Tim Balap Sepeda Indonesia Juara Tour Of Binzhou

Tim balap sepeda asal Indonesia Nusantara Pro Cycling Team sukses menorehkan prestasi menawan di ajang Tour of Binzhou, China.

oleh Thomas diperbarui 21 Sep 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2024, 06:00 WIB
Tim Balap Sepeda Indonesia Juara Tour Of Binzhou
Tim Balap Sepeda Indonesia Juara Tour Of Binzhou

Liputan6.com, Jakarta- Tim balap sepeda asal Indonesia Nusantara Pro Cycling Team kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancang internasional. Menurunkan enam pembalap terbaiknya, Nusantara Pro Cycling Team mampu memenangi ajang Tour of Binzhou yang berlangsung di China pada awal September lalu.

Tour of Binzhou sendiri merupakan rangkaian Uni Sepeda Internasional (UCI) Asia Tour. Event balap sepeda bertaraf internasional ini memiliki total satu etape sepanjang 179,8 kilometer.

Tampil dengan kekuatan penuh, Nusantara Pro Cycling Team mengandalkan enam pembalap andalan. Tiga di antaranya merupakan rider asal Indonesia, yaitu Ilham Dzikri, Muhammad Herlangga, dan Muh Imam Arifin. Sementara itu, tiga pembalap lainnya yang turut memperkuat tim adalah Maral-Erdene Batmunkh dari Mongolia, Konosuke Nagashio dari Jepang, dan Lu Jiaquan (China).

Dalam ajang ini, Nusantara berhasil menyabet Tim Terbaik pada Klasifikasi Umum, atau yang biasa dikenal sebagai General Classification (GC). Capaian terbaik ini juga didorong oleh Mum Imam Arifin yang berhasil menyabet green jersey sebagai julukan sprinter terbaik.

“Memenangkan General Team Classification dan menunjukkan dominasi pada race hari ini. Kami tidak akan menyerah,” tulis Rastra Patria, team manager Nusantara Pro Cycling Team pada lama Instagram @nusantara_procycling.

Tidak mudah menaklukkan alam Binzhou. Dengan cuaca cukup berangin dan hawa panas pada suhu 35-36 derajat Celsius, seluruh atlet Nusantara Pro Cycling Team berhasil menembus angin dan melewati 71 pembalap lain dalam waktu sekitar hampir empat jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kunci Sukses Tim

Tim Balap Sepeda Indonesia Juara Tour Of Binzhou
Tim Balap Sepeda Indonesia Juara Tour Of Binzhou

Kunci kesuksesan tim ini salah satunya terletak pada penggunaan sepeda Polygon Helios A seri tertinggi sebagai senjata utama yang sudah mereka gunakan sejak tahun 2022. Sepeda ini telah diuji di Swiss dan mampu mengurangi hambatan angin hingga 30% dibandingkan dengan seri sepeda balap sebelumnya.

Sepeda yang merupakan hasil kolaborasi apik antara teknologi mutakhir dan desain inovatif karya anak bangsa, menciptakan produk unggulan yang mampu bersaing dengan sepeda balap internasional.

“Ketika teknologi benar-benar bertemu dengan fungsi, edisi khusus Nusantara Team, Helios A9X, dirancang secara eksklusif sebagai sepeda race-ready untuk performa terbaik di ajang balap Asia Tour yang berat,” tulis Rastra pada laman Instagram @nusantara_procycling.


Bakal Ikut Le Tour de Langkawi

Setelah menaklukkan negara Tirai Bambu, Nusantara akan kembali pada Le Tour de Langkawi, di Langkawi, Malaysia pada 29 September-6 Oktober 2024 mendatang.

Hasil di Binzhou ini menegaskan posisi Indonesia sebagai salah satu kekuatan baru dalam dunia balap sepeda Asia. Indonesia memiliki banyak bakat-bakat muda yang mampu bersaing di kancah internasional.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya