Mengenal Omar Marmoush, Si 'Salah Baru' yang Dilirik Manchester United

Omar Marmoush, si "Salah Baru" dari Eintracht Frankfurt, kini menjadi buah bibir di bura transfer Eropa. Manchester United dikabarkan memimpin perburuan pemain sensasional ini, namun bakal mendapat perlawanan sengit dari rival-rival sekota mereka.

oleh Rahmat Fathurahman diperbarui 15 Okt 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2024, 12:00 WIB
Timnas Senegal vs Mesir
Penyerang Mesir Omar Marmoush berebut bola dengan gelandang Senegal Idrissa Gana Gueye pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika di Stade Me Abdoulaye Wade, Rabu (30/3/2022) dini hari WIB. Senegal dipastikan lolos ke Piala Dunia 2022 setelah menang adu penalti atas Mesir 3-1. (SEYLLOU / AFP)

Liputan6.com, Jakarta- Omar Marmoush, si "Salah Baru" dari Eintracht Frankfurt, kini menjadi buah bibir di bura transfer Eropa. Manchester United dikabarkan memimpin perburuan pemain sensasional ini, namun bakal mendapat perlawanan sengit dari rival-rival sekota mereka. 

Marmoush telah memukau publik sepak bola dengan performanya yang memukau musim ini. Dalam sembilan pertandingan saja, ia telah mengukir sembilan gol dan enam assist, membuat banyak membandingkannya dengan Mohamed Salah dari Liverpool.

Berkat sentuhan ajaib Marmoush, Die Adler kini terbang tinggi di posisi ketiga Bundesliga, hanya terpaut satu poin dari sang jawara Bayern Munchen. Bahkan ia berhasil mempermalukan Die Roten dengan menyumbang dua gol dan satu assist saat Frankfurt bermain imbang 3-3 melawan raksasa Bavaria tersebut pada 6 Oktober lalu.

Kiprah gemilang pemain berusia 25 tahun ini telah menarik perhatian klub-klub elit Eropa, meski jendela transfer masih terkunci rapat selama lebih dari dua bulan kedepan.

Menurut laporan Goal, Manchester United berada di barisan terdepan dalam perburuan tanda tangan Marmoush. Namun, Setan Merah harus siap bersaing ketat dengan rival sekota mereka, Liverpool dan Arsenal, yang juga mengincar jasa sang penyerang pada musim panas mendatang.

 

Sang Play Maker Yang Mematikan

Piala Afrika Pantai Gading vs Mesir
Penyerang Mesir Omar Marmoush mencoba melakukan tendangan ke gawang Pantai Gading pada babak 16 besar Piala Afrika 2021 di Stade Omnisport de Douala, Rabu (26/1/2022). Mesir melangkah ke perempat final usai menyingkirkan Pantai Gading lewat drama adu penalti, 5-4 (0-0). (AP Photo/Themba Hadebe)

Saat nama Omar Marmoush mulai menggema di lorong-lorong Old Trafford, perbandingan dengan legenda Liverpool, Mohamed Salah, pun tak terelakkan. Meski masih jauh dari rekor 217 gol Salah yang menempatkannya sebagai pencetak gol kelima terbanyak sepanjang masa The Reds, Marmoush telah menunjukkan potensi yang menggiurkan.

Salah, dengan rasio 1,65 gol per pertandingan, hanya kalah dari Gordon Hodgson di jajaran 10 pencetak gol terbaik Liverpool. Tentu, mengharapkan Marmoush langsung menyamai prestasi ini di Manchester United terkesan terlalu muluk. Namun, kecepatan, kelincahan, kreativita, dan fleksibilitasnya ini di lini depan bisa jadi obat mujarab bagi skuad Erik ten Hag yang sedang terpuruk. 

Fakta mencengangkan, Marmoush telah mencetak lebih banyak gol di Bundesliga musim ini dibandingkan seluruh skuad Manchester United dalam tujuh laga Premier League mereka. Setan Merah bahkan tercatat sebagai tim dengan produktivitas gol terburuk kedua di liga.

Bukan hanya soal kesamaan negara asal, gaya bermain Marmoush juga kerap dibandingkan dengan Salah. Keduanya memiliki kemampuan mematikan, baik saat menerobos kotak penalti maupun memberikan assist mematikan.

Namun, jangan salah, Marmoush bukanlah kopian dari Salah. Ia lebih condong sebagai kreator di sepertiga akhir lapangan, berbeda dengan Salah yang kini lebih berkembang sebagai pencetak gol langsung Liverpool.

 

Perburuan Tanda Tangannya Begitu Sengit

Nigeria Menang Tipis Atas Mesir di Grup D Piala Afrika 2021
Penyerang Mesir Omar Marmoush (kiri) mengontrol bola di depan gelandang Nigeria Wilfred Ndidi (kanan) selama pertandingan Grup D Piala Afrika (CAN) 2021 di Stade Roumde Adjia di Garoua (12/1/2022). Nigeria menang tipis atas Mesir tipis 1-0. (AFP/Daniel Beloumou Olomo)

Meski Manchester United berambisi mendatangkan Omar Marmoush, jalan menuju tanda tangan sang wonderkid Mesir dipastikan tidak akan mulus. Setan Merah harus siap menghadapi persaingan sengit dari berbagai penjuru Inggris dan Eropa.

Liverpool, rival abadi United, dikabarkan sangat agresif dalam perburuan Marmoush. The Reds sedang mencari penerus potensial Mohamed Salah, yang masa depannya di Anfield masih diliputi ketidakpastian. Jika tidak ada perpanjangan kontrak, Salah bisa hengkang dari Merseyside secara cuma-cuma di akhir musim.

Bukan hanya Liverpool, Arsenal pun ikut meramaikan perburuan. Bahkan, duo London lainnya, Tottenham Hotspur dan Newcastle United, juga dirumorkan siap mengajukan tawaran menggiurkan untuk Marmoush. Belum lagi klub-klub elit Eropa yang juga mengintai dari kejauhan.

Situasi semakin rumit bagi United mengingat posisi pelatih Erik ten Hag yang masih gamang. Ketidakpastian di kursi kepelatihan bisa jadi bumerang bagi Setan Merah dalam negosiasi dengan Marmoush. 

Di usia 25 tahun, Marmoush kini berada di puncak karirnya. Jika performa gemilangnya berlanjut, bukan tidak mungkin ia akan menjadi incaran nomor satu di bursa transfer musim panas mendatang.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya