Indonesia Lampaui Target Medali di Paralimpiade Paris 2024, Wakil CdM Apresiasi Pahlawan Bangsa

Paralimpiade Paris 2024 resmi selesai melalui upacara penutupan di Stade de France, Senin (9/9/2024) dini hari WIB. Indonesia mencetak rekor raihan terbanyak dengan 14 medali dengan rincian satu emas, delapan perak, dan lima perunggu.

oleh AY Yustiawan diperbarui 10 Sep 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2024, 04:00 WIB
Paralimpiade Paris 2024
Atlet Indonesia di Paralimpiade Paris 2024. (Dok NPC Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Paralimpiade Paris 2024 resmi selesai melalui upacara penutupan di Stade de France, Senin (9/9/2024) dini hari WIB. Indonesia mencetak rekor raihan terbanyak dengan 14 medali dengan rincian satu emas, delapan perak, dan lima perunggu.

Vice Chief de Mission (Vice CdM) Kontingen Paralimpiade Indonesia Sudaryono memberikan apresiasi atas capaian medali yang dihasilkan oleh para atlet dan seluruh kontingen Indonesia. Dengan keberhasilan tersebut, Kontingen Garuda mengakhiri perjalanan mereka di Paralimpiade Paris 2024 dengan menempati posisi ke-50.

"Dengan demikian, kontingen Indonesia dipastikan sudah mencapai dan melebihi target medali yang dicanangkan di Paralimpiade Paris 2024. Ini wajib kita apresiasi, karena atlet dan kontingen Indonesia merupakan pahlawan bangsa yang mengharumkan negara di pentas dunia," Kata Sudaryono dalam keterangannya.

Target Indonesia di Paralimpiade 2024 adalah satu emas, dua perak, dan tiga perunggu. Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia Reda Manthovani menyampaikan perkiraan tersebut saat melaporkan kesiapan atlet kepada Menpora RI Dito Ariotedjo pada 15 Agustus lalu.

"Artinya melalui torehan ini sudah memenuhi, bahkan melebihi target yang dicanangkan kontingen Indonesia pada Paralimpiade Paris 2024. Dan kami semua sangat bangga atas capaian yang telah dihasilkan ini," tutur Sudaryono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harumkan Indonesia di Pentas Dunia

Paralimpiade Paris 2024
Atlet Indonesia di Paralimpiade Paris 2024. (Dok NPC Indonesia)

Lebih lanjut, Sudaryono merasa terhormat karena telah diberikan kepercayaan untuk ikut terlibat dalam kontingen Indonesia untuk Paralimpiade Paris 2024 dan bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di level dunia.

"Olahraga adalah satu bidang yang punya peranan sangat penting untuk mengharumkan nama bangsa dan kita ada di situ, khususnya untuk Paralympic ini. Jadi saya merasa bangga dan tentu saja kebanggaan itu harus saya ikuti dengan kerja keras dan kita support semaksimal mungkin atlet-atlet paralympic kita saat ini dan untuk masa yang akan datang," imbuhnya.


Pahlawan Indonesia

Hikmat Ramdani dan Leani Ratri Oktila
Atlet Indonesia di Paralimpiade 2024 tak henti ukir prestasi. Ganda campuran bulu tangkis, Hikmat Ramdani dan Leani Ratri Oktila raih medali emas pertama. (Foto: NPC Indonesia dari Instagram @jokowi)

Sudaryono kembali menegaskan, para atlet yang telah berjuang di Paralimpiade Paris 2024 tersebut merupakan pahlawan Indonesia. Pasalnya, meski memiliki keterbatasan fisik, mereka tetap berjuang untuk mengharumkan nama bangsa di kancah pesta olahraga tingkat regional maupun dunia. Bahkan untuk ASEAN Para Games 2023 Kamboja lalu, Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara umum.

"Mereka adalah pahlawan-pahlawan bangsa. Di mana dengan segala keterbatasan, mereka memiliki semangat yang luar biasa untuk mengharumkan nama Indonesia di level dunia. Terima kasih para atlet, pelatih dan kru kontingen merah putih yang telah berjuang untuk memberikan hasil yang terbaik dan mengharumkan nama bangsa," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya