Cek Fakta: Hoaks Informasi TikTok Bagikan Hadiah Mobil hingga Uang Rp 75 juta

Penelusuran informasi TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 21 Okt 2022, 15:09 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2022, 15:08 WIB
Tangkapan layar informasi TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta, informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta berupa tulisan yang menyatakan nomor WhatApp pengguna mendapatkan hadiah dari TikTok Indonesia, untuk mengambil hadiah tersebut penerima pesan diarahkan untuk mengklik tautan yang tertera dalam pesan tersebut.

Berikut tulisannya.

"------ INFO RESMI -------

Selamat No WhatsAppAnda Mdptkan Hadiah dr TIKTOK INDONESIA ID

Cara pengambilan

Hadiah Cek dilink:

Bit.ly/TIK-TOKCASH-INDONESIA"

Ketika tautan tersebut diklik maka mengarah pada halaman situ yang berisi informasi sebagai berikut.

"GIVE AWAY TIKTOK CASH

GALERY PEMENANG HADIAH GIVE AWAY TIKTOK CASH

Disampaikan Kepada Saudara(i) Pemenang yang beruntung mendapatkan Pesan Resmi Undian TIKTOK CASH disertai dengan KODE ID PEMENANG Yang mencantumkan alamat Situs Resmi kami:https://bit.ly/TIK-TOKCASH-INDONESIABerarti Sah selaku pemenang Resmi Hadiah langsung dari TIKTOK CASHSELAMAT... Kepada Para Pemenang Yang beruntung Di Tahun 2022. Silahkan Anda Cocokkan KODE ID PEMENANG Yang Telah Anda Terima melalui Via Pesan Whatsapp Dari TIKTOK CASH Dengan Hadiah Yang Sudah Terterah Di Bawah ini.Jika ada Kesamaan anda Segera Konfirmasi atau Menghubungi Melalui Nomor Yang Telah Tercantum Di Situs ini."

Dalam halaman situs tersebut juga menyertakan hadiah yang bisa didapat mulai dari mobil, motor hingga uang Rp 75 juta.

Penerima pesan pun diarahkan untuk melakukan verikfikasi pin pemenang.

Benarkah informasi TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta, dengan menghubungi pihak TikTok Indonesia. Juru bicara TikTok menyatakan informasi tersebut hoaks.

Menurutnya muncul informasi palsu pembagian hadiah yang dibagikan sejumlah oknum yang mengaku sebagai karyawan TikTok 

"Ada beberapa oknum yang bahkan mengaku-ngaku sebagai karyawan TikTok," ucapnya.

Juru bicara TikTok pun membagikan unggahan akun resmi intagram TikTok Indonesia @tiktokofficialindonesia yang menyebutkan informasi sebagai berikut.

"Perhatian!

Halo Komunitas TikTok!

Mohon berhati-hati dengan segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan TikTok maupun karyawan TikTok. TikTok tidak akan perna meminta kamu untuk melakukan transfer maupun membagikan data pribadimu tanpa seizin kamu ya!.

Di TikTok, keamanan pengguna dan komunitas adalah proritas utama kami. Informasi resmi dari TikTok hanya akan dilakukan / dibagikan melalui jalur komunikasi resmi dari TikTok Indonesia.

Tetap waspada dan teliti agar terhindar dari upaya penipuan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jaga diri dan jaga komunitas kita ya!"

 

Sumber:https://www.instagram.com/p/Ch1cTsnI1Hu/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D


Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com informasi TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta adalah hoaks.Informasi resmi dari TikTok hanya akan dilakukan atau dibagikan melalui jalur komunikasi resmi dari TikTok Indonesia.

 

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya