menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024) pukul 19.00 WIB.

Duel kali ini menjadi kesempatan kedua bagi pasukan Garuda mencuri poin setelah sebelumnya menahan imbang Arab Saudi di Jeddah pada laga pertama.

Timnas Indonesia kala itu memaksa permainan berakhir 1-1, meski lini pertahanan sering kali digempur, yang membuat Maarten Paes harus bekerja keras dalam laga melawan The Green Falcons, Jumat (6/9/2024) kemarin.

Sebaliknya, Australia yang menjamu Bahrain lebih dulu malah keok di tangan tim tamu. Bermain dengan 10 penggawa sejak menit 77, Socceroos gagal memetik poin usai Harry Souttar melesakkan gol bunuh diri di pengujung waktu normal babak kedua yang mengubah papan skor menjadi 0-1 saat bubaran.

Pertandingan kontra Timnas Indonesia pun berpotensi dijadikan ajang tebus kekalahan oleh Socceroos. Apalagi, gelandang Australia Jackson Irvine pun sebelumnya telah menggaris bawahi betapa pentingnya duel melawan skuad Garuda di laga kedua.

"Saya pikir duel (melawan Timnas Indonesia) nanti bakal menentukan. Ini pertandingan besar dalam kontes 10 laga di kualifikasi. Kami harus belajar dari kekalahan (oleh Bahrain) dan bangkit di hari Selasa karena hasil ini sungguh mengecewakan," ucap Irvine beberapa waktu lalu.

Ada sejumlah pemain yang bisa diandalkan pelatih Shin Tae-yong untuk mengantisipasi ancaman Timnas Australia di SUGBK, Selasa (10/9/2024) mendatang. Lima di antaranya akan diulas pada halaman berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Maarten Paes

Maarten Paes
Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes, memberikan applause kepada fans setelah menjalani debutnya. (Dok. X/FC Dallas)

Maarten Paes jadi salah satu nama yang layak dijadikan andalan Timnas Indonesia saat menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Diaterbukti jadi tembok pertahanan penting buat skuad Garuda ketika debut dalam laga perdana melawan Arab Saudi di fase grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Jumat (6/9/2024) lalu.

Meski sempat melakukan blunder dengan tidak sengaja melanggar pemain lawan di kotak terlarang saat babak kedua, kiper FC Dallas itu mampu menebus kesalahan dengan menggagalkan penalti The Green Falcons.

Alhasil Timnas Indonesia mengakhiri laga dengan skor imbang 1-1, yang mengantar skuad racikan Shin Tae-yong kini menduduki urutan 4 klasemen sementara dengan perolehan 1 poin.


2. Rizky Ridho

Rizky Ridho dan Salem Aldawsari - Kualifikasi Piala Dunia 2026
Bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho mengejar lari kencang dari winger andalan Timnas Arab Saudi, Salem Aldawsari dalam laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. (x.com/SaudiNT_EN)

Rizky Ridho juga layak diberi kesempatan dan tampil menjadi starter ketika Timnas Indonesia memainkan laga kedua dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Bek Persija Jakarta itu sebelumnya dimainkan sejak menit pertama di laga melawan Arab Saudi dan mampu menjalin kerja sama apik dengan rekan-rekannya di lini belakang.

Tercatat, Ridho beberapa kali membuat clearance bagi Timnas Indonesia saat menahan imbang The Green Falcons. Hanya saja, dia berujung digantikan dengan Muhammad Ferarri di babak kedua, tepatnya pada menit 80.


3. Jay Idzes

Jay Idzes - Timnas Arab Saudi Vs Timnas Indonesia
Jay Idzes (dua dari kiri) menjadi kapten saat Timnas Indonesia bertandang ke markas Timnas Arab Saudi, Jumat (6/9/2024). (Instagram/jayidzes).

Tampil sebagai kapten, Jay Idzes mampu menghadirkan ketenangan dan kedewasaan di lini belakang Timnas Indonesia ketika bertandang ke markas Arab Saudi.

Dia juga membuat kontribusi lewat 4 clearances-nya serta 6 intercept penting untuk membawa skuad Garuda mengakhiri laga dengan skor imbang.

Jay Idzes pun tak tergantikan di lini belakang skuad Garuda hingga akhir pertandingan Jumat (6/9/2024). Tak heran jika sang pemain bakal kembali mendapat tempat di posisi starter kontra Australia, mengingat vitalnya peran serta keberadaan dia bagi kubu bertahanan Timnas Indonesia.


4. Thom Haye

Timnas Indonesia vs Filipina: Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Thom Haye setelah mencetak gol pertama ke gawang Filipina pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Thom Haye merupakan salah satu penggawa penting di lini tengah Timnas Indonesia sejak bergabung dengan skuad Garuda. Di laga melawan Arab Saudi, dia juga jadi salah satu motor penting yang menggerakkan serangan Indonesia.

Jika tak ada aral melintang, dia layak kembali ditempatkan sebagai starter lini tengah saat pasukan Merah Putih menjamu Australia dalam pertandingan kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Hanya saja yang patut jadi catatan, Thom Haye sempat mengalami cedera di babak kedua laga kontrak The Green Falcons, yang memaksa Shin Tae-yong kala itu melakukan pergantian sekitar menit 59.


5. Ragnar Oratmangoen

Timnas Indonesia vs Filipina: Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026
Ekspresi pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen saat melawan Filipina pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Ragnar Oratmangoen tak ayal jadi salah satu penggawa paling menonjol di laga melawan Arab Saudi. Aksinya kala itu membuat dia layak mendapat kepercayaan lagi buat unjuk gigi saat menjamu Australia.

Ragnar berperan membawa Indonesia unggul lebih dulu setelah tendangannya mengenai badan Sandy Walsh dan berbelok ke arah gawang pada menit 19. Sayangnya, Arab Saudi mampu menyeimbangkan kedudukan jelang turun minum, yang membuat Indonesia harus puas berbagi poin dengan The Green Falcons.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya